Kamu Mahasiswa Baru? Siapkan Hal Ini Untuk Memulai Kuliah Online

Hi Engineers! 

Memasuki Semester Baru Tahun Akademik 2021/2022 mahasiswa baru akan memulai dunia kuliahnya. Begitu juga dengan mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2021 yang rencananya akan memulai kuliahnya awal Oktober mendatang. 

Sebelum memulai kuliah tentunya terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Kira-kira apa saja sih yang perlu disiapkan oleh mahasiswa baru. Yuk simak informasinya di bawah ini : 

  1. Paham dengan Sistem Akademik dan LMS yang ada di Kampus 

Di setiap kampus pasti memiliki Sistem Akademik yang digunakan untuk mengolah data yang berkaitan dengan nilai, kehadiran, jadwal mata kuliah serta administrasi fakultas dan jurusan. 

Maka dari itu, penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan paham Sistem Akademik yang digunakan. Selain Sistem Akademik, ada juga LMS atau Learning Management System yang digunakan untuk pembelajaran daring. 

Di Fakultas Teknik Unpas menggunakan Sistem Akademik SITU Akademik FT Unpas akd.unpas.ac.id/ft dan LMS E-learning elearningft.unpas.ac.id/. 

  1. Persiapkan Mental 

Kehidupan kuliah dan sekolah tentunya sangat berbeda, apalagi dengan sistem kuliah online yang mengharuskan mahasiswa harus bisa bertanggung jawab atas diri sendiri salam menjalani kuliah. 

Saat pandemi seperti ini, mahasiswa akan bertarung dengan sifat malas yang selalu hinggap pada diri masing-masing mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa harus menyiapkan mental baja untuk melawan hambatan saat kuliah online sehingga kuliahnya akan lancar. 

  1. Buat Tempat Belajar Senyaman Mungkin 

Ruangan yang nyaman ini akan menjadikan kita lebih nyaman pula dalam belajar sehingga ilmu yang dipelajari akan cepat dipahami. Hindari ruangan yang bising dan terdapat banyak gangguan, itu akan semakin merusak fokus dalam belajar. Agar lebih nyaman bisa juga sediakan makanan kesukaan atau musik kesukaan untuk menemani belajar online. 

  1. Buat Rencana Belajar atau To Do List 

Karena belajar dari rumah, mahasiswa harus membuat rencana pembelajaran dengan teliti. Jangan karena berkuliah secara online malah melupakan kewajiban saat kuliah. Tak hanya jadwal wajib dari kampus yang harus dilaksanakan, mahasiswa juga harus bisa belajar mandiri dengan memanfaatkan waktu 1-2 jam untuk belajar di luar kampus. 

  1. Pastikan Alat Penunjang Pembelajaran Memadai 

Dalam kuliah online, perangkat dan jaringan harus dipastikan mendukung dan memadai. Karena saat perkuliahan akan memanfaatkan perangkat seperti laptop dan smartphone serta membutuhkan jaringan internet yang bagus agar saat berlangsung kuliah online yang menggunakan video conference tidak terhambat 

Meskipun kuliah daring ini bagi sebagian mahasiswa itu melelahkan, tapi percayalah jika dari kuliah daring ini banyak sisi positifnya yang dapat kita ambil. Lelah itu wajar saat kuliah, tapi juga jangan sampai lalai dalam menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa.