Belajar Pemrograman

Bagi kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman dan bingung mulai dari mana maka artikel ini memang di peruntukkan untuk kalian, tau enggak sebenarnya belajar bahasa pemrograman itu​​ enggak terlalu sulit. Disini saya berasumsi bahwa logika berpikir rekan-rekan sekalian sudah memenuhi syarat untuk belajar bahasa pemrograman seperti C+, C#, Java, dll. Tapi jika rekan-rekan sekalian belum mengetahui apa itu logika berpikir maka rekan-rekan sekalian harus membaca artikel sebelumnya yang berjudul Algoritma dan Pemrograman.

Disini saya akan memberikan tips-tips agar kalian dapat cepat memahami minimal salah satu bahasa pemrograman, jika rekan-rekan sekalian berpikir bahwa bahasa pemrograman​​ itu sulit bagi orang yang sama sekali tidak mengetahui hal-hal yang berbau komputer maka rekan-rekan sekalian salah, karena siapapun dapat belajar bahasa pemrograman lagi pula modalnya hanya kemauan dan tekad yang kuat namun bagi rekan-rekan yang sudah sedikit paham dan pernah mempelajari sebelumnya namun berhenti di tengah jalan mungkin dapat memahaminya lebih cepat.

Dalam mempelajari bahasa pemrograman dapat dilakukan dengan 2 hal yang pertama melalui jenjang pendidikan, rekan-rekan sekalian dapat mengambil kursus, les, atau mungkin masuk ke perguruan tinggi yang ada jurusan informatikanya atau SMK dengan jurusan yang sama atau terkait dengan informatika. yang kedua dengan otodidak nah otodidak ini yang biasanya cobaannya berat ya malas lah ya nggak ada​​ waktu lah dll. Maka dari itu saya memberi kabar gembira bagi rekan-rekan yang ingin belajar secara otodidak karena tips ini di khususkan untuk kalian.

Berikut Tips yang membuat rekan-rekan sekalian nyaman dan cepat dalam mempelajari bahasa pemrograman secara otodidak:

  • Tentukan Bahasa apa yang ingin di pelajari

Karena bahasa Pemrograman itu ada banyak saya rasa rekan-rekan sekalian tidak akan mampu mempelajari semua bahasa itu sekaligus dalam satu waktu jadi sebelum rekan-rekan mulai mempersiapkan alat-alat yang di butuhkan maka tentukan dahulu bahasa pemrograman yang mana sih yang ingin rekan-rekan pelajari. Apakah HTML, CSS, Java, atau yang lainnya.

  • Fokus tapi Santai

Setelah rekan-rekan menentukan bahasa pemrograman mana yang ingin di pelajari maka Fokuslah untuk mendalaminya, jangan pernah buat diri rekan-rekan merasa bosan dan suntuk saat mengalami kendala dalam mempelajari bahasa tersebut lalu rekan-rekan beralih ke bahasa pemrograman yang lain. Karena jika rekan-rekan sampai beralih ke bahasa yang lain​​ maka mau sampai kapan pun rekan-rekan tidak akan pernah dapat menguasai satu bahasa pun karena di setiap bahasa pemrograman terdapat kesulitannya masing-masing.

Jika mengalami kebuntuan atau merasa jenuh dan bosan maka istirahatlah, rekan-rekan dapat bermain game atau melakukan hal yang lain agar rekan-rekan dapat lupa sejenak namun bukan berarti harus menunda dalam waktu yang lama apalagi sampai berhenti lho ya.

  • Carilah referensi

Perbanyaklah membaca terutama membaca buku yang berhubungan dengan apa yang​​ rekan-rekan pelajari, jika rekan-rekan malas membaca buku maka lihat dan pahami tutorial yang berbentuk video. jangan membuat alasan saya malas baca atau mengikuti tutorial dll. percayalah karena itu perlu, rekan-rekan tidak bisa selamanya mempraktekkan apa yang rekan-rekan pelajari secara gamblang atau tidak jelas jadi ikutilah tutorial tersebut baik itu berupa buku maupun video.

  • Buat Program pertama mu

Tujuan dalam mempelajari bahasa pemrograman kan membuat aplikasi jadi praktekan saja ilmu pemrograman rekan-rekan sekalian untuk membuat program, tidak perlu yang bagus-bagus tapi mulailah dari yang sederhana. Cari tutorial di youtube, Web, buku, dll yang dapat menuntun rekan-rekan dalam membuat program sederhana.

  • Bergabunglah dalam komunitas

Bergabunglah dalam komunitas, bersosialisasi lah, dan bukalah sebuah pembahasan akan sesuatu yang membuat anda berkembang bisa berupa pertanyaan atau menanggapi, intinya adalah aktiflah berdiskusi di dalamnya tanyakan apapun masalah yang solusinya tidak dapat rekan-rekan​​ temukan di buku maupun internet.

Saat rekan-rekan bergabung disana rekan-rekan juga dapat melihat-lihat hasil karya dari programmer-programmer lainnya, mendapat informasi-informasi baru dan mungkin aja rekan-rekan menemukan guru disana yang dapat rekan-rekan teladani.

  • Jangan Berhenti

Rekan-rekan sudah menerapkan semua tips diatas maka rekan-rekan sudah dapat disebut dengan programmer jadi bisa di bilang rekan-rekan sukses dalam belajar pemrograman namun tips terakhir ini juga menentukan apakah rekan-rekan​​ akan menjadi programmer yang mahir atau hanya sekedar bisa. jika ingin menjadi programmer maka jangan pernah berhenti memprogram teruslah asah kemampuan rekan-rekan jika perlu rekan-rekan belajar bahasa baru agar rekan-rekan bisa lebih mahir dan jago.

Sekian tips yang dapat saya berikan kepada rekan-rekan, walaupun masih banyak hal yang dapat membuat kalian lebih cepat dalam belajar namun sesuatu yang terburu-buru tidak selamanya berakhir baik-baik saja jadi belajarlah dengan santai saja sesuai dengan porsi​​ rekan-rekan masing.