Gaji Lulusan Teknik yang melebihi biaya kuliahnya Balik modal kuliah dengan peluang kerja terbaik

Tujuan utama dari menempuh jenjang pendidikan pada tingkat Universitas tidak lain untuk membuka peluang kerja yang lebih baik, bukan berarti lulusan SMA atau SMK tidak memiliki peluang kerja yang sama namun 1 hal yang pasti adalah besaran gaji yang akan diterima.

Biaya kuliah yang tidak sedikit membuat banyak siswa enggan untuk melanjutkannya, bahkan ada juga mahasiswa yang berhenti kuliah lantaran tak mampu membayar biaya kuliah. Tentu kalian tahu jika ada beasiswa hanya saja tidak semua mahasiswa bisa mendapatkannya.

Besaran biaya kuliah sendiri beraneka ragam tergantung apakah itu negeri atau swasta, selain itu jika kita memasuki jurusan teknik bisa dipastikan akan ada biaya tambahan untuk menunjang kegiatan praktek yang dilakukan di dalam laboratorium, dan masih banyak embel-embel lainnya.

Namun jangan berkecil hati karena ternyata beberapa jurusan teknik di bawah ini akan menghasilkan gaji yang nominalnya dapat mengalahkan biaya kuliah kalian semasa menjadi mahasiswa dahulu.

Teknik Industri

Saat ini era industri telah mencapai 4.0 dan masih akan berkembang lagi di tahun-tahun berikutnya, sudah pasti hanya dengan alasan itu saja peluang kerja bisa dikatakan sangat terbuka dengan lebar.

Tidak hanya itu lulusan teknik industri yang fokus pada bidang rancang design, perbaikan, serta pembuatan sistem ini memiliki gaji kurang lebih sebesar 10 juta perbulan. Jika saat kuliah persemester (6 bulan) kita membayarkan 10 juta maka hanya membutuhkan 1 bulan kerja saja untuk balik modal.

Teknologi Pangan

Berbeda dengan Industri yang selalu berkembang, teknologi pangan ini akan selalu dibutuhkan sepanjang manusia masih memiliki rasa lapar. Karena inovasi terkait bidang pangan ini berkembang pesat gajinya juga gak main-main.

Hanya menjadi ahli pangan saja besaran gaji yang dapat kalian hasilkan perbulan sekitar 4 hingga 10 juta, belum di hitung jika kalian bekerja di bidang akademisi.

Teknik Mesin

Berbicara tentang mesin saat ini teknik mesin menjadi salah satu jurusan yang paling diminati oleh laki-laki. Dengan kemampuan perhitungan matematik serta kreatifitas yang tinggi lulusan teknik Mesin memiliki gaji yang cukup fantastis.

Rata-rata gaji lulusan teknik mesin berkisar 7 juta per bulan, karena saat ini banyak lulusan teknik mesin yang tenaganya dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan sebuah mesin robotik.

Teknik Informatika

Soal prospek kerja teknik Informatika jangan di tanya lagi, karena perkembangan jaman mengarah ke inovasi teknologi dimana teknik informatika menjadi peran penting di dalamnya.

Prospek kerja teknik informatika yang luas menjadikan jurusan ini tak sepi peminat, selain itu gaji lulusan teknik informatika juga beragam namun rata-rata gaji yang di terima oleh fresh graduate minimal 4 juta perbulan belum di hitung dengan proyek-proyek yang kita selesaikan.

Teknik Lingkungan

Seperti namanya lulusan teknik Lingkungan akan berurusan langsung dengan lingkungan seperti pengelolaan limbah, meminimalisir polusi, dllnya. Kisaran gaji bagi lulusan teknik Lingkungan sendiri berkisar 3 juta hingga 16 Juta per bulan.

Berbeda jika kalian bekerja di luar negeri karena gaji yang akan kalian dapat bisa mencapai 80 juta per bulan menurut data di PayScale.

Perencanaan Wilayah dan Kota

Lulusannya jadi arsitek bukan sih ?, terkadang memang agak berbeda pemahaman bagi yang belum memahami jurusan ini. seperti namanya yakni perencanaan wilayah dan kota, mereka bertanggung jawab untuk membentuk lingkungan manusia seperti kontruksi bangunan dan perencanaan sebuah pemukiman.

Hal serumit itu membutuhkan perhitungan matematis yang cukup ahli dan analisis yang tepat. Oleh karena itu gaji yang akan di terima oleh para lulus teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ini cukup besar.

Source :

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5386150/10-jurusan-kuliah-ini-hasilkan-gaji-lebih-tinggi-dari-pada-biaya-kuliah

http://mastopix.blogspot.com/2014/04/gaji-lulusan-teknik-informatika-di.html#:~:text=Modal%3A%20Lulusan%20S1%20Ilmu%20Komputer,bulan%3A%20Sekitar%20Rp%2015%20juta.

https://www.dream.co.id/dinar/10-jurusan-kuliah-yang-menyediakan-banyak-peluang-kerja-1604062.html