Manfaat Ikut Lomba Bagi Mahasiswa

Hi Engineers!

Menyandang status sebagai mahasiswa tentunya banyak kegiatan positif yang bisa diikuti selama masa perkuliahan. Yang salah satunya yaitu mengikuti kompetisi atau lomba di dalam maupun di luar kampus.

Selain menambah pengetahuan, mengikuti ajang kompetisi juga terdapat manfaat yang bisa menunjang karir mahasiswa ke depannya. Dikutip dari campuspedia.id, berikut beberapa manfaat mengikuti lomba yang bisa kalian dapatkan :

1. Memperbanyak Relasi

Saat mengikuti lomba, tentunya kalian akan bertemu dengan banyak orang baru yang berasal dari jurusan atau bahkan kampus yang berbeda. Kalian juga bisa bertemu dengan tokoh hebat atau praktisi yang berkaitan dengan lomba yang diikuti. Sehingga, kalian bisa saling berkenalan dan berdiskusi mengenai kegiatan lomba ataupun mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan lomba.

2. Menambah List Pengalaman di CV

Ketika menjadi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja, tentunya pengalaman mengikuti lomba dan prestasi yang diperoleh dapat dimasukkan ke dalam daftar pengalaman. Hal ini dapat menjadi nilai tambah dan bahan pertimbangan rekruiter karena selama menjadi mahasiswa, aktif dalam berbagai kegiatan positif yang mendatangkan banyak prestasi.

3. Kesempatan Mendapat Hadiah Lomba

Ketika mengikuti lomba selain mendapat relasi baru dan pengalaman baru, kalian juga berkesempatan memenangkan hadiah dari penyelenggara lomba yang kalian ikuti. Tak jarang, hadiah yang diberikan berupa uang tunai yang tentunya dapat menunjang kebutuhan sebagai mahasiswa.

4. Meningkatkan Skill Kerja Sama dan Kolaborasi

Banyak lomba yang membutuhkan partisipasi anggota dalam kelompok. Dalam proses bersama anggota untuk mengikuti lomba ini tanpa sadar kalian juga mengasah skill kerja sama dan kolaborasi dalam tim.

5. Meningkatkan Pengetahuan dan Potensi Diri

Sebelum mengikuti lomba, tentunya banyak hal yang harus disiapkan. Seperti mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan lomba sehingga dapat memperluas pengetahuan mengenai lomba yang akan diikuti. Kalian juga dapat menemukan potensi diri kalian ketika mengikuti perlombaan. Mencari apa kelebihan diri serta memahami diri sehingga dapat mengetahui kemampuan diri sendiri untuk lebih dikembangkan lagi.

Itulah manfaat-manfaat dari mengikuti lomba yang bisa kalian peroleh. Jadi, kalian sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengikuti lomba. Bagi kalian yang masih ragu untuk mengikuti lomba karna kurangnya pengetahuan, tenang jangan khawatir. Perbanyaklah diskusi dengan teman dan dosen untuk mendapatkan informasi dan menambah kepercayaan diri mengikuti lomba.

Sumber : campuspedia.id