Magang dan Internship

Magang dan Internship, Apa Itu?

Pernah dengar Magang ataupun Internship? Sebenarnya Magang dengan Internship sama atau tidak ya? Yuk simak mengenai hal tersebut dibawah ini berdasarkan sumber yang di tulis di https://sepuluhteratas.com/. Ternyata Internship termasuk ke dalam jenis magang.

Lalu apa itu Magang? Menurut sumber https://id.prosple.com/career-planning/pengertian-magang-atau-internship-dan-seluk-beluknya-yang-perlu-kamu-ketahui Magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih berkerja secara langsung pada sebuah perusahaan untuk waktu yang ditentukan oleh perusahaan. Serta perusahaanlah yang berhak memberi tugas dan wajib juga memberikan bimbingan selama magang.

Di akhir waktu magang, mahasiswa akan mendapatkan penilaian dari pihak perusahaan. Kembali ke sumber https://sepuluhteratas.com/, menurut sumber tersebut internship yang termasuk ke dalam jenis magang, namun selain internship ada juga apprenticeship.

Internship sendiri merupakan program yang dilakukan dengan waktu yang cenderung periodenya singkat, biasanya hanya beberapa bulan. Tidak ada kurikulum yang diterapkan pada internship, jadi mahasiswa yang melakukannya bisa mendapatkan tugas apapun.

Perusahaan yang menyelenggarakan internship juga berhak menentukan jenis penugasan. Tujuan dari internship adalah edukasi, maka pelaksanaannya pun fokus untuk memberikan pengalaman kerja.

Lalu Apprenticeship adalah program magang yang pelaksanannya lebih ke teknis. Dan dilakukan seperti sebuah training yang mempunyai dan menerapkan kurikulum.

Setiap penugasan dan latihan yang diberikan dibuat secara terstruktur sesuai dengan kurikulum. Selain itu juga biasa mendapatkan kelas untuk teori praktis. Tujuannya adalah pelatihan kerja terhadap suatu skill yang spesifik untuk posisi ataupun bidang tertentu.

Dan setelah lulus dari program Apprenticeship biasanya akan mendapat sertifikat kompetensi yang sesuai kualifikasi SKKNI.

Internship yang biasanya diikuti oleh Fresh Graduate ataupun mahasiswa memiliki manfaat untuk mendapatkan pengalaman pekerjaan, dan mendapatkan pelatihan pekerjaan langsung di lapangannya.

Sehingga diharapakan pengalaman tersebut akan menjadi bekal ketika bekerja dan membangun karir.