Mau Kuliah? 7 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Meta Deskripsi : Kamu lagi cari tempat kuliah keren, punya fasilitas lengkap, dan pengajar yang mumpuni? Masuk ke universitas swasta terbaik di Indonesia ini saja.

 

Siapa bilang, Perguruan Tinggi Negeri menjadi satu-satunya jalan menuju kemapanan? Kampus tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Justru, cara kamu memanfaatkan kesempatan semasa kuliah lah yang menentukan keberhasilan. Jadi, tak perlu ragu memilih universitas swasta sebagai tempat mengenyam pendidikan.

Nah, sebagai referensi, berikut ini ada tujuh universitas swasta terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Yuk, simak!

 

     1. Universitas Islam Indonesia

Berdiri sejak Juli 1945, Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Selama hampir 74 tahun, kampus berbasis Islam ini melahirkan tokoh-tokoh besar di Nusantara. Salah satunya adalah Mahfud MD yang pernah menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Persatuan Nasional.

Lahirnya tokoh besar dari UII tentu didukung oleh sistem pendidikan yang baik di perguruan tinggi ini. Semisal, dalam hal afiliasi dengan lembaga bergengsi di luar negeri, UII menggandeng FUIW,FIMA, SEAAIR, American Biographical Institute, dan ACICIS.

Dari segi fasilitas, UII memiliki perpustakaan yang mengoleksi lebih dari 250 buku berkualitas. Selain itu, UII juga menyediakan pondok pesantren, Jogja International Hospital, dan Apotek Polifarma. Bahkan, di Apotek Polifarma terdapat layanan dokter umum.

Mengenai fakultas, UII menawarkan 9 fakultas dengan 49 jurusan. Salah satu fakultas merupakan kelas internasional. Di dalamnya terdapat jurusan Industrial Engineering, Business and Economics, dan Law

 

     2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Kamu ingin kuliah gratis di universitas swasta terbaik? Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (Unika Atma Jaya) menyediakan beasiswa hingga 100 persen untuk calon mahasiswa. Tentunya, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kamu harus memiliki prestasi.

Segudang prestasi pun diraih oleh Unika Atma Jaya Jakarta; salah satunya SNI Award Kategori Emas selama tiga tahun berturut-turut sampai 2017. Di samping itu, Unika Atma Jaya masuk dalam kelompok universitas prestise versi QS University Ranking.

 

     3. Universitas Telkom (Tel-U)

Kamu punya cita-cita bekerja di PT Telekomunikasi Indonesia? Berarti harus belajar dulu di Universitas Telkom (Tel-U). Kampus ini berdiri di bawah bendera PT Telekomunikasi Indonesia. Visi utamanya adalah menjadi research and entrepreneurial university di tahun 2023.

Visi tersebut secara bertahap dicapai dengan sejumlah prestasi yang diraih Tel-U. Misalnya, tahun 2018 lalu, Tel-U berhasil memperoleh akreditasi internasional untuk dua program studi.

 

     4. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta

Jika kamu berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, Unika Atma Jaya Yogyakarta bisa menjadi pilihan. Kampus yang berdiri sejak tahun 1973 ini memiliki fasilitas lengkap, dosen mumpuni, serta program sarjana, magister, dan sarjana kelas internasional.

 

     5. Universitas Katolik Parahyangan

Tahukah kamu, Unika Parahyangan kerap melahirkan public figure di tanah air? Mulai dari Dee Lestari, Tulus, hingga artis Olga Lydia. Semua itu tak terlepas dari peran Unika Parahyangan yang serius mendidik para mahasiswanya.

Untuk menunjang pendidikan, Unika Parahyangan menyediakan fasilitas perpustakaan, beasiswa, hingga pusat pengembangan karier. Sementara fasilitas lainnya, kampus ini memiliki bank, ATM, kantor pos, dan teknologi informasi yang canggih.

 

     6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Masuk ke kota apel, kamu akan menemukan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan gedung putih yang khas. Lokasi UMM berada di Jalan Bandung, Jalan Bendungan Sutami, dan Jalan Raya Tlogomas.

Ada 10 fakultas, 3 program studi diploma, dan 38 program studi strata 1 yang bisa kamu pilih di UMM. Tidak hanya itu, UMM juga menyediakan 11 program studi magister, program doktor, serta profesi.

 

     7. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kesempatan kuliah di luar negeri atau mengikuti pertukaran mahasiswa bisa kamu dapatkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Untuk program Student Exchange, UMS menggandeng berbagai negara di dunia, seperti Malaysia, Filipina, Sudan, USA, Rumania, Jepang, serta Polandia.

Jika kamu tertarik kuliah di UMS, daftar langsung ke kampusnya di Jalan A. Yani, Pabelan, Kartasura. Kampus ini menyediakan 12 fakultas untuk jenjang strata 1 dan 10 program pascasarjana.

 

Universitas swasta terbaik di Indonesia senantiasa meningkatkan mutu pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara. Sudah selayaknya, kamu merasa bangga ketika memilih kuliah di sana.