Kenali Kepribadian dan Minatmu untuk Memilih Program Studi

Bingung cari program studi kuliah yang tepat? Coba kenali minat dan kepribadian kamu. Siapa tahu membantu.

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas, beberapa dari mereka lebih memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Kalau kamu termasuk di antaranya, tugas penting yang perlu kamu pikirkan dengan saksama adalah jurusan kuliah apa yang akan diambil.
Sekadar informasi, terkadang materi dan tugas kuliah yang diberikan terasa melelahkan. Apalagi bila mata kuliah yang diberikan terlalu sulit untuk dimengerti. Inilah salah satu alasan mengapa kamu perlu memilih program studi berdasarkan minat dan kepribadian.

Pentingnya Memilih Program Studi Berdasarkan Minat dan Kepribadian
Sangat disarankan untuk memilih program studi berdasarkan minat dan kepribadian masing-masing. Mengapa demikian? Pertama, sesuai dengan penjelasan di atas, ketika ada masalah atau sesuatu yang rumit selama kuliah, kamu akan terdorong untuk berusaha, bahkan menganggap hal tersebut sebagai tantangan yang menarik. Menghindari stres menjadi alasan selanjutnya mengapa memilih jurusan kuliah berdasarkan minat adalah pilihan terbaik. Dengan begitu, menjalani hari-hari perkuliahan pun akan terasa menyenangkan dan kamu juga bisa lebih semangat dalam belajar agar bisa sukses di kemudian hari.

Memilih Jurusan Kuliah berdasarkan 6 Kepribadian Menurut Teori John Holland

goodcall.com

1. Realistic
Seseorang yang memiliki kepribadian realistic umumnya bersifat praktis dan melibatkan fisik. Dalam menyelesaikan sebuah masalah, orang dengan kepribadian ini cenderung menggunakan gerakan dan kecakapan atau langsung mengacu pada praktik alih-alih teori. Untuk kamu yang merasa cocok dengan kepribadian ini, beberapa pilihan jurusan kuliah yang sesuai di antaranya adalah arsitektur, teknik mesin, teknik sipil, dan ilmu olahraga.

2. Pemikir (Investigative)
Kamu menyukai pekerjaan yang membutuhkan pemikiran mendalam? Bisa jadi kamu termasuk tipe investigative. Bisa dibilang bahwa tipe kepribadian ini bertolak belakang dengan tipe realistic. Daripada melakukan pekerjaan fisik, tipe investigative lebih menyenangi bekerja dengan ide dan logika. Adapun beberapa contoh jurusan yang cocok dengan tipe investigative adalah sistem informasi, teknik informatika, fisika, dan psikologi.

3. Kreator (Artistic)
Salah satu ciri utama dari tipe kreator adalah selalu mempunyai banyak ide kreatif untuk menyelesaikan suatu persoalan. Orang yang memiliki karakter ini cenderung ekspresif dan kurang suka keteraturan serta keadaan yang menuntut keterampilan fisik. Tak jarang juga disebut sebagai pribadi yang sensitif. Jika kamu merasa kepribadian ini kamu banget, beberapa jurusan kuliah yang bisa kamu ambil adalah desain komunikasi visual, seni rupa, bahasa, dan jurnalistik.

4. Penolong (Social)
Individu dengan kepribadian social biasanya memiliki kecakapan interpersonal dan kepekaan yang baik. Orang-orang dengan tipe social umumnya memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka mampu berempati, berinteraksi, dan senang bekerja sama dengan orang lain. Mereka juga senang melakukan sesuatu yang berkaitan dengan memberi informasi, melatih, dan memberi arahan. Jurusan kuliah yang cocok untuk tipe social adalah sosiologi, psikologi, dan keperawatan.

5. Persuasif (Enterprising)
Tegas, ambisius, energik, dan pandai memengaruhi orang lain merupakan ciri-ciri seorang pemimpin. Pun demikian dengan mereka yang memiliki karakter enterprising. Tipe ini sangat senang dengan segala sesuatu yang bersifat menantang. Di samping itu, mereka juga rela mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Dengan karakter seperti ini, kamu paling cocok mengambil jurusan kuliah seperti hubungan internasional, komunikasi, dan manajemen.

6. Conventional
Mereka yang memiliki karakter conventional biasanya menyenangi kegiatan yang berulang dan menyenangi pekerjaan yang berkaitan dengan data dan angka. Cara kerjanya pun rapi, teliti, dan terstruktur. Kalau kamu termasuk di tipe conventional, jurusan kuliah yang cocok adalah statistik, akuntansi, dan administrasi.

Bagaimana Cara Melakukan Tes Minat dan Kepribadian?

fee.org

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu kepribadian kamu. Kalau ingin praktis, kamu bisa mengikuti tes kepribadian online. Sementara bagi kamu yang ingin mendapatkan jawaban lebih profesional, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog atau mendatangi rumah sakit yang menyediakan layanan tes minat dan kepribadian.

Itulah ulasan singkat mengenai proses pemilihan program studi berdasarkan minat dan kepribadian. Nah, bagi kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan, kamu bisa, lho mempraktikkan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.