#Dirumahaja #KerjaDariRumahAja #KuliahDariRumahAja

Covid-19 atau virus corona dapat menyerang siapa saja. Permasalahan ini bukan lagi menjadi permasalahan pemerintah saja, tapi bagi semua kalangan. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia, haruslah kita mendukung upaya pemerintah yang sudah ditetapkan dalam memerangi virus corona. Seperti yang sudah kita tahu, kurang lebih 2 minggu lalu, diputuskan bahwa sekolah-sekolah diliburkan dan keramaian dibatasi. Hal tersebut tentunya dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Namun sayangnya, karantina selama 2 minggu itu harus diperpanjang. Pasien dan korban angkanya bertambah, tentu banyak faktor. Tapi tidak bisa menutup mata pula, penyebaran meluas karena karantina selama 2 minggu itu tidak ditaati dengan benar. Memang banyak pihak di Indonesia yang tidak bisa untuk hanya diam dirumah saja, tapi sangat disayangkan tentunya jika karantina kemarin selama 2 minggu tersebut tidak ditaati oleh pihak-pihak yang ternyata masih bisa melakukan pekerjaan ataupun belajar dari rumah.

Pada kenyataannya, permasalahan wabah covid-19 ini adalah PR bersama. Bagi orang-orang yang bisa berdiam diri dirumah, tentulah harus melihat masa karantina ini dari berbagai sisi. Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Banyak kalangan sudah bahu membahu untuk membantu gerakan #dirumahaja, contohnya adalah kalangan musisi yang menggelar konser musik #dirumahaja. Konser ini dilakukan selama 25-28 Maret 2020, dengan jadwal 19.30-20.00 WIB untuk Rabu-Jumat, dan 13.00-21.00 WIB untuk sabtu. Kegiatan tersebut adalah konser beberapa musisi Indonesia seperti, Andmesh, Andien, Anji dan masih banyak lagi. Para musisi ini bernyanyi dari rumah, dan disiarkan live oleh channel Youtube Narasi, Najwa Shihab, dan media narasi.tv. Bukan hanya konser musik saja, namun konser musik #dirumahaja pun menggalang dana untuk membantu mereka yang terkena dampak pandemic ini, penggalangan dana ini pun dilakukan melalui kitabisa.com. Upaya ini dilakukan untuk menghibur teman-teman semua tentunya.

Selain musisi, tentunya sebagai kaum pelajar pun kita bisa membantu pemerintah dalam mengatasi wabah covid-19 ini. Salah satu yang utamanya tentu lagi-lagi adalah berdiam diri dirumah. Masa karaantinan atau berdiam diri dirumah bukan menjadi alasan kita untuk main-main, dan berleha-leha. Tetap jalankan kewajiban sebagai pelajar, apalagi bagi mahasiswa yang tentunya paham betul bahwa disiplin dalam belajar adalah sesuatu hal yang penting. Banyak media yang bisa membantu para guru, dosen ataupun murid dan mahasiswa agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, salah satunya adalah zoom, google classroom dan masih banyak lagi. Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, tentulah harus dimanfaatkan apalagi dalam situasi seperti ini. Pada awalnya mungkin akan terasa tidak terbiasa, tapi itu bukanlah alasan untuk tidak bisa. Langkah terbaik saat ini adalah mengikuti aturan pemerintah, semakin cepat rantai penyebaran wabah covid-19 ini terputus maka akan semakin cepat juga Indonesia dan kita semua pulih dari musibah ini.

Mari jangan sepelekan masalah wabah covid-19 ini. Mari bersama-sama, bahu membahu, saling membantu untuk memerangi virus corona. Latih dan buka cara berpikir kita dalam menanggapi masalah bersama ini. Kemudian teruntuk para pelajar, jadikan masa karantina ini sebagai waktu tambahan untuk terus mengembangkan diri dengan hobby-hobby yang bermanfaat, yang bisa dilakukan dirumah tentunya. Jangan lupa juga untuk menjalani pembelajaran dari rumah dengan semanga. Jaga kesehatan selalu, dirumah dulu saja, bantu apa yang bisa dibantu dan sanggup untuk membantu. Terimakasih untuk tenaga medis, salam semangat dan doa dari semua kalangan.