LULUS 2020 Selamat untuk Adik-Adik SMA/SMK Sederajat Yang Telah Lulus Sekolah

Sabtu, 2 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional seluruh siswa SMK/SMA sederajat di Indonesia telah menerima pengumuman kelulusan. Mereka menerima kelulusan secara online mengingat Indonesia sedang terdampak pandemi Covid-19 sehingga kegiatan KBM di sekolah-sekolah dirumahkan.

Sebelumnya mereka sudah melakukan Ujian Sekolah secara online di bulan maret di rumah masing-masing dan Ujian Nasional pun ditiadakan. Dan sekarang mereka telah menerima kelulusan melalui pengumuman yang dikirimkan oleh pihak sekolah. Salah satu siswa lulusan dari SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung, M. Defit Aditya menuturkan jika pengumuman yang diterima itu melalui email. “Jadi dari sekolah udah dikasih email yang dibuat sekolah, terus pengumuman kelulusannya dikirim ke email” Jelasnya.

Berbeda dari SMK PU Negeri Bandung, SMA N 1 Kebumen memberikan pengumuman kelulusan siswa melalui Pos. Aulia Faradila yang merupakan lulusan dari SMA N 1 Kebumen menjelaskan “surat kelulusan dikirimkan melalui pos tidak melalui email atau website, tapi untuk ujian sekolah kemarin memang online dan UN juga ditiadakan.”

Mereka juga berbagi cerita tentang kelulusan mereka “Ada senengnya juga ada sedihnya juga. Senengnya UN ditiadakan tapi sedihnya ngga ada perpisahan jadi ngga bisa ketemu temen” Jelas Defit. Tak jauh berbeda dengan Defit, Aulia juga bercerita “Alhamdulillah bisa lulus, tapi sedih karena ngga ada perpisahan. Dua kali jadi penonton perpisahan kakak kelas malah pas angkatan sendiri ngga ada perpisahan. Menurut rencana tanggal 5 Mei akan ada pepisahan, tapi secara daring”.

Selain mereka berdua, banyak siswa-siswi yang mencurahkan isi hatinya melalui status di Facebook, Postingan di Instagram, Story di WhatsApp dan cuitan di Twitter. Bahkan tagar #LulusJalurCorona dan #lulus2020 menjadi trending topic di twitter. Mereka berbagi cerita kesenangan dan kesedihan menerima kelulusan di tahun ini dari dari ujian hingga lulus serba online. Bahkan mereka konvoi dan corat-coret baju sekolah dengan cara online pula.

Setiap kejadian memang akan ada sisi positif dan negatif, ada kesenangan dan kesedihan. Terlepas dari itu semua, kesedihan jangan dijadikan halangan untuk maju. Maju untuk mengejar mimpi ditengan pandemi yang sedang mewabah di bumi pertiwi. Maka dari itu, Fakultas Teknik Unpas siap menerima para siswa yang baru saja lulus untuk tetap mengejar mimpi merka.

Pendaftaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknik Unpas kini sudah memasuki gelombang 2. Ada beberapa jalur penerimaan yaitu jalur test, jalur PMDK/Nilai rapot dan jalur mahasiswa pindahan. Kalian bisa mengakses pendaftaran mahasiswa melalui www.teknik.unpas,ac,id/daftar. Yuk daftar sekarang juga, cukup #darirumahaja untuk #daftarkuliah di Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Karena hanya Universitas Pasundan yang pilihan pasti setiap generasi.