Kegiatan Mahasiswa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengisi Liburan di Masa Pandemi

Hi Engineers! 

Selama masa liburan kalian ngapain aja nih? Oh iya, karena sekarang sedang diberlakukan PPKM Darurat Jawa-Bali, kalian tetap di rumah ya agar terhindar dari virus Covid-19. 

Kalian sudah tahu kan kalau sekarang Covid-19 itu telah bermutasi menjadi virus lain yang efeknya lebih membahayakan dari Virus Covid-19 itu sendiri. Maka dari itu, patuhi protokol kesehatan yang sudah berlaku. 

Selama liburan apalagi ditambah dengan masa PPKM, kalian pasti bosan jika terus berada di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Tenang, kali ini aku bakal bagiin kegiatan yang bermanfaat yang bisa ngisi liburan temen-temen semua. 

  1. Mengikuti Kelas Online 

Selama pandemi ini, banyak kelas online gratis yang diselenggarakan oleh lembaga di luar kampus. Kamu bisa memilih kelas online yang kami ikuti sesuai bakat dan minat kamu, sehingga liburan kamu akan lebih bermanfaat. 

  1. Rajin Berolahraga 

Di masa pandemi seperti ini, diperlukan tubuh yang vit untuk mencegah penularan virus. Maka dari itu, kamu bisa berolahraga di sekitaran rumah kamu atau di dalam rumah. Banyak video-video tentang olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah yang bisa kamu tonton di YouTube. 

  1. Mengembangkan Bakat di Rumah  

Jika kamu merasa bosan, kamu bisa mengembangkan bakat yang kamu punya. Bagi yang memiliki hobi menulis kamu bisa membuat cerita dan memublikasikan di portal baca online.  

Bagi yang hobi memasak, kalian bisa mencoba membuat makanan dengan resep-resep yang ada di aplikasi atau website resep online. Atau bagi yang memiliki hobi bermusik, bernyanyi dan menari kalian bisa mencoba untuk melakukan cover song atau melakukan dance populer di Tiktok. 

  1. Bekerja Part Time Secara Online 

Bagi kalian yang ingin menambah uang saat liburan, kalian bisa melakukan kerja part time secara online melalui aplikasi seperti dari aplikasi NUSATALENT, Partipost, Fastwork dan Milieu Surveys. 

Selain melakukan part time secara online, kamu juga bisa memulai melakukan bisnis secara online. Kamu bisa menjadi reseller atau memproduksi sendiri barang atau makanan yang ingin kamu jual.