Kegiatan Apa Saja yang Ada di Tempat Kuliah?

Selain belajar, kegiatan apa saja sih yang bisa dilakukan di tempat kuliah? Simak ulasannya berikut ini

Di era global seperti sekarang, lulus dengan nilai bagus saja rasanya tak cukup. Kamu juga harus terampil. Nah, ada banyak cara untuk melatih keterampilan yang kamu miliki, salah satunya dengan mengikuti berbagai macam kegiatan yang ada di tempat kuliah. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus, kamu akan mendapatkan banyak hal yang bermanfaat, misalnya belajar bersosialisasi.
Biar tidak jadi mahasiswa kuliah-pulang-kuliah-pulang, berikut 4 kegiatan di kampus yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan keterampilan dan relasi.

1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Kalau di Sekolah Menengah Atas ada kegiatan ekstrakurikuler, maka di tempat kuliah kamu bisa bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Umumnya UKM bisa berupa kegiatan olahraga, pengembangan kepribadian, seni, dan juga kegiatan yang berhubungan dengan akademik.
Jadi, selain belajar di kelas, kamu bisa mengikuti UKM sebagai media pengembangan minat dan bakat. Selepas jam perkuliahan usai, kamu pun bisa mengisi waktu luang kamu dengan kegiatan positif yang diselenggarakan oleh tiap-tiap UKM.
Selama menjadi bagian dari UKM, kamu pasti akan dihadapkan pada lingkungan dan orang-orang baru. Dengan begitu, relasi pertemanan kamu juga otomatis bertambah. Salah satu keuntungan memiliki banyak relasi adalah lebih mudah dalam mencari pekerjaan ketika lulus nanti.

2. Organisasi Kampus

cengage.com

Selain UKM, di kampus juga ada organisasi mahasiswa (Ormawa) yang bisa kamu ikuti. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan selama menjadi bagian dari Ormawa. Pertama, kamu bisa belajar untuk lebih disiplin dan lebih baik dalam memanajemen waktu. Bagaimana tidak, organisasi biasanya menyelenggarakan banyak acara sehingga kamu harus pintar membagi waktu agar kegiatan Ormawa tidak mengganggu aktivitas kuliah.
Kalau kamu ingin mengasah softskill, ormawa adalah pilihan terbaik. Kamu bisa belajar bagaimana cara berkomunikasi hingga melatih jiwa kepemimpinan. Seperti yang diketahui, setiap organisasi tentu memiliki struktur kepengurusan yang di dalamnya terdiri dari pemimpin dan orang-orang yang dipimpin.
Bila kamu memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin, artinya kamu punya peluang untuk melatih cara memimpin diskusi, berbicara di depan umum, hingga cara membuat sebuah kesepakatan.

3. Ajang Perlombaan Nasional hingga Internasional
Selama menjadi mahasiswa, sudah sepantasnya kamu tidak membuang waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak membawa manfaat. Bagaimana bila sesekali kamu mengikuti perlombaan supaya bisa menjadi mahasiswa berprestasi. Tak harus sejalur dengan jurusan kuliah yang diambil, kamu bisa mengikuti perlombaan apa saja yang sesuai dengan minat kamu.
Perlu kamu tahu, ternyata mengikuti perlombaan itu memiliki beragam dampak positif yang bisa kamu rasakan, lho. Mulai dari melatih rasa percaya diri, belajar berkompetisi secara positif, membantu menilai kekurangan serta kelebihan diri, mengukur kapasitas diri, hingga menambah nilai plus di CV kamu nanti.
Hal terakhir yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti perlombaan adalah apabila menang kamu akan mendapat penghargaan seperti medali, sertifikat, uang pembinaan, dan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang telah bekerja keras untuk kamu.

4. Pertukaran Pelajar

videoblocks.com

Beberapa tempat kuliah memiliki program pertukaran pelajar untuk kamu yang berminat belajar ke luar negeri. Lewat program ini, kamu bisa merasakan sejumlah manfaat yang akan menunjang karier setelah kuliah. Apa saja kira-kira keuntungannya?
Saat mengikuti program pertukaran pelajar, artinya kamu akan pergi ke negara lain dengan budaya yang jauh berbeda. Supaya proses adaptasi kamu berjalan lancar, kamu tentu harus belajar mengenai budaya di negara tersebut.
Selain belajar budaya baru, tak jarang pertukaran pelajar mampu membuka pengalaman dan keahlian lebih luas lagi karena biasanya kurikulum belajar di tiap negara berbeda-beda. Bagian paling seru dari program pertukaran pelajar adalah menambah teman baru yang mampu memperluas jaringan.

Itulah informasi mengenai 4 kegiatan di tempat kuliah yang cocok untuk mengisi waktu luang selama di kampus. Tertarik untuk mengikutinya? Yuk, gabung mulai dari sekarang sebelum status mahasiswa kamu tidak berlaku.