Bosan belajar online? Yuk ikuti tips di bawah ini

Pandemi Covid-19 sudah memasuki bulan ke 8 di Indonesia yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar baik di bangku sekolah maupun perkuliahan dialihkan total melalui pembelajaran daring. Guna menunjang pembelajaran secara daring, pemerintah yang bekerja sama dengan beberapa provider jaringan menyediakan kuota belajar yang dibagikan secara gratis kepada siswa, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Tapi, seiring berjalannya waktu dalam menjalani pembelajaran online membuat kebanyakan siswa dan mahasiswa jenuh dan bosan. Mereka selalu berkata jika capek dengan tugas-tugas yang diberikan. 

Memang tidaklah mudah menjalani pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing. Banyak gangguan yang harus di hadapi sehingga membuat kegiatan pembelajaran terhambat. Agar belajar online tidak membosankan yuk ikuti tips di bawah ini : 

  1. Screenshoot materi dan buat catatan 

Ketika pembelajaran berlangsung, kalian bisa meng-capture materi yang sedang dijelaskan serta buat catatan penting dari yang dijelaskan oleh pemateri. Jika ketinggalan kalian bisa membuka file capture-an tadi. 

  1. Pastikan koneksi internet lancar di rumah lancar 

Koneksi internet menjadi faktor utama keberlangsungan pembelajaran secara online, maka dari itu perlu dipastikan koneksi internet stabil ketika dilakukan pembelajaran. 

  1. Siapkan alat alat pendukung 

Alat pendukung juga harus disiapkan jika pembelajaran dilakukan dengan video conferenceagar suara tidak bising siapkan earphone atau headset untuk melakukan video conference. 

  1. Buat perencanaan tugas 

Buatlah perencanaan pengerjaan tugas dengan terjadwal. Hindari pengerjaan tugas h-1 dikumpulkan atau beberapa jam sebelum deadline tugas. Karena, itu hanya akan membuat kalian pusing. 

  1. Buat tempat belajar senyaman mungkin 

Ruangan yang nyaman dapat merubah mood  dalam belajar, oleh karena itu siapkan ruangan yang nyaman terbebas dari gangguan dan suara bising. 

  1. Sediakan makanan ringan dan minuman 

Untuk mengusir rasa bosan, bisa dengan memakan makanan ringan favorit kalian saat belajar agar kalian tetap betah mengerjakan tugas-tugas yang ada. 

  1. Dengarkan musik yang kamu suka 

Selain makanan dan minuman favorit, musik favorit juga bisa menjadi teman saat belajar, tentunya akan menambah semangat belajar jika mendengarkan musik yang di suka. Bagi yang suka keheningan bisa juga mendengarkan musik instrumental yang menenangkan. 

  1. Batasi penggunaan handphone 

Ketika belajar onlinebiasanya media yang digunakan yaitu handphone. Namun, banyak yang terlalu asik memainkan media sosial dan lalai akan tugasnya. Oleh karena itu dapat dipasang alarm untuk membatasi penggunaan handphone sehingga tugas bisa dikerjakan sesuai jadwal.