Apa itu Cumlaude dalam Kuliah ?

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Lulus dengan predikat Cumlaude menjadi impian hampir semua mahasiswa, akan tetapi jalan untuk mendapat predikat cumlaude tidak semudah membalik tangan, kamu perlu mempersiapkan hal itu dengan sungguh-sungguh mulai dari semester awal di bangku kuliah.

Pengertian dan jenis Cumlaude

Dikutip dari Wikipedia, Cum Laude berasal dari bahasa latin yang berarti dengan pujian merupakan predikat yang diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan nilai terbaik, nilai tersebut mencangkup nilai semua semester yang telah ditempuh semasa kuliah dan harus lulus tepat waktu, itulah alasan mengapa lulus dengan predikat cumlaude perlu dipersiapkan dari awal.

Terdapat beberapa jenis predikat yang termasuk dalam kategori Cum Laude, yakni :

1. Predikat Cum Laude

Predikat Cum Laude atau predikat dengan pujian, merupakan tingkat pertama yang didapatkan mahasiswa setelah menyelesaikan tugas akhir kuliah, untuk mendapatkan predikat ini kamu harus memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) antara 3.40 hingga 3.59

2. Predikat Magna Cum Laude

Predikat Magna Cum Laude atau predikat yang berarti lulus dengan banyak pujian didapatkan oleh mahasiswa yang memiliki IPK antara 3.60 hingga 3.79.

3. Predikat Summa Cum Laude

Predikat Summa Cum Laude atau predikat yang berarti lulus dengan pujian terbanyak merupakan predikat Cum Laude tertinggi karena untuk mendapatkan predikat tersebut kamu harus memiliki IPK diatas 3.80

Akan tetapi tidak semua kampus memiliki aturan IPK yang sama seperti yang telah dipaparkan diatas, namun yang jelas untuk mendapatkan predikat lulus Cum Laude kamu harus mendapat nilai yang tinggi serta lulus tepat waktu.

Kamu tidak perlu khawatir soal bagaimana cara untuk lulus dengan predikat Cum Laude, banyak mahasiswa di luar sana yang mampu lulus Cum Laude tanpa harus tertekan, ikuti tips yang telah Fakultas Teknik UNPAS rangkum untuk kamu yang ingin lulus dengan predikat Cum Laude.

Tips Menjadi Lulusan Cumlaude

1. Maksimalkan semua mata kuliah

Karena predikat Cum Laude berkaitan dengan IPK, maka kamu perlu memaksimalkan setiap mata kuliah yang kamu ambil dari awal semester hingga akhir.

Kamu tidak akan cum laude jika hanya fokus dengan matkul yang kamu sukai dan kamu mengabaikan matkul lainnya, terlebih lagi jika kamu harus mengulang matkul tersebut. Jika demikian makan kesempatanmu untuk cum laude akan hilang.

2. Mencari cara belajar yang efektif dan efisien

Untuk menghindari masalah sulit belajar, kamu perlu mencari tahu cara belajar seperti apa yang cocok. Mahasiswa seringkali berasalan tidak memahami matkul hanya karena dosen pengampunya tidak seru.

Apakah kamu akan berhenti begitu saja dan merelakan predikat cum laude, tentu tidak, banyak metode belajar yang dapat diterapkan atau kamu bisa membuat formula belajarmu sendiri untuk belajar secara efektif dan efisien.

3. Perbanyak Relasi

Selain untuk membuka peluang serta menjalin kerja sama dan kolaborasi, banyak relasi dapat memudahkanmu untuk mendapatkan informasi tentang apapun yang kamu butuhkan di kampus.

Informasi terkait soal ujian mata kuliah dan cara penyelesaiannya bersama kakak tingkat hingga relasi dengan dosen dimana kamu dapat menanyakan secara langsung kendala apa yang kamu alami saat kuliah dan bagaimana cara mengatasinya.

4. Aktif dalam kelas

Aktif dalam kelas dapat membuatmu mendapatkan nilai extra dari dosen, misalnya pada pertemuan terakhir dosen memintamu untuk mempelajari materi untuk kuliah selanjutnya, pastikan kamu membaca materi tersebut sebagai bahan diskusi di kelas.

Semakin aktif kamu di kelas maka dosen tidak akan segan juga untuk memberikan nilai sempurna, namun perlu diingat bahwa kamu jangan terlihat terlalu mencolok saat aktif di dalam kelas.

5. Jangan malas mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir

Salah satu yang menghambat mahasiswa lulus tepat waktu yakni durasi waktu pengerjaan skripsi /tugas akhir. Berbeda dengan mata kuliah lain dimana ujian akhir semester menjadi penentu lulus tidaknya matkul tersebut, tugas akhir cenderung memiliki rentang waktu yang relatif tidak menentu.

Bagi kamu yang ingin lulus tepat waktu agar mendapat predikat cum laude jangan tunda bahkan malas mengerjakan skripsi karena saat kamu mulai nyaman dengan waktu luangmu maka kamu harus siap-siap merelakan predikat cum laude.

Source :

pintek.id/blog/apa-itu-cumlaude/

edukasi.kompas.com

detik.com

id.wikipedia.org/wiki/Cum_Laude