7 Hal yang Wajib Dipertimbangkan saat Memilih PTS

Calon mahasiswa, pertimbangkan hal ini saat memilih PTS agar tak menyesal di masa depan!

Melanjutkan studi di PTN favorit merupakan impian hampir setiap murid. Sayangnya, kuota penerimaan mahasiswa di universitas negeri per tahunnya sangat terbatas, yakni hanya sekitar 35% dari total pendaftar keseluruhan.
Jangan sedih. Masa depanmu nggak otomatis suram kalau nggak keterima di PTN, kok. Di Indonesia masih banyak universitas swasta yang kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan kampus-kampus negeri.
Nah, biar nggak menyesal, berikut hal-hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih PTS.

1. Akreditasi
Jangan asal pilih PTS yang kelihatan wah. Hal yang penting adalah akreditasinya. Makin tinggi akreditasi suatu perguruan tinggi, makin bagus kualitasnya. Selain akreditasi kampus, kamu juga perlu mengecek akreditasi jurusan.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan peringkat akreditasi universitas dengan urutan: Akreditasi A, Akreditasi B, dan Akreditasi C. Sedangkan akreditasi jurusan diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) dengan urutan peringkat yang sama.

2. Lulusan Bermutu

infokampus.com

Kamu bisa mengetahui kualitas sebuah PTS dari lulusannya. Cek prestasi membanggakan apa saja yang pernah diraih, di instansi/perusahaan bonafide mana saja alumni PTS tersebut berkarier dan berkiprah setelah lulus, apakah mahasiswanya mampu bersaing dengan PTN, dan sebagainya.
Output yang berkualitas berbanding lurus dengan input yang tak kalah bagus pula. Selain dukungan sarana prasarana untuk proses KBM, ini artinya PTS tersebut juga diisi oleh SDM (tenaga pengajar) yang kompeten dan berpengalaman.

3. Fasilitas
Fasilitas adalah poin yang tak kalah penting dipikirkan saat memilih PTS. Lengkap tidaknya sarana dan prasarana akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikanmu di kampus nanti.
Bayangkan, kamu kuliah di jurusan Sistem Informasi, tapi lab komputer yang memadai saja tak ada. Bagaimana bisa kamu akan maju dan berkembang? Maka pastikan kamu memilih PTS yang benar-benar mengakomodasi kebutuhan pendidikanmu.

4. Biaya Kuliah

scholarsip-positions.com

Biaya kuliah di PTS sering kali jadi momok karena telanjur dicap dengan label MAHAL. Padahal, nggak semua universitas swasta menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi dibandingkan universitas negeri, lho.
Masih banyak, kok, PTS berkualitas yang biaya kuliahnya terjangkau. Biar nggak terus menebak-nebak, coba lakukan riset di website masing-masing kampus, lalu bandingkan dengan kampus lain. Dari situ kamu bisa lebih mudah menentukan universitas mana yang biayanya sesuai dengan standarmu.

5. Sarana Pengembangan Diri
Sayang sekali kalau waktumu hanya dipakai untuk kuliah, nugas, pulang. Mumpung masih mahasiswa, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk terus mengembangkan diri, salah satunya dengan mengikuti organisasi di kampus.
Untuk itu, sebelum mendaftar pastikan apakah ada organisasi di PTS tersebut yang cocok dan sesuai dengan bakat minatmu. Informasi ini biasanya tersedia di website, brosur, atau booklet pendaftaran mahasiswa baru.

6. Rekomendasi Alumni

prfmnews.com

Rekomendasi alumni atau teman yang berkuliah di PTS tersebut juga bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih kampus. Jangan sungkan untuk bertanya tentang pengalaman dan hal-hal apa saja yang menarik selama berkuliah di perguruan tinggi tersebut.
Jangan lupa, tanyakan plus minus dari kampus dan jurusan yang akan kampu pilih. Cerita suka duka dari mereka pasti akan memberikan pandangan baru yang akan makin menambah wawasan dan referensimu. Jadi kamu pun akan lebih mantap apakah akan memilih/tidak PTS tersebut.

7. Peringkat PTS
Terakhir, jangan lupa cek peringkat PTS pilihanmu secara regional maupun global. Menristek Dikti sebagai penyelenggara pendidikan di lingkup perguruan tinggi biasanya merilis daftar PTN dan PTS terbaik yang terus di-update setiap tahun. Lewat peringkat ini, kamu pun bisa membandingkan kampus satu dengan yang lainnya dengan mudah.

Nah, itulah beberapa kriteria valid yang wajib dipenuhi saat memilih PTS. Jangan lupa perbanyak informasi seputar perguruan tinggi tujuan dari sumber-sumber tepercaya lainnya, ya. Selamat berburu kampus dan semoga sukses!