Amazon AWS Sebagai Cloud Computing untuk semua layanan IT

Cloud computing yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai penyimpanan awan adalah proses pengelolaan daya komputasi melalui jaringan yang biasanya melalui jaringan internet. Dengan meningkatnya pengguna komputer dan telefon seluler, penyimpanan data menjadi prioritas di hampir segala bidang bisnis yang ada. Baik bisnis skala besar maupun kecil, saat ini sangat membutuhkan penyimpanan data yang bisa menunjang bisnisnya. Tak jarang banyak yang rela menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mempertahankan dan melindung data yang berharga tersebut.

Itulah mengapa sangat diperlukan dukungan IT yang kuat dan performa tinggi. Namun, tidak semua bisnis mampu membayar infrastruktur IT yang berjenis in-house. Oleh karena itu, cloud computing ini menjadi solusi karena biaya lebih murah.

Melihat hal itu, Amazon menyediakan platform cloud dengan nama Amazon Web Service (AWS) yang di launching pada Maret 2006. AWS ini merupakan platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 175 layanan unggulan yang lengkap dari pusat data secara global. Jutaan pelanggan termasuk beberapa startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, dan lembaga pemerintah terkemuka menggunakan AWS untuk memangkas biaya, menjadi lebih sigap dan inovasi lebih cepat.

AWS secara signifikan memiliki lebih banyak layanan dan lebih banyak fitur dalam layanannya dibandingkan dengan penyedia cloud lainnya mulai dari teknologi yang berkembang, seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, dala lake, analitik, dan internet of things. AWS juga menawarkan ragam database yang paling luas yang dibangun untuk tujuan beragam jenis aplikasi sehingga pengguna dapat memilih alat yang tepat untuk pekerjaan tersebut untuk mendapatkan biaya dan kinerja terbaik.

AWS memiliki ekosistem terbesar dan paling dinamis, dengan jutaan pelanggan aktif dan puluhan ribu mitra di seluruh dunia. Pelanggan di hampir setiap industri dan dari berbagai skala, termasuk perusahaan startup, perusahaan dan organisasi sektor publik. Dengan AWS, pengguna bisa memanfaatkan teknologi terbaru untuk eksperimen dan berinovasi dengan lebih cepat. Maka dari itu, sangat cocok bagi para pelaku bisnis menggunakan layanan AWS untuk menunjang bisnisnya karena saat berlangganan juga biaya yang akan dibayarkan menyesuaikan dengan layanan sesuai pemakaian yang akan digunakan.

 

Sumber :

https://www.dewaweb.com/blog/cloud-computing/

https://aws.amazon.com/id/what-is-aws/