Apa Sih Tujuan Utama Kamu Kuliah?

Selain meningkatkan wawasan dan keterampilan, sebagai calon mahasiswa kamu juga perlu tahu 3 tujuan kuliah lainnya. Apa saja? Berikut ulasannya

Pendidikan menjadi salah satu kunci keberhasilan seseorang di masa mendatang. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang diraih, peluang untuk meraih sukses pun semakin besar. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian lulusan SMA/SMK lebih memilih untuk melanjutkan kuliah. Apa kamu salah satunya?
Nah, bagi kamu yang memutuskan untuk lanjut ke Perguruan Tinggi, coba simak ulasan mengenai tujuan kuliah berikut ini, agar selama kuliah nanti kamu bisa lebih semangat dan selesai dengan tepat waktu.

Tujuan Kuliah untuk Karier Kamu
1. Membuka wawasan
Mahasiswa kerap dipandang sebagai kaum intelektual lantaran banyak wawasan baru yang mereka dapatkan dari dosen yang mengajar. Tak jarang, mereka pun dituntut membaca berbagai literatur untuk menyelesaikan sebuah tugas kuliah. Semakin banyak literatur yang dibaca, tentu wawasan juga akan semakin luas.
Bukan hanya di dalam kelas, selama kuliah kamu juga bisa mencari wawasan baru dari teman-teman yang kamu jumpai di kampus. Lebih asyik lagi kalau kampus tempat kamu kuliah punya program pertukaran pelajar. Selain ilmu pengetahuan, kamu juga bisa belajar budaya baru.

riversidecollege.ac.uk

2. Membentuk karakter
Selain belajar materi kuliah, kampus biasanya menyediakan beragam kegiatan non-akademik untuk menggali potensi mahasiswa seperti organisasi dan UKM. Melalui dua kegiatan tersebut, kamu punya peluang untuk membentuk karakter yang lebih baik lagi.
Misalnya, kalau kamu ikut kegiatan organisasi, kamu bisa belajar mengenai softskill mulai dari manajemen waktu, kemampuan beradaptasi, bekerja sama dengan orang lain, berbicara di depan umum, dan belajar pola pikir kritis untuk menyelesaikan suatu masalah. Sementara bagi kamu yang ingin mencari tahu potensi diri, ada kegiatan UKM yang bisa kamu ikuti. Kegiatan UKM sendiri hampir sama dengan kegiatan ekstrakurikuler.

3. Peluang kerja makin besar
Tujuan kuliah selanjutnya adalah untuk membuka peluang karier yang lebih baik. Umumnya, lulusan sarjana memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafide dibanding dengan lulusan SMA/SMK. Apalagi bila jurusan kuliah yang kamu pilih memiliki prospek kerja yang bagus.
Bicara mengenai jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus, menurut laporan CNBC dari CareerCast menyebutkan bahwa jurusan akuntansi, teknik informatika dan ilmu komputer, teknik mesin, dan manajemen bisnis memiliki peluang karier yang menjanjikan.

4. Cocok untuk kamu yang ingin berkarier di dunia akademis
Untuk kamu yang ingin berkarier di dunia akademis, melanjutkan kuliah adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Kualifikasi akademik minimal untuk menjadi guru berdasarkan UU No.14 Tahun 2005 Pasal 19 adalah S1 atau D4. Sementara itu, menurut Pasal 46 UU No.14 Tahun 2005, kualifikasi akademik minimal untuk menjadi dosen ialah lulusan program magister (S2) atau lulusan program doktor (S3).
Kabar baiknya lagi, belakangan ini Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan bahwa menjadi dosen tak cukup hanya dengan berpendidikan S2 atau S3, tetapi juga perlu praktisi. Jadi, misalnya kamu hanya D3 atau D4 tapi kompetensinya mencapai level 9 dan lebih baik dari lulusan S2, maka kamu punya peluang untuk menjadi seorang dosen.

Kuliah Itu Mahal, Jadi Jangan Lakukan karena Sekadar Gengsi atau Ikut-ikutan Teman

thoughtco.com

Pesan penting bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah. Pertama-tama kamu perlu meluruskan niat. Hindari kuliah karena ikut-ikutan teman atau sekadar gengsi. Orang yang hanya mengekor cenderung tidak memiliki tujuan yang jelas. Bahkan mau kuliah di mana dan jurusan apa yang akan diambil pun terkadang masih bingung. Padahal perlu kamu tahu, biaya yang dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan sarjana atau diploma tidak sedikit, lho.
Jadi, mulai sekarang cobalah untuk meluruskan tujuan kuliah: kamu kelak akan menuntaskan pendidikan sarjana supaya bisa sukses dalam berkarier dan menjadi kebanggaan orang tua yang sudah bekerja keras untuk memenuhi biaya kuliah.

Demikian ulasan mengenai tujuan kuliah yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas mampu menginspirasi kamu untuk tetap semangat menjalani kuliah, ya. Selamat berjuang!