Bagian Komputer

Komputer adalah Sebuah alat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Komputer mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Namun Komputer itu sendiri terbentuk atas beberapa​​ bagian dimana masing-masing bagian itu mempunyai fungsinya masing-masing diantaranya yaitu:

  • Casing

Casing adalah bagian yang berfungsi sebagai pembungkus perangkat keras yang dapat di ibaratkan sebagai rumah yang melindungi penghuninya, perangkat keras yang terdapat dalam Casing ini seperti:​​ Motherboard, DVDROM, Power supply, dll.

Hasil gambar untuk casing komputer

  • Keyboard

Keyboard adalah papan yang tersusun atas tombol-tombol kecil yang bertuliskan karakter-karakter seperti huruf, angka, dan beberapa simbol yang memanfaatkan USB kabel​​ sebagai konektornya atau PS2 konektor jika di versi lama. Keyboard​​ sendiri berfungsi sebagai sarana mengetik dalam pengoperasian komputer atau media input.

Hasil gambar untuk keyboard

  • Mouse​​ 

Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengontrol kursor di jendela tampilan komputer, menggulir atau​​ Scrolling​​ halaman, dan memperbesar dan memperkecil tampilan. Mouse berkerja dengan mendeteksi gerakan bola yang menyentuh permukaan datar dan keras pada versi lama dan menggunakan sinar optis pada mouse modern agar memungkinkan pendeteksian yang lebih cepat.

Hasil gambar untuk mouse

  • Optical Drive (CD/DVDROM)

Optical Drive Berfungsi untu membaca dan menulis data kedalam Optical Disc seperti CD dan DVD, namun berangkat ini sudah jarang di gunakan pada komputer modern khususnya Komputer​​ Portable​​ seperti Laptop​​ dan Netbook.

Hasil gambar untuk optical drive

  • Monitor

Monitor adalah media Output yang berfungsi untuk menampilkan grafis di komputer, Perangkat inilah yang menampilkan data dan informasi yang nantinya akan di lihat oleh pengguna atau​​ users.

Hasil gambar untuk monitor

  • Power Supply

Power Supply adalah Komponen​​ yang mengkonversi listrik arus AC menjadi DC bervoltasi rendah, sehingga bisa di jadikan sebagai sumber daya bagi semua komponen komputer.

Bagian-bagian Komputer Beserta Fungsinya

 

  • Motherboard / Mainboard

Motherboard atau Mainboard adalah papan sirkuit terintegrasi yang menjadi komponen utama dari sebuah komputer. Fungsi dari Motherboard ini sendiri adalah menghubungkan seluruh komponen utama komputer seperti RAM, Processor, Harddisk, VGA Card, dll.

Hasil gambar untuk motherboard

Komponen yang terdapat dalam Motherboard juga mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

    • Processor​​ 

Processor merupakan otak dari komputer itu sendiri, Processor mempunyai tugas untuk melakukan kalkulasi setiap perintah yang dijalankan di komputer, untuk mengkontrol setiap perangkat yang ada pada komputer juga.

Hasil gambar untuk processor

 

    • RAM (Random Access Memory)

RAM atau​​ Random Access Memory​​ bertugas untuk menyimpan data dan berbagai proses agar dapat diakses dengan cepat oleh processor atau komponen lainnya namun RAM ini sendiri bersifat sementara.

Gambar terkait

    • VGA Card

VGA Card adalah komponen yang berfungsi untuk memproses grafis,​​ VGA ini sendiri dalam menampilkan grafisnya melalu monitor yang tadi telah di jelaskan di atas.

 

 

Hasil gambar untuk vga card

    • Harddisk

Hardisk adalah media penyimpanan yang bersifat menetap berbeda dari RAM diatas tadi. Media penyimpanan ini sendiri memungkinkan menyimpan Sistem operasi, data-data yang dimiliki user, dll.

Bagian-bagian Komputer Beserta Fungsinya

 

Itulah bagian-bagian komputer beserta penjelasan fungsinya, sebenarnya ada banyak namun yang di jelaskan diatas setidaknya dapat​​ membangun satu Komputer yang dapat di gunakan dan yang tidak di jelaskan hanya sebagai pendukung untuk memaksimalkan kerja komputer.

 

Sumber:

https://edu.gcfglobal.org/en/computer-basics-(bahasa-indonesia)/apa-itu-komputer/1/

https://winpoin.com/bagian-bagian-komputer/

https://bahasteknologi.com/bagian-bagian-komputer/