Apa itu sistem Komputer?

 Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​​ menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat pada Sistem Komputer diantaranya​​ Hardware​​ ,​​ Software ,​​ dan​​ Brainware.

 Perangkat tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer, pada saat beroperasi pun ketiganya saling bergantung dan saling mendukung satu sama lain, seperti​​ hardware​​ tidak dapat berinteraksi dengan​​ brainware​​ tanpa​​ software​​ dan juga sebaliknya.

 membahas tentang perangkat yang ada pada sistem komputer seperti​​ software ,hardware,​​ dan​​ brainware,​​ berikut penjalasannya:

  • Hardware​​ 

Hardware​​ atau bisa disebut juga dengan perangkat keras adalah suatu perangkat elektronik yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Hardware sendiri di kategorikan menjadi 3 jenis yakni:

  • Perangkat​​ Input​​ (Masukkan):​​ perangkat keras yang di gunakan untuk memasukkan data kepada komputer, seperti:​​ Mouse, Keyboard, Scanner, Microphone,​​ dll.

  • Perangkat​​ Process:​​ Perangkat keras yang berguna untuk menerima data dari perangkat input dan memproses data tersebut, seperti:​​ Processor, RAM, Northbride,​​ dll.

  • Perangkat​​ Output​​ (Keluaran):​​ Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil dari data yang telah​​ diolah oleh komputer, perangkat ini yang menampilkan informasi kepada​​ user​​ atau​​ pengguna, seperti:​​ Monitor, Proyektor, Printer, dll.

 

  • Software

Software​​ atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan​​ suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun ​​ perangkat lunak di klasifikasikan menjadi 5 macam, yaitu:

      • ​​ Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. seperti:​​ Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOs, Linux, dll.

 

      • ​​ Program Aplikasi​​ 

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk kebutuhan​​ tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah presentasi, design grafis, dll. Seperti:​​ MS Word, MS Excel, Adobe Photoshop, dll.

      • ​​ Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang di​​ tulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur atau aturan tertentu agar diterima oleh komputer.

      • ​​ Program Bantu

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, seperti:​​ Antivirus, CC Cleaner, Winrar, dll.

 

  • Brainware

Brainware​​ adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.​​ Brainware​​ ​​ sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan​​ Hardware​​ ataupun​​ Software.​​ Pengguna komputer biasa disebut dengan user namun user sendiri ada macamnya, yaitu:

      • ​​ Programmer

Programmer​​ adalah orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemrograman, sering berperan sebagai pembuat perangkat lunak yang di perlukan pada sistem komputerisasi.

      • ​​ Administrator

Administrator​​ adalah orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang di gunakan pada komputer atau jaringan komputer.

      • ​​ Operator

Operator​​ adalah orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer.

 

Demikian pengertian dari Sistem Komputer berikut perangkat-perangkat yang mendukung Sistem Komputer itu sendiri. Kesimpulannya adalah Sistem Komputer adalah perangkat-perangkat komputer yang saling berinteraksi satu sama lain, bertukar data, dan menghasilkan sebuah informasi yang di harapkan pengguna, proses tersebut pun di dukung oleh Software, Hardware, dan Brainware diman ketiganya tidak bisa di pisahkan dan saling mendukung dan bergantung satu sama lain.

 

Sumber:

http://www.pengertianku.net/2016/12/pengertian-sistem-komputer-dan-komponennya.html

http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html

http://blog.unnes.ac.id/mirarahmawati/2017/02/07/hardware-software-brainware/

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-brainware.html