Kuliah Online

Mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS sudah melaksanakan kuliah online selama kurang lebih hampir satu bulan. Sebelum wabah covid-19 ini, mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS sudah merasakan kuliah online sesekali, sekarang ini adalah masa terpanjang menjalani kuliah online. Cara ini diambil tentu karena aturan pemerintah untuk diam dirumah, yang sekarang ini juga diterapkan aturan baru dibeberapa kota yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Langkah demi Langkah diambil oleh pemerintah pendidikan dan Lembaga-lembaga terkait untuk mendukung pemerintah pusat dan pihak lainnya dalam melawan virus corona yang sedang merebak ke berbagai negara dan daerah penyeberannya. Kuliah online yang sudah biasa dijalani oleh mahasiswa Fakultas Teknik ini sekarang terpusat melalui elearningft.unpas.ac.id, sebelumnya mahasiswa mengakses kuliah online melalui web yang sudah disediakan oleh program study maisng-masing. Tentunya hal ini memerlukan adaptasi dalam pemakaian website elearningft.unpas.ac.id. Namun, kuliah online yang dulunya sesekali dilaksanakan pun membantu mahasiswa saat ini dalam melakukan adaptasi secara lebih cepat. Menguasai fitur-fitur yang ada di website elearningft.unpas.ac.id pun tidak memelukan waktu yang lama, didukung pula dengan penjelasa-penjelasan singkat atau informasi penting yang disampaikan melalui media sosial Instagram Fakultas Teknik UNPAS yaitu @fakultasteknikunpas.

“Terkadang suka lupa tugas yang disampaikan melalui elearning, karena tidak ada notifikasi atau pemberitahuan sebelumnya yang diberikan” ujar salah satu orang mahasiswa. “Jaringan internet dirumah saya tidak selalu lancar, jadi ketika ingin mengakses elarning saat jaringan tidak lancar membuat saya merasa sedikit kesulitan” ujar mahasiswa lainnya. Keluhan mengenai pembelajaran online rata-rata sama seperti yang diungkapkan oleh kedua mahasiswa diatas. Tentunya setiap metode mempunya positif dan negatifnya. Hanya saja sebagai seorang mahasiswa tentu jangan hanya fokus dengan negatifnya saja. Untuk tugas-tugas yang tidak ada notifikasinya, kalian bisa mulai belajar mencatat apa tugas yang diberikan, dan kapan tenggat waktu pengumpulannya, kalian juga bisa mulai rajin membuka website elearningft.unpas.ac.id untuk mengecek ketersediaan tugas, jika mengecek semua matakuliah dilakukan sendiri dirasa berat maka berkerjasamalah dnegan teman-teman sekelas kalian, untuk saling mengecek tugas matakuliah. Jangan salah, kebiasaan mencatat tugas dan tenggat adalah salah satu kebiasaan yang baik, salah satu dampak positifnya adalah apa yang kalian kerjakan jadi lebih terstruktur dan tau prioritas, juga melatih diri kalian sendiri untuk menjadi lebih disiplin. Bagi mahasiswa yang mengalami kendala jaringan ketika akan memulai kuliah online, atau pengumpulan tugas, kalian bisa menghubungi dosen yang bersangkutan, komunikasikanlah apa permaslahannya, agar menemui jalan keluar. Tentunya, dosen Fakultas Teknik UNPAS berusaha mencari jalan keluar yang tidak memberatkan mahasiswa.

Dimana ada dampak negatif pasti ada dampak positif bukan? Nah dampak positif yang bisa kalian temui adalah kalian bisa berkuliah tanpa harus repot-repot rapih duduk dikelas. Kalian bisa menemukan tempat yang nyaman dirumah untuk menjalani kuliah online. Selain itu, disela-sela waktu yang tersedia dirumah kalian bisa menjalani hobby kalian yang mungkin lama tidak kalian nikmati saat sibuk bolak-balik ke kampus. Buatlah waktu kalian di rumah, bukan hanya sekedar menjalani kuliah online, tapi menjalani juga apa yang kalian suka dan bisa dikerjakan dirumah. Salah satu mahasiswi Fakultas Teknik UNPAS mengungkapkan, kuliah online yang sudah dijalani hampir sebulan ini tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Hanya saya tanggapan terbaik mengenai kuliah online ini adalah dengan digunakannya website elearningft.unpas.ac.id yang sederhana dan mudah dipahami, juga diberikan whatsapp grup untuk memudahkan komunikasi anatara mahasiswa dan dosen. Ia pun menyebutkan bahwa meskipun beban tugas yang diberikan dirasa cukup bertambah namun ia berusaha mengubah pola pikirnya untuk dapat lebih belajar mengenai  manajeman waktu dan tidak berlarut dalam zona nyaman. Harapannya pun semoga dirinya dan teman-teman selalu menemukan dampak positif dari belajar online ini.

Dirasa benar bukan, untuk mencari dampak positif dari kuliah online yang sekarang dijalani, dibanding terus menerus mengeluh dan tidak menikmati apa yang dijalankan. Teman-teman mahasiswa harus tahu tentunya, tugas dan kewajiban seorang mahasiswa. Tugas-tugas yang diberikan, serta kesibukan lainnya saat dirumah, harus menjadi bahan pembelajaran untuk mengatur waktu dan tahu mana prioritas yang harus lebih dulu dijalani. Jangan lupa juga komunikasikan jadwal kalian kuliah online dengan orangtua agar mereka paham bahwa kalian dirumah pun masih berperan sebagai mahasiswa yang harus melaksakan kewajiban menunut ilmu. Yuk, mahasiswa Teknik yang katanya kuat-kuat ini harus unjuk gigi juga dong kalau Teknik juga semangat dikuliah online, kalau Teknik itu beneran tangguh dalam kondisi pembeajaran apapun. Semangat ya teman-teman Teknik, semoga kita Kembali berjumpa secepatnya setelah wabah covid-19 ini usai.