Mau Lolos SBMPTN tanpa Bimbel? Terapkan 6 Tips Berikut

Masuk universitas idaman tanpa bimbel bukan hal mustahil. Ini tips SBMPTN yang wajib kamu terapkan.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) agaknya menjadi momok bagi hampir setiap murid yang berencana melanjutkan studi di universitas. Ini wajar, kok. Bayangkan kamu harus bersaing dengan ratusan ribu peserta untuk memperebutkan kursi yang kuotanya sangat terbatas.
Demi bisa kuliah di kampus idaman itulah banyak murid yang rela ikut bimbel khusus persiapan SBMPTN. Namun, nggak ikut bimbel bukan berarti nggak lolos tes, lho. Berikut beberapa tips SBMPTN yang wajib kamu terapkan jika ingin sukses dalam ujian nanti.
1. Belajar Soal-Soal Tahun Lalu
Tipe soal SBMPTN cenderung sama dari tahun ke tahun, maka jangan malas untuk mempelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Ingat, belajar soal dulu, BUKAN belajar teori. Kenapa? Kamu perlu mengukur tingkat kesulitan soal dan mengetahui sejauh mana kesiapanmu.
Mendapatkan soal-soal SBMPTN tahun lalu bukan hal yang susah, kok. Selain membeli buku bank soal, kamu juga bisa mencarinya di website-website pendidikan. Tidak hanya gratis, koleksinya juga lengkap.

2. Fokus Belajar dan Pasang Target

kesehatanku.my.id

SBMPTN tidak sama dengan UN yang tanpa saingan. Jangan sampai cita-citamu kuliah di kampus favorit kandas begitu saja hanya karena kamu malas dan tidak fokus. Kuncinya, persiapkan semuanya dengan matang sejak jauh-jauh hari.
Persiapan idealnya dilakukan minimal 6 bulan menjelang jadwal pelaksanaan SBMPTN, bukan justru sebulan apalagi seminggu sebelumnya. Jangan lupa, buat target belajar yang realistis agar jadwal belajarmu lebih terstruktur. Selain itu, fokuslah dengan target yang sudah kamu buat.
Kebanyakan peserta SBMPTN gagal karena kurang serius mempersiapkannya. Coba mulai kurangi kegiatan yang tidak begitu penting, misalnya jalan-jalan dan nonton anime seharian; manfaatkan waktunya untuk belajar.

3. Pelajari Konsep, Bukan Menghafal
Penasaran kenapa banyak murid pintar justru gagal saat ujian masuk? Yup, mereka belajar dengan menghafal. Padahal, soal SBMPTN dirancang untuk menguji kekritisan nalar serta pemahaman kontekstualmu akan ilmu sains dan sosial.
Bersiap-siaplah untuk gagal kalau kamu sendiri masih mengandalkan cara lama dengan menghafal teori tanpa melihat garis besar dan perspektif ilmu itu sendiri. Jadi sebelum terlambat, ubah metode belajarmu sekarang juga.

4. Latihan Soal Sebanyak Mungkin

ruangmahasiswa.com

Keasyikan mendalami teori memang sering kali bikin peserta lupa berlatih mengerjakan soal. Selalu imbangi teori yang sudah kamu pelajari dengan mengerjakan soal-soal sebanyak mungkin, ya.
Cara ini akan membantumu “meraba” jenis soal seperti apa yang sekiranya akan diujikan nanti. Ibaratnya, buat apa keseringan mengumpulkan resep masakan kalau praktikmu sendiri nol besar?

5. Ikut Try Out
Tips SBMPTN berikutnya yang nggak boleh dilewatkan adalah mengikuti try out—bisa secara mandiri atau try out berbayar yang diselenggarakan lembaga-lembaga kursus. Untuk yang ini, kamu lebih disarankan ikut try out lembaga agar lebih mantap dalam mengerjakan.
Try out tidak hanya bertujuan menguji sejauh mana kemampuan dan kesiapanmu dalam menghadapi SBMPTN, tetapi juga mempersiapkan fisik dan psikismu agar tak kaget saat ujian sebenarnya berlangsung. Kenapa? Suasana try out pasti dirancang mirip dengan ujian SBMPTN yang sesungguhnya.

6. Evaluasi Kelemahan

hastagcampus.com

Meski merasa sudah belajar dengan maksimal, jangan mudah puas dengan progres dan hasilnya—apalagi kamu mempersiapan ujian tanpa mengikuti bimbel. Cara terbaik adalah dengan mengevaluasi kelemahan lewat soal-soal.
Dari semua soal yang sudah kamu kerjakan, berapa banyak yang masih salah? Di situ kamu bisa mengetahui materi mana saja yang belum dimengerti dengan baik. Nah, selanjutnya kamu bisa menjadikan hasil evaluasi sebagai bahan belajar sampai betul-betul paham.

Ya, tak ikut bimbel bukan alasan untuk tidak bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi negeri. Dengan tips SBMPTN di atas, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan cita-citamu. Semoga membantu, ya!