Mengenal Jurusan Kuliah untuk Program IPA dan IPS

Mengenal jurusan kuliah dengan baik akan memudahkan Anda memilih program studi yang tepat saran.

 

Memilih jurusan kuliah harus dilakukan dengan benar karena menentukan masa depan dari seseorang. Kalau Anda sudah salah menentukan jurusan kuliah sejak awal, kesulitan akan bermunculan satu per satu. Bisa jadi Anda jadi malas kuliah atau hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Nah, agar Anda tidak salah jalan dan masuk jurusan yang benar-benar tepat, kenali masing-masing jurusan yang menjadi incaran. Pahami jurusan-jurusan kuliah dan penjelasannya di bawah ini termasuk peluang kerja yang bisa didapatkan.

Jurusan Kuliah IPA

Jurusan kuliah di bawah ini cocok untuk Anda yang sejak SMA mengambil konsentrasi IPA atau yang saat berada di SMA mengambil fokus pada jurusan teknik.

 

  • 1

    Pendidikan Dokter

    Pendidikan Dokter atau lebih sering disebut dengan Kedokteran adalah salah satu jurusan paling diminati di Indonesia. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana mencegah penyakit, mengobati penyakit, dan melakukan perawatan medis.

    Kedokteran juga mempelajari anatomi, jenis penyakit, otot, saraf, dan mengetahui berbagai jenis obat dan tindakan medis. Setelah mempelajari semua dasar Ilmu Kedokteran, konsentrasi akan dilakukan. Misal konsentrasi kesehatan anak, penyakit dalam, kelamin, hingga mata.

    Peluang pekerjaan: Dokter di klinik pemerintah atau swasta, dokter di klinik sendiri setelah mendapatkan izin praktik, dan praktisi kesehatan atau peneliti.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro.

  • 2

    Farmasi

    Secara umum jurusan Farmasi akan mempelajari hal-hal berbau dengan obat mulai dari klasifikasi, fungsi, hingga menganalisis kandungan dari berbagai macam obat yang sudah pernah dibuat.

    Pada kompetensi khusus, meracik obat dengan formulasi tertentu juga akan dilakukan agar bermanfaat untuk penderita penyakit tertentu.

    Peluang pekerjaan: Apoteker, peneliti di perusahaan obat atau lembaga pemerintah, dan konsultan obat dan kosmetik.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin.

  • 3

    Ilmu Gizi

    Jurusan Ilmu Gizi mempelajari banyak hal terkait dengan makanan dan hubungannya dengan manusia. Selain itu hubungan gizi dengan pertanian, industri, dan sosial budaya juga menjadi fokus dari jurusan ini.

    Jurusan Ilmu Gizi juga mempelajari pertumbuhan, nutrisi seimbang untuk setiap manusia hingga mengatur nutrisi dalam diet. Apa saja terkait dengan makanan dan efeknya pada tubuh manusia dipelajari dalam jurusan Ilmu Gizi.

    Peluang pekerjaan: Konsultan gizi di klinik atau rumah sakit, perusahaan pangan sebagai analis, ahli diet, dan membuka bisnis makanan sehat.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada.

  • 4

    Statistika

    Statistika adalah jurusan yang berhubungan erat dengan angka. Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini akan lebih banyak berfokus pada perencanaan, mengumpulkan data, analisis data, mengambil keputusan dari hasil analisis yang dilakukan.

    Jurusan ini mempelajari analisis berbasis data di berbagai bidang ilmu sehingga cocok ditempatkan di mana saja.

    Peluang pekerjaan: Perbankan, perusahaan besar, lembaga statistik, dan manufaktur.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  • 5

    Arsitektur

    Jurusan Arsitektur mempelajari bagaimana mendesain sebuah bangunan atau infrastruktur. Dalam mendesain ada beberapa unsur yang harus dipelajari mulai dari unsur kekuatan bangunan, bahan yang digunakan, estetika, hingga fungsinya.

    Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai desain bangunan, memiliki ketelitian, senang melakukan analisis, dan riset yang cukup mendalam sebelum mewujudkannya menjadi sebuah gambar.

    Peluang pekerjaan: arsitek, konsultan desain, dan bekerja di perusahaan konstruksi.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin.

