Cara Menyusun Rencana Satu Semester Kedepan

Tentu setiap orang pasti memiliki tujuan, target, maupun cita-cita dalam masing-masing kehidupannya. Menempuh pendidikan tinggi atau kuliah pun bagi beberapa orang merupakan salah satu cara mereka untuk meraihnya. Lalu bagaimana agar tujuan, target, maupun cita-cita yang dimiliki dapat terwujud? Tentu saja dengan menyusun rencananya bukan? Seorang mahasiswa tentu perlu menyusun rencana untuk setiap satu semester kedepan agar dapat meraih tujuan, target, maupun cita-citanya. Lalu bagaimana caranya? Agar dapat menyusun rencana satu semester kedepan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Tetapkan tujuan

Langkah pertama dalam menyusun rencana satu semester kedepan adalah dengan menetapkan tujuan secara jelas dan pasti, karena suatu rencana dibuat agar dapat mencapai tujuannya. Sebagai contoh, tujuan yang ingin dicapai adalah menjadi mahasiswa dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi se-angkatan, jika tujuanmu sudah ditetapkan secara jelas seperti itu, maka setidaknya akan ada sedikit gambaran dalam menyusun rencananya bukan?

  1. Kenali kelemahan dan kelebihan diri

Mengenali kelemahan dan kelebihan diri merupakan hal yang sangat penting agar dapat menyusun rencana yang efisien. Rencana yang dibuat harus dapat memanfaatkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang ada pada diri kita. Misalnya kamu memiliki kelemahan sulit memahami materi pembelajaran dari dosen, tapi kamu memiliki kelebihan pandai bergaul dengan teman-teman, maka rencana yang dapat kamu lakukan agar kamu tetap dapat meraih tujuanmu menjadi mahasiswa dengan IPK tertinggi se-angkatan, kamu dapat meminta bantuan temanmu untuk menjelaskan kembali materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh dosen.

  1. Berdiskusi dengan dosen wali

Lebih baik berdiskusi dengan dosen wali mengenai rencana studi, seperti mata kuliah yang akan diambil, beban sks yang akan diambil, dan lainnya karena dosen wali adalah orang yang paling mengetahui mahasiswanya terutama di bidang akademiknya.

  1. Ketahui jadwal kuliah

Kamu perlu mengetahui jadwal kuliah agar selanjutnya kamu dapat membuat jadwal untuk kegiatan lain berdasarkan sisa waktu luang yang dimiliki selain jadwal kuliah.

  1. Baca silabus

Membaca silabus merupakan hal yang sangat penting karena melalui silabus kita dapat mengetahui pokok pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, sumber belajar, dan lainnya. Dengan begitu, kita dapat menyiapkan diri dengan membuat jadwal dari rencana kegiatan yang akan mendukung di bidang akademik.

  1. Tentukan kegiatan di luar bidang akademik

Kegiatan di bidang akademik dan non-akademik haruslah seimbang, oleh karena itu selanjutnya kita perlu menentukan kegiatan di luar bidang akademik apa yang ingin atau perlu dilakukan. Contohnya kamu dapat menyalurkan hobimu sebagai kegiatan di luar bidang akademik, atau lainnya. Jika sudah ditentukan, jangan lupa untuk membuatkan jadwalnya juga ya.

  1. Beri ruang gerak

Pada kenyataannya terkadang rencana tidak berjalan sebagaimana mestinya, agar dapat mengatasi kemungkinan tersebut kita perlu memberi ruang gerak pada jadwal rencana kita sehingga kita dapat mengubahnya tergantung dengan situasi.

 

Sumber :

https://www.youthmanual.com/post/panduan-dunia-kuliah/panduan-lengkap-akademik-kuliah/menyusun-rencana-studi-satu-semester-ke-depan