Jangan Rebahan Mulu, Ayo Jalan Kaki Mulai hidup sehat dengan Jalan Kaki setiap hari

Fakultas Teknik UNPAS – Bagi yang belum tahu, jalan kaki termasuk olahraga ringan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kamu lho, banyak manfaat yang didapatkan tubuh hanya dengan jalan kaki. Jika dilakukan dengan rutin, aktivitas ini bermanfaat mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung. 

Bagi kamu yang sering rebahan dan malas untuk berolahraga seperti joging atau bersepeda, jalan kaki menjadi salah satu alternatif olahraga terbaik untuk menjaga tubuhmu untuk tetap sehat dan bugar. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang sering bangun siang dan mager untuk melakukan olahraga berat. Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu rutin jalan kaki setiap hari : 

  1. Panjang Umur 

Hanya dengan Jalan kaki kamu bisa panjang umur lho, Studi oleh Harvard dalam Jurnal JAMA Internal Medicine pada Mei 2019, meneliti 16.000 partisipaan wanita dengan usia lebih tua. 

Hasilnya, mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah perhari memiliki angka kematian yang secara signifikan lebih rendah dibanding wanita yang secara fisik tidak aktif bergerak. 

Selain itu Studi dalam jurnal Medical Journal of Australia menemukan, orang yang jalan kaki hingga 8.800 langkah perhari, rata-rata menghabiskan waktu lebih sedikit di rumah sakit hingga 30%, dibanding orang dengan jumlah langkah kaki setengahnya. 

 

  1. Menurunkan Berat Badan 

Nah ini yang badan kamu butuhkan agar terlihat lebih ramping, dengan berjalan kaki kamu dapat menurunkan berat badan dan resiko obesitas. Jalan kaki disini bukan jalan kaki dari tempat tidur ke kamar mandi ya, kalau langkahmu segitu-gitu aja ya nggak kelihatan pengaruhnya. 

Jika kamu berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah perhari, kamu bisa meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan, diperkirakan kamu bisa menurunkan berat badan hingga 2KG. 

 

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Rutin jalan kaki dapat meningkatkan kualitas tidur, sebuah Studi pada tahun 2019 dari Sleep menemukan bahwa wanita pascamenopause yang melakukan aktivitas fisik intensitas ringan hingga sedang tidur lebih baik di malam hari daripada mereka yang tidak banyak bergerak. 

Susah tidur karena insomnia ?, mungkin tubuhmu hanya perlu asupan gerak saja, jadi jika ingin tidurmu nyenyak dan tentunya memuaskan, rajin-rajin lah untuk jalan kaki setiap hari. 

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol 

Jalan kaki sangat baik bagi orang dengan tekanan darah yang tinggi, kegiatan ini dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik.  

Selain itu jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Itulah mengapa masyarakat lansia sangat dianjurkan untuk rajin jalan kaki setiap hari. 

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Kamu termasuk  orang yang memiliki penyakit jantung, semoga saja tidak. Jika iya kamu wajib untuk jalan kaki setiap hari, selain meningkatkan kesehatan jantung, jalan kaki dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Hal itu disebabkan karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jatung dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Harap diperhatikan, jika memiliki riwayat penyakit jantung lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatanmu dan jangan dipaksakan walaupun kamu mampu lebih dari durasi yang telah ditentukan. 

 

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh 

Jalan kaki secara rutin juga dpat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagi macam penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari lebih jarang sakit dibanding mereka yang tidak olahraga. 

Jika kamu sering merasakan nyeri pada sendi kaki, bisa jadi itu disebabkan karena kamu kurang olahraga yang mengakibatkan aliran darah menjadi terhambat, dengan jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan aliran darah ke area yang nyeri dan membantu memperkuat otot-otot di sekitar persendian anda. 

 

  1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood 

Kamu pasti sudah akrab sekali dengan yang namanya stress, percayalah menyimpan banyak stress di dalam tubuh dan pikiran mu sangat tidak baik bagi dirimu, kamu perlu sesuatu untuk melepaskan stress itu dan jawabannya adalah jalan kaki. 

Jalan Kaki terbukti dapat mengurangi dan mencegah stress, ketika berjalan kaki atau aktivitas olahraga lainnya, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. 

Jika stress sudah berhasil dihilangkan lalu mood kamu meningkat maka pikiran kreatif pun akan terbentuk selain itu kualitas tidurmu juga akan terjaga. 

 

Manfaat jalan kaki masih sangat banyak dan tidak terbatas hanya pada 7 hal diatas, di era modern yang segalanya praktis ini mengakibatkan banyak orang yang enggan melakukan olahraga dengan alasan mager dsb. Sebelum semua itu terlambat mulai lah dari sekarang untuk rutin berolahraga walaupun itu hanya dengan jalan kaki. 

 

Source : 

https://www.alodokter.com/jangan-takut-lelah-ada-banyak-manfaat-jalan-kaki 

https://www.suara.com/health/2021/07/19/054610/9-manfaat-jalan-kaki-yang-anda-belum-tahu-salah-satunya-meningkatkan-mood?page=all 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635262/manfaat-jalan-kaki-setiap-hari-bagi-kesehatan 

https://www.liputan6.com/bola/read/4493748/ragam-manfaat-penting-rutin-jalan-kaki-usir-stres-sampai-bikin-panjang-umur