Kalian Fresh Graduate? Ini 4 Situs Pencari Kerja Yang Terpercaya

Hi engineers! 

Selain melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, setelah lulus kuliah kalian juga ingin mencari pekerjaan kan? Di zaman yang serba digital ini, mecari kerja umumnya sudah tidak dilakukan melalui surat kabar cetak. Kini telah banyak situs-situs lowongan kerja yang menyediakan puluhan bahkan ratusan lowongan kerja yang terbaru setiap harinya. 

Namun, banyak juga website-website atau pengumuman lowongan kerja yang ditemukan di media sosial itu ternyata palsu. Oleh sebab itu, kita harus memastikan apakah lowongan tersebut benar atau hanya ulah oknum yang ingin mendapatkan keuntungan dari orang yang membutuhkan pekerjaan. 

Berikut merupakan situs-situs resmi pencari kerja yang terpercaya : 

  1. Jobstreet 

Siapa yang tak tahu Jobstreet. Situs pencari kerja terpercaya dan terpopuler di indonesia ini merupakan situs yang sering digunakan oleh para pencari kerja, terutama bagi para fresh graduate. 

Di situs ini kalian bisa mencari pekerja yang sesuai dengan kemampuan kalian serta kisaran gaji yang diinginkan. Dan kalian juga akan mendapat rekomendasi jika ada lowongan baru yang sesuai dengan kemampuan. 

Kalian hanya cukup memasukkan resume pada lowongan yang akan kalian lamar. Jika pihak perusahaan tertarik, kalian akan dihubungi melalui email atau nomor telepon yang tertera. 

  1. LinkedIn 

LinkedIn adalah sebuah jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih 750 juta pengguna pada lebih 200 negara. 

Kelebihan LinkedIn dibanding situs pencari kerja lainnya adalah LinkedIn seperti media sosial yang dikemas secara profesional. Hal ini memudahkan para perekrut untuk memantau koneksi atau jaringan profesional si pelamar. 

LinkedIn memiliki fitur-fitur yang sangat membantu bagi kedua belah pihak, baik si pelamar maupun si perekrut. 

  1. Urbanhire 

Startup asal Indonesia ini percaya jika proses perekrutan karyawa bisa lebih efisien dan Urbanhire ingin membantu perusahaan mendapatkan karyawan yang diinginkan. 

Urbanhire menawarkan sistem pelacakan aplikasi para pelamar kerja atau applicant tracking system (ATS) yang berbasis cloud computing. 

Urbanhire memungkinkan perekrut dapat berbalas email dengan pelamar untuk menentukan jadwal wawancara. Tak hanya menyediakan lowongan pekerjaan terbaru, Urbanhire-pun tersedia tips dan informasi seputar pengembangan karir. 

  1. Karir 

Selain Urbanhire, ada juga penyedia lowongan yang lain asal Indonesia, Karir.com. Yang di mana memiliki fitur pencarian efektif dan memudahkan pengguna. 

Dalam website-nya, Karir.com menjelaskan jika calon pekerja akan mendapatkan lowongan kerja sesuai resume. Terdapat juga informasi mengenai program khusus dan manajemen trainee perusahaan nasional dan multinasional. 

Selain itu, Karir.com menyajikan lowongan kerja terbaik berdasarkan domisili kota dari pengguna. Serta mengurutkan jenis kerjaan dalam 18 sektor yang di antaranya perdagangan umum, produk konsumen, asuransi, otomotif, e-commerce, perawatan kesehatan dan lainnya. 

Sumber : cnnindonesia.com