Apa Yang Harus Kamu Lakukan Di Minggu Pertama Kuliah

APA YANG HARUS KAMU LAKUKAN DI MINGGU PERTAMA KULIAH

 

Sebagai MABA (Mahasiswa Baru) yang belum atau sedikit mengetahui informasi seputar kampus, minggu pertama kuliah merupakan penentu kehidupan kuliahmu kedepannya. Maka dari itu agar kamu dapat menjalani kehidupan kuliahmu dengan baik, kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan di minggu pertama kuliah, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Aktif mencari tahu informasi terbaru seputar kampus

Pastikan kamu selalu aktif mencari tahu informasi terbaru seputar kampus, terutama informasi penting seperti pelaksanaan ospek, dan lainnya. Ketinggalan informasi dapat menyebabkan masalah pada dirimu sendiri lho!

 

  1. Hafalkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) milikmu

Perlu diketahui bahwa nomor induk mahasiswa merupakan identitas bagi setiap mahasiswa di lingkungan kampus, karena biasanya setiap angka pada nomor induk mahasiswa memiliki informasi terkait, seperti angka yang menunjukkan tahun angkatan kuliah, fakultas, program studi, dan lainnya. Akan ada banyak hal yang mewajibkan mahasiswa untuk mencantumkan NIM miliknya, salah satu contohnya yaitu pada saat membuat kartu keanggotaan perpustakaan kampus. Sangat disarankan bagimu untuk menghafalnya daripada hanya sekedar mencatatnya pada media kertas maupun elektronik. Mengapa demikian? karena jika kamu mencatatnya pada media kertas maupun elektronik akan ada kemungkinan bagimu untuk lupa menyimpannya dimana, lupa untuk membawanya, hilang atau terhapus, dan lainnya.

 

  1. Perhatikan jadwal kuliah

Penting bagimu untuk memperhatikan jadwal kuliahmu secara detail, mulai dari kelas, waktu dimulai, dosen pengampu, jumlah sks, dan lainnya. Jangan sampai kamu bolos kuliah di minggu pertamamu karena lupa jadwal kuliah ya.

 

  1. Hafalkan letak gedung dan lokasi sarana umum lainnya

Selama beberapa tahun kedepan kamu akan kuliah di kampusmu, akan ada banyak hal yang kamu perlukan disana, seperti meminjam buku ke perpustakaan, memeriksa kesehatan tubuhmu ke klinik, dan lainnya. Maka penting bagimu mengetahui letak gedung dan lokasi sarana umum lainnya. Agar dapat menghafalnya dengan mudah dan mengasyikan, kamu dapat melakukannya dengan mengajak temanmu untuk berkeliling lingkungan kampus.

 

  1. Buat kartu keanggotaan perpustakaan kampus

Kamu adalah seorang mahasiswa yang kedepannya akan membutuhkan banyak buku sebagai bahan referensi untuk belajar maupun mengerjakan tugas, maka penting bagimu untuk segera memiliki kartu keanggotaan perpustakaan kampus agar kamu bisa meminjam buku manapun yang kamu perlukan.

 

  1. Catat setiap informasi penting

Biasakan untuk mencatat setiap informasi penting agar kamu tidak melupakannya, seperti kontak dosen, materi perkuliahan yang tidak ada atau tidak dijelaskan dalam buku, dan lainnya.

 

  1. Baca silabus mata kuliah

Biasanya pada awal pertemuan kuliah, dosen pengampu akan membagikan silabus mata kuliah kepada seluruh mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa mengetahui dan mempersiapkan diri mengenai apa yang akan mereka pelajari pada mata kuliah tersebut, jadi pastikan kamu selalu membaca silabus mata kuliah ya.

 

  1. Kenali setiap dosen pengampu mata kuliah dan dosen walimu

Masing-masing dosen pengampu memiliki karakter dan aturan yang berbeda-beda, maka penting bagimu untuk mengenalinya, minimal agar kamu lulus mata kuliahnya. Selain itu kamu juga perlu mengenal dosen walimu karena kedepannya akan ada banyak hal mengenai akademik yang perlu kamu diskusikan dengan dosen walimu, seperti jumlah mata kuliah yang akan kamu kontrak, dan lainnya.

 

  1. Kenali teman sebanyak mungkin

Semakin banyak teman yang kamu kenal, maka akan semakin banyak pula informasi yang akan kamu peroleh dan itu akan sangat membantumu kedepannya.

 

  1. Ikuti organisasi kampus

Mengikuti organisasi kampus merupakan salah satu cara bagimu untuk memperluas pertemanan, selain itu juga dapat memberikan banyak pengalaman serta mewarnai kehidupan kuliahmu. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi mengenai setiap organisasi yang ada terlebih dahulu agar kamu dapat menentukan organisasi mana yang kamu inginkan.

 

Sumber :

https://mamikos.com/info/kegiatan-pertama-masuk-kuliah/#9_Gali_informasi_baru_seputar_kampus

https://ehef.id/post/6-hal-yang-perlu-dilakukan-di-minggu-pertama-kuliah