Beginilah Rasanya Kuliah Jadi Mahasiswa Yang Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

Kehidupan yang mahasiswa jalani dalam kesehariannya tentu berbebeda-beda. Hal tersebut tentunya didasari oleh beberapa faktor, selain lingkungan kampus yang berbeda, pilihan jurusan tentunya juga menjadi salah satu faktornya. Jika yang ada dibenak kalian semua jurusan di perkuliahan menyajikan kehidupan yang nyaman, santai dan mirip dengan yang ditampilkan di FTV atau dunia sinetron maka sebaiknya kalian mulai menghapus baying-bayang tersebut.

Setiap jurusan yang tersedia di kampus-kampus yang berbeda tentunya memiliki tugas, dan kehidupan yang berbeda pula. Oleh karena itu kesibukan dan tugas yang dirasakan pun tidak bisa disamakan satu sama lainnya. Bagi kalian yang ingin masuk jurusan Teknik Informatika tentunya sudah umum diketahui bahwa jurusan ini akan banyak bergelut dengan tugas yang melibatkan komputer, dan laptop. Namun jangan salah sangka, yang digeluti di bidang Teknik Informatika bukan hanya tentang hardware tapi mereka yang mengambil jurusan Teknik Informatika pun akan menggeluti pemrograman. Kalau begitu sebelum mengenal jurusan Teknik Informatika lebih dalam, ada baiknya kita semua tahu kehidupan seperti apa yang dijalani oleh mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika.

Keseharian Bersama Laptop

Kehidupan mahasiswa Teknik Informatika tentunya tidak akan jauh dari laptop ataupun komputer. Hal tersebut tentunya didukung oleh faktor mata kuliah mereka yang banyak berkaitan dengan laptop ataupun komputer. Dimulai dari mata kuliah, tugas dan praktikum, mereka akan banyak bergelut dnegan laptop. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan terus bersama laptopnya atau komputernya, alat tempurnya untuk mengerjakan tugas adalah laptop. Oleh karena itu keseharian mereka tidak akan jauh dari laptop, tas-tas yang dulu saat SMA biasanya berisi buku, maka saat kuliah mereka akan lebih sering membawa laptop ke kampus.

Mengenal Komputer Dengan Lebih Baik

Mahasiwa Teknik Informatika dalam kesehariaannya yang menekuni bidang komputer dan pemrograman, tentunya akan mengenal komputer lebih baik daripada mahasiswa jurusan lain. Seiring berjalannya waktu mahasiwa Teknik Innformatika akan mengenal kompter lebih baik lagi. Mereka akan mampu mengidentifikasi laptop ataupun gadget lainnya dengan lebih baik dan sesuai dengan yang mereka mau dan butuhkan. Tidak jarang pula mereka menjadi tempat bertanya bagi keluarga, teman ataupun sanak sodara yang sedang ingin membeli gadget baru.

Pertemanan Yang Terjalin Semakin Erat

Pada semester awal, mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini sudah diingatkan akan tugas yang nantinya banyak mereka kerjakan secara berkelompok. Meskipun mungkin pada awal semester mahasiswa jurusan Teknik Informatika masih dituntut akan pemahaman materi secara individu. Namun pada praktik dan kenyataannya, pekerjaan yang nantinya mereka kerjakan akan lebih menuntuk kerja team, praktikum yang terkait pun banyak menuntut kerja sama team. Gaya belajar teknik informatika pun pada umumnya lebih mengarah kepada team work namun karena gaya belajar masing-masing individu berbeda maka hal tersebut dikendalikan lagi oleh individu itu sendiri. Percobaan program yang dikerjakan tentunya lebih terasa mudah dan ringan jika dikerjakan bersama, semakin banyak individu yang berpikir maka akan semakin banyak jalan keluar yang diperoleh dan akan membuat tugas cepat terselesaikan dengan baik dibanding teman-teman Informatika belajar sendiri.

Dari penguraian tersebut, kalian bisa memahami mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika ini mengedepankan kerja sama team. Tentunya hal tersebut akan membuat teman-teman seangkatan semakin kompak dan pertemanan yang terjalin pun akan semakin erat satu sama lain. Tentunya dunia perkuliahan bukan hanya untuk memperbanyak ilmu dan mempererat tekad untuk terus bermimpi bukan? Dunia perkuliahan juga tentunya ada untuk memperluas dunia pertemanan dan mempereratnya.

Peluang Menjadi Pekerja Lepas

Bagi beberapa mahasiswa tentunya ingin menjalani kehidupan mahasiswa yang bukan hanya merasakan belajar saja. Ada juga mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja untuk menambah pengalaman dan uang jajan tambahan. Pekerjaan yang diinginkan kebanyakan mahasiswa tentunya jangan sampai menganggu waktu kuliah yang sudah terjadwal. Menjadi mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini ternyata memiliki peluang besar untuk menjadi seorang pekerja lepas. Mahasiswa jurusan Teknik informatika bisa mendaftarkan dirinya disebuah laman online, contohnya Sribulancer.com. Disana mereka akan mendapat tawaran pekerjaan sesuai dengan keahlian mahasiswa di jurusan Teknik Informatika, yang kebanyakan akan berkaitan dengan pemrograman. Karena menjadi seseorang yang bisa dunia IT itu tidaklah mudah, dan tidak banyak orang bisa mengeksplornya maka dari itu tawaran yang diberikan pun cukup menggiurkan untuk menambah uang saku.

Selain menambah uang saku, dan menambah pengalaman, menjadi pekerja lepas juga bisa menjadi wadah kalian untuk terjun ke dunia kerja lebih dulu. Tentunya menjadi pekerja lepas juga bisa menambah wawasan dan menjadi media untuk mengeksplor apa yang sudah dipelajari di kelas.

Pemikiran Awal Tentang Komputer, Ternyata Bukan Hanya Menggeluti Mata Kuliah Komputer dan Pemrograman

Pada sebelumnya sudah diuraikan bahwa jurusan Teknik Informatika berkaitan erat dengan komputer. Kenyataannya mata kuliah yang berkaitan bukan hanya melulu soal komputer namun melibatkan dunia matematika dan logika. Karena pada dasarnya komputer dan programnya pun berjalna berdasarkan dunia matematika dan logika. Mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika, haruslah menggeluti serta paham mata kuliah matematika dan logika agar mengerti proses komputer dan sebuah program, sehingga bisa menguasai bahasa komputer dan program lebih baik lagi.

 

Bagaimana teman-teman, apa sudah tergambar dunia pekuliahan dan rasanya menjadi mahasiswa di jurusan Teknik Informatika? Pada penguraian yang dijelaskan tentunya hanya sebagian kecil dari keseruan menjadi mahasiswa Teknik Informatika dan hanya menjelaskan penggambaran umum saja. Bagaiamana keseruan dan perasaan lainnya menjadi mahasiswa di jurusan teknik Informatika, kembali lagi pada individu masing-masing yang merasakan. Penggambaran yang diuraikan hanya menggambarkan kehidupan nyata yang dirasakan kebanyakan mahasiswa yang sudah berada di jurusan Teknik Informatika. Jadi bagaimana, apa sudah tertarik memasukan jurusan Teknik Informatika ke dalam salah satu list jurusan di SNMPTN, SBMPTN ataupun ujian mandiri kamu?

Semoga artikel ini membantu teman-teman yang sedang mencari informasi terkait jurusan Teknik Informatika. Juga teman-teman yang sedang memilih dan memilah jurusan apa yang kalian minati dan inginkan. Selamat menentukan mimpi dan target, teman-teman semua.