  • 6

    Teknik Informatika

    Teknik Informatika berhubungan erat dengan rekayasa perangkat lunak. Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari bagaimana membuat ide, menganalisis, mengembangkan menjadi produk, dan melakukan uji coba berkali-kali hingga berhasil.

    Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai komputer dan hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak. Mahasiswa dengan karakteristik senang menganalisis, memperhatikan detail, rasional, melakukan riset mendalam, hingga suka melakukan uji coba cocok untuk jurusan ini.

    Peluang pekerjaan: pengembang perangkat lunak, ahli IT di perusahaan, konsultan IT, konsultan keamanan, dan ahli jaringan.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Diponegoro.

  • 7

    Teknik Elektronika

    Teknik Elektronika memiliki cakupan luas dari apa yang dipelajari dan konsentrasi yang nantinya diambil. Namun, secara umum jurusan ini mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan listrik, alat listrik, distribusi, sistem jaringan dan pemanfaatannya.

    Jurusan ini juga memiliki konsentrasi dalam bidang komputer dan telekomunikasi. Jurusan ini cocok untuk mereka yang teliti, memiliki pikiran terstruktur, dan bisa melakukan analisis dengan akurat. Oh ya, jurusan ini juga mempelajari pembuatan perangkat keras termasuk membuat mesin dan robot.

    Peluang pekerjaan: ahli teknik listrik, ahli teknik elektronika, ahli robotik, dan pengembang di perusahaan alat elektronik.

    Kampus dengan jurusan ini: TELKOM University, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Trisakti.

  • 8

    Teknik Penerbangan

    Jurusan Teknik Penerbangan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengoperasian pesawat baik di atmosfer atau di antariksa. Segala sesuatu mulai dari analisis, perancangan, pembuatan, hingga pengoperasian dipelajari semuanya di sini.

    Jurusan Teknik Penerbangan ini cocok untuk mereka yang suka sekali dengan dunia pesawat baik komersial hingga pesawat luar angkasa. Hal yang dibutuhkan kalau ingin masuk dan menjalani kuliah dengan baik di jurusan ini adalah mampu menganalisis, mendesain, dan selalu teliti dalam berbagai hal.

    Peluang pekerjaan: mekanik pesawat, perancang pesawat, mekanik pesawat antariksa, dan bekerja di maskapai penerbangan seluruh dunia.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Negeri Bandung, ATKP Medan, ATKP Makassar.

  • 9

    Teknik Pertambangan

    Sebagai salah satu negara dengan sumber tambang yang sangat besar, jurusan Teknik Pertambangan cukup diminati di Indonesia. Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana melakukan eksplorasi dan eksploitasi tambang saja. Menganalisis lahan, memeriksa barang tambang, pengambilan, pengolahan, hingga pengangkutan juga dipelajari di jurusan ini.

    Teknik Pertambangan hampir sama dengan Teknik Perminyakan meski lingkupnya lebih luas. Mereka yang masuk jurusan ini harus pandai menganalisis data hingga dampak lingkungan dan sosial ekonomi. Selain itu kemampuan memecahkan masalah dan bekerja sama dengan tim juga dibutuhkan dalam jurusan ini.

    Peluang pekerjaan: pekerja tambang khusus di bidang teknik dan analisis, konsultan perusahaan tambang, dan bekerja di BUMN yang berfokus pada tambang.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Universitas Mulawarman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin.

  • 10

    Teknologi Pangan

    Jurusan Teknologi Pangan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan produksi makanan. Apa saja dipelajari mulai dari bahan baku, teknik pengolahan, menganalisis hasil, hingga mempertimbangkan komponen nutrisi dari makanan serta peluang ada atau tidaknya efek samping.

    Selain mempelajari proses pembuatan makanan, jurusan ini juga menganalisis peran dari makanan dalam ekonomis, sosial budaya, hingga psikologi. Jurusan ini juga melakukan inovasi pada jenis makanan tertentu agar bisa memiliki nilai jual tinggi dan tetap aman.

    Peluang pekerjaan: perusahaan pangan, laboratorium pangan, ahli quality control, dan ahli diet.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran.

  • 11

    Ilmu Keperawatan

    Ilmu Keperawatan mempelajari bagaimana cara melakukan perawatan yang baik pada pasien. Hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan masyarakat dipelajari di sini dengan baik. Setiap materi yang diberikan selalu didahului dengan teori lalu dilanjutkan dengan praktik langsung di klinik kesehatan.

    Saat ini Jurusan Ilmu Keperawatan lebih banyak membuka jurusan D3 yang menekankan praktik. Selanjutnya kalau ingin melanjutkan S1 bisa dilakukan termasuk mengambil gelar profesi Ners.

    Peluang pekerjaan: perawat di berbagai klinik kesehatan, perawat anak, perawat orang tua, dan perawatan khusus kesehatan jiwa

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Udayana.

  • 12

    Bioteknologi

    Bioteknologi mempelajari rekayasa makhluk hidup khususnya tumbuhan dan hewan untuk skala besar. Hal-hal yang dipelajari dari jurusan ini mencakup teknik fermentasi, rekayasa genetika, pengembangan enzim, dan mempelajari mikroorganisme yang bermanfaat untuk masyarakat.

    Peluang pekerjaan: laboratorium pangan, perusahaan pangan, perusahaan perkebunan dan pertanian, dan industri farmasi serta kosmetik.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Surabaya, Universitas Pelita Harapan, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  • 13

    Agroteknologi

    Jurusan Agroteknologi mempelajari bagaimana cara mengembangan tanaman dengan baik menggunakan teknologi terbaru. Pengembangan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memiliki daya guna yang bisa dimanfaatkan banyak orang.

    Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana menggunakan alat pertanian saja. Namun, juga mempelajari analisis sebelum menanam, mengolah hasil, dan mempertimbangkan masalah ternak.

    Peluang pekerjaan: bekerja di perusahaan pertanian, hortikultura, laboratorium pengembangan tumbuhan, perusahaan pangan, dan ahli tanaman.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran.

  • 14

    Astronomi

    Astronomi mempelajari benda langit dan menganalisis pergerakannya. Jurusan ini tidak hanya mempelajari pergerakan bintang dan planet saja, tapi juga melakukan ilmu fisika secara lebih nyata.

    Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai benda langit dan mempelajari pergerakannya. Dari setiap analisis yang dilakukan, ketelitian dibutuhkan sehingga jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk selalu jeli dan mengamati detail dengan sempurna.

    Peluang pekerjaan: peneliti di lembaga antariksa dan astronom.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung.

  • 15

    Teknik Lingkungan

    Teknik Lingkungan menitikberatkan materi pada pengelolaan lingkungan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dari masyarakat. Hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan limbah, mencegah pencemaran, hingga konservasi air dilakukan dengan cermat agar bermanfaat untuk banyak orang.

    Teknik Lingkungan termasuk jurusan baru yang ada di Indonesia. Meski demikian prospek kerja dan peluang yang diberikan membuat banyak kampus negeri dan swasta membuka jurusan ini.

    Peluang pekerjaan: semua jenis industri yang membutuhkan AMDAL khususnya pertambangan, perusahaan pangan, dan perusahaan manufaktur.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin.

  • 16

    Biokimia

    Biokimia adalah jurusan baru yang sebelumnya dipelajari di Kedokteran dan Kimia. Mereka yang masuk ke dalam jurusan ini akan mempelajari banyak hal yang hubungan dengan reaksi kimia dalam makhluk hidup. Hal-hal terkait dengan metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat juga dipelajari di program studi ini.

    Peluang pekerjaan: perusahaan farmasi, perusahaan pangan, dan ahli biokimia.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Jakarta, Sampoerna University, Universitas Airlangga.

  • 17

    Teknik Industri

    Teknik Industri mempelajari hal-hal berbau dengan manajemen dan produksi dari suatu produk. Proses perencanaan, pembuatan, uji coba, hingga penjualan juga dibahas. Singkatnya jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana membuat barang saja, tapi juga memasarkan agar mendapatkan keuntungan.

    Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai teknik khususnya pembuatan produk. Selain itu mereka yang suka melakukan manajemen mulai dari perencanaan hingga pemasaran juga cocok untuk masuk jurusan Teknik Industri.

    Peluang pekerjaan: perusahaan yang memproduksi barang, perancang barang, pengembang produk, dan pengawas atau konsultan produk industri.

    Kampus dengan jurusan ini: University Indonesia, Telkom University, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  • 18

    Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

    Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ini sedikit berbeda dengan Teknik Arsitektur. Kalau Teknik Arsitektur memiliki komponen estetika, jurusan Planologi lebih mengedepankan pada dampak sosial, ekonomi, dan politik. Perencanaan harus mempertimbangkan banyak hal khususnya kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

    Banyak hal yang harus dipelajari dari jurusan ini mulai dari bagaimana mengatur kota, perkantoran, menata jalan hingga masalah kemacetan dan kepadatan.

    Peluang pekerjaan: konstruksi bangunan, perancang wilayah kota, konsultan pembangunan perumahan, ahli peta, dan surveyor.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin.

  • 19

    Teknik Fisika

    Teknik Fisika mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan gejala fisika dan pengaplikasian dalam bidang teknologi dan juga teknik. Jurusan ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, konstruksi, dan manajemen dari alat berat. Selanjutnya hal-hal teknik dalam industri juga dipelajari hingga detail.

    Peluang pekerjaan: ahli di perusahaan teknik, konsultan perusahaan rekayasa, peneliti, dan dosen.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Telkom University.

  • 20

    Teknik Kimia

    Teknik Kimia mempelajari bagaimana sebuah bahan bisa diolah secara kimia atau biokimia untuk menghasilkan produk yang menguntungkan. Pengolahan ini bisa dalam bentuk campuran, reaksi, atau cara lain yang mampu menghasilkan produk dengan nilai jual cukup tinggi.

    Berbagai produk yang dihasilkan dengan proses kimiawi ini nantinya bisa dipakai secara langsung atau jadi bahan baku industri. Jurusan ini cocok untuk mereka yang suka melakukan eksperimen dan melakukan analisis guna mendapatkannya produk terbaik.

    Peluang pekerjaan: bekerja sebagai peneliti di industri pangan, pupuk, semen, kertas, barang tambang, peneliti, dan konsultan.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya.

 

Jurusan Kuliah IPS

Jurusan kuliah di bawah ini cocok untuk Anda yang mengambil jurusan IPS atau Bahasa saat SMA dan mengambil jurusan sosial di SMK.

 

  • 1

    Ilmu Komunikasi

    Ilmu Komunikasi tidak hanya mempelajari bagaimana cara berbicara atau melakukan komunikasi dengan benar saja. Jurusan ini juga mempelajari bagaimana cara melakukan komunikasi dengan orang lain, dengan kelompok, menggunakan media tulisan, hingga gambar dan video. Segala hal yang berhubungan dengan penyampaian pesan dipelajari di sini.

    Jurusan ini termasuk induk dari beberapa jurusan seperti Penyiaran dan Jurnalistik. Jadi, tidak mengherankan kalau Ilmu Komunikasi juga mempelajari bagaimana melakukan proses penyampaian informasi termasuk melakukan framing dari berita atau informasi.

    Peluang pekerjaan: Humas, konsultan komunikasi, copywriter, penulis berita, penyiar, ahli media, dan konsultan perusahaan dalam hal promosi.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Sriwijaya.

  • 2

    Administrasi Bisnis

    Administrasi Bisnis mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan perusahaan atau perniagaan. Kegiatan seperti pemasaran, pengelolaan keuangan, hingga manajemen SDM dalam bisnis juga dipelajari hingga detail. Selain itu, pengelolaan sarana dan prasarana di perusahaan hingga menciptakan produk sekali pun juga dipelajari dari awal hingga akhir.

    Jurusan ini cocok untuk mereka yang ingin mempelajari bisnis lebih mendalam. Tidak hanya tentang cara menjual barang dengan baik saja. Hal-hal terkait dengan pengelolaan hingga jeroan dari perusahaan juga akan dipelajari dengan detail. Jurusan ini cocok untuk siapa saja yang sangat teliti pada suatu hal dan memiliki pemikiran berjenjang serta terstruktur.

    Peluang pekerjaan: memiliki dan membuat bisnis sendiri, semua kantor atau perusahaan, ahli dalam pemasaran, dan ahli dalam tata kelola perusahaan.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Politeknik Negeri Jakarta.

  • 3

    Perpajakan

    Perpajakan atau Administrasi Fiskal adalah salah satu jurusan yang memiliki fokus pada bidang pengelolaan pajak dan penghitungannya. Masuk ke jurusan ