Berpredikat Terbaik, 5 Universitas Swasta di Jogja Ini Diincar Calon Mahasiswa

Meta Deskripsi : Punya rencana kuliah di Jogja? Lima universitas swasta di Jogja ini bisa menjadi tempat tujuanmu. Yuk, cari tahu keunggulannya.

 

Berawal dari Sekolah Taman Siswa yang dibangun oleh Ki Hajar Dewantara, Jogja menjadi pusat perkembangan pendidikan di Indonesia. Kota gudeg ini memiliki lebih dari 100 perguruan tinggi, baik negeri, maupun swasta.

Bagi kamu yang memilih kuliah di perguruan tinggi swasta, Jogja punya 18 universitas. Nah, lima di antaranya menyandang gelar universitas swasta di Jogja terbaik. Apa saja?

 

  1. Universitas Sanata Dharma

Berbekal akreditasi A dari BAN-PT, Universitas Sanata Dharma menarik minat calon mahasiswa dari berbagai daerah. Sebagian besar calon mahasiswa yang masuk, memilih jurusan Akuntansi, Psikologi, dan Farmasi di jenjang strata 1 (S1).

Selain tiga jurusan tersebut, Universitas Sanata Dharma masih punya 22 jurusan yang tersebar di tujuh fakultas. Beberapa fakultas tersebut, antara lain Fakultas Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sains dan Teknologi, Sastra, serta Teologi.

Berbicara lokasi fakultas, Universitas Sanata Dharma membagi menjadi lima kampus. Letak kampus pertama dan kedua ada di kawasan Mrican, Tromol Pos 29. Sementara itu, kampus ketiga berada di daerah Paingan, Maguwoharjo.

Lokasi kampus keempat tergolong paling jauh, yakni di kawasan Kaliurang. Kalau kampus kelima, letaknya strategis, sekitar daerah Malioboro dan Pasar Kembang.

 

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kamu ingin kuliah di universitas yang memiliki lingkungan berpanorama indah? Kalau iya, berarti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah salah satu kampus terbaik untukmu. Pasalnya, kawasan UMY dikelilingi lahan hijau dan lanskap ring road nan menawan.

Namun, UMY tidak hanya memiliki panorama mengagumkan, kualitas kampus ini pun cukup membanggakan. Salah satunya dari segi akreditasi, sebagian besar program studi di UMY mencapai akreditas A.

 

  1. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) merupakan perguruan tinggi swasta yang mendapatkan banyak penghargaan. Contohnya, tahun 2010 silam, UKDW dinobatkan sebagai salah satu universitas terbaik di bidang kewirausahaan se-Jawa Tengah dan Jogja.

Tak tanggung, UKDW yang berdiri di tahun 1962 ini juga mendapatkan penghargaan Telkom Smart Campus Award TesSCA 2011. Selanjutnya, tahun 2012, UKDW menduduki peringkat 5.617 Top University Web Ranking.

Selain menorehkan prestasi, UKDW juga meningkatkan kualitas pendidikan dengan membuka tujuh fakultas. Beberapa fakultas di UKDW yang bisa kamu pilih, antara lain Fakultas Teologi, Fakultas Teknologi Informasi, serta Fakultas Arsitektur dan Desain.

 

  1. Universitas Ahmad Dahlan

Kamu ingin belajar bahasa dan sastra Arab secara mendalam? Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah tempat yang tepat untuk mengasah kemampuan linguistikmu. Pasalnya, jurusan Bahasa dan Sastra Arab di UAD menjadi salah satu jurusan terbaik di Jogja.

Selain Sastra Arab, UAD juga punya jurusan Apoteker, BK, Biologi, dan Psikologi yang kerap diincar calon mahasiswa baru. Semua jurusan ini sudah menyandang akreditasi A. Keren, kan?

Tidak hanya mengutamakan kualitas jurusan, UAD juga memastikan fasilitas memadai untuk mahasiswa. Mulai dari laboratorium, pusat sumber belajar, e-learning centre, sampai perpustakaan, tersedia di UAD.

Ternyata, keseriusan UAD memberikan fasilitas kepada mahasiswa dari berbagai aspek bisa membawanya ke peringkat 11 versi Kemenristekdikti. Bahkan, tahun 2018 lalu, UAD  menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Indonesia.

 

  1. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Ingatkah kamu pada sosok H.O.S Cokroaminoto? Namanya kini diabadikan di sebuah perguruan tinggi bernama Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY). Kampus ini berdiri sejak tahun 1980 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Cokroaminoto Yogyakarta (YPTICY).

Konsep UCY—secara keseluruhan—berbasis Islam. Hal ini tecermin dari visi, misi, dan tujuan universitas. Meski begitu, UCY tidak hanya membuka jurusan Pendidikan Agama Islam, tetapi juga program studi umum. Misalnya, program studi Manajemen, Teknik Sipil, dan Hukum—yang paling diminati calon mahasiswa.

 

Demikian daftar universitas swasta di Jogja yang bisa kamu pertimbangkan untuk tempat menuntut ilmu di jenjang S1 maupun diploma. Yuk, siapkan dirimu mulai sekarang agar bersaing dengan calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.