Macam-macam Bahasa Pemrograman

 Bahasa Pemrograma atau Bahasa Komputer adalah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer, yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. Salah satu dari​​ banyaknya bahasa pemrograman yang ada setidaknya wajib dikuasai oleh seorang​​ developer​​ agar dapat membangun sebuah aplikasi atau​​ software.​​ Dalam mambangun sebuah aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi​​ yang akan di buat tersebut.

Tingkatan Bahasa Pemrograman :

  • Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa Pemrograman ini yakni Bahasa Pemrograman yang mendekati bahasa manusia, contoh : Bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, dll.

  • Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa Pemrograman ini yakni Bahasa Pemrogrman yang dapat masuk juga dalam kategori bahasa tingkat tinggi namun tingkat kedekatannya dengan bahasa manusia lebih rendah, contohnya seperti bahasa C

  • Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa Pemrograman ini yakni Bahasa Pemrograman yang​​ masih jauh dari bahasa manusia, Contohnya seperti bahasa Assembly.

Setelah mengetahui tingkatan-tingkatan dalam bahasa pemrograman kita juga harus tau ada berapa macam sih bahasa pemrograman yang ada dan disini saya akan menjelaskan 10 Bahasa Pemrograman​​ yang papling populer menurut The PYPL PopularitY of Programming Language Index, yaitu :

  • Python

Urutan Pertama yang paling populer atau sering digunakan adalah Python dimana python ini sendiri adalah bahasa pemrograman yang dinamis dan mendukung pemrograman​​ berorientasi objek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem informasi.

 

  • Java​​ 

Urutan kedua di tempati oleh bahasa pemrograman JAVA dimana JAVA adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam atau​​ smartphone.​​ Mudahnya dalam pengembangan dan sifatnya yang multiplatform yang menjadi nilai lebih dari JAVA itu sendiri namun penggunaan memory yang cukup tinggi yang membuat perangakat​​ dengan aplikasi berbahasa java harus memiliki spek yang lumayan.

  • Javascript

Javascipt adalah bahasa scripting yang handal dan berjalan pada sisi client, bahasa javascript sendiri populer di internet dan dapat berkerja di sebagian besar web browser seperti​​ Mozilla dan ​​ Opera karena penggunaanya yang lebih interaktif dan dinamis.

  • C#

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak​​ digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

  • PHP

PHP atau PHP Hypertext Pre-Processor merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam​​ pengembangannya.

  • C atau C++

Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada dan masih populer sampai sekarang. Bahasa C sendiri Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan Komputer.

  • R

Bahasa R ini dikenal juga sebagai bahasa GNU S adalah bahasa pemrograman yang diperuntukkan untuk analisis statistika dan grafik. R menyediakan berbagai teknik statistika( pemodelan linier dan non linier) serta grafik.​​ 

  • Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C.

  • Swift

Bahasa Pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Apple inc. Untuk pengembangan aplikasi di dalam​​ platform khusus buatan Apple Inc. Bahasa ini termasuk dalam golongan objek fungsional dan di rancang agar dapat berkerja dengan Objective-C.

  • Matlab

Matlab adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat yang memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritme, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya.

Demikian 10 Bahasa Pemrograman populer dan Penjelasannya masing-masing, anda sudah mengetahui tingkatan-tingkatan dari bahasa pemrograman itu sendiri jadi bahasa pemrograman seperti apa yang akan anda pelajari dan cocok untuk anda gunakan..?

 

Sumber :

http://pypl.github.io/PYPL.html

https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia

http://blog.unnes.ac.id/cihuy/2017/03/06/macam-macam-bahasa-pemrograman-komputer/

https://dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/kelebihan-dan-kekurangan-java

https://www.devaradise.com/id/2014/11/pengertianl-apa-itu-javascript-manfaat-cara-kerja.html

https://id.wikipedia.org/wiki/R_(bahasa_pemrograman)

https://www.codepolitan.com/mengenal-swift-bahasa-pemrograman-untuk-teknologi-apple-589a92b4c2389