Apa Itu Fakultas? Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Kamu calon mahasiswa yang masih bingung apa itu fakultas? Simak artikel ini, yuk!

Kamu yang saat ini berstatus sebagai calon mahasiswa pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah-istilah yang berhubungan dengan dunia kampus, seperti program studi, jurusan, dan fakultas. Kalau program studi atau jurusan, kamu tentu sudah paham, ya. Lalu bagaimana dengan yang terakhir? Sudahkah kamu tahu apa itu fakultas?

 

Pengertian Fakultas

Dalam organisasi akademis bernama perguruan tinggi dikenal satu bagian administratif bernama fakultas. Secara umum, fakultas merupakan divisi khusus dalam universitas yang membawahi beberapa program studi/jurusan yang berkaitan. Adapun gambaran stukturalnya seperti ini:

Universitas

|

Fakultas

|

Jurusan

Artinya, dalam sebuah universitas terdapat banyak fakultas, dan dalam satu fakultas terdiri dari berbagai macam jurusan. Perumpamaan sebuah wilayah, universitas adalah negara, sedangkan fakultas adalah provinsi, dan jurusan sebagai kota/kabupatennya. Sebagai contoh, Fakultas Teknik Universitas Pasundan membawahi beberapa program studi, seperti:

  • Teknik Industri
  • Teknologi Pangan
  • Teknik Mesin
  • Teknik Informatika
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Beberapa contoh fakultas lain yang ada di universitas misalnya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial & Politik (FISIP), Fakultas Bahasa & Sastra, Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni & Budaya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Perikanan, Fakultas Teologi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Hukum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, tidak semua universitas mempunyai fakultas selengkap itu, ya. Biasanya masing-masing kampus hanya terdiri dari beberapa fakultas. Jadi, penting buat calon mahasiswa sepertimu untuk mengetahui dengan detail apakah universitas tujuan menawarkan fakultas (dan tentu saja jurusan) yang sesuai dengan minatmu atau tidak.

Di negara seperti Inggris, istilah fakultas sering digantikan dengan school atau college. Misalnya University of Birmingham mempunyai College of Arts and Law, College of Social Sciences, College of Medical and Dental Sciences, dan lain sebagainya.

 

Siapa yang Memimpin Fakultas?

Jika universitas dipimpin langsung oleh rektor, fakultas mempunyai dekan sebagai pimpinan tertingginya. Dekan dipilih dan diangkat secara musyawarah melalui rapat senat fakultas. Pertanyaan berikutnya: apa sih tugas dekan?

Sebagai orang yang bertanggung jawab atas segala kegiatan akademik di lingkungan fakultas, dekan memiliki tugas-tugas pokok seperti:

  • Bertanggung jawa atas proses penyelenggaraan pendidikan di tingkat fakultas
  • Mengatur dan menetapkan aturan, norma, serta kebijakan yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan fakultas
  • Bertanggung jawab dan memberikan pengarahan kepada segenap pengajar (dosen) dan pegawai administratif atas segala hal yang berhubungan dengan kegiatan akademik mahasiswa

Perlu kamu ketahui, dalam tugasnya dekan dibantu oleh wakil dekan (biasanya ada 3 wakil dekan yang masing-masing memiliki tugas berbeda). Nah, wakil dekan inilah yang akan maju menggantikan tugas dekan ketika berhalangan.

 

Himpunan Mahasiswa Tingkat Fakultas

Sebagai subdivisi dalam universitas, fakultas umumnya juga memiliki organisasi/himpunan mahasiswa (HIMA). Di tingkat fakultas lazimnya ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas. Di bawahnya lagi, ada beberapa organisasi yang mewakili masing-masing jurusan, yakni HIMA.

Setiap jurusan memiliki organisasi HIMA (Himpunan Mahasiswa) masing-masing. Sebagai contoh HIMA Pendidikan Bahasa Inggris, HIMA Teknik Industri, HIMA Perikanan, dan lainnya. Selain mengetahui apa itu fakultas, kamu juga perlu memahami apa saja yang ada di dalamnya, terutama jika kamu berniat untuk aktif di organisasi ketika kuliah nanti.

Nah, sekarang kamu sudah tahu lebih jelas mengenai fakultas lengkap dengan organisasi struktural yang berada di bawahnya. Semoga artikel ini dapat membantumu mengenal lebih jauh tentang kehidupan akademis di perguruan tinggi, ya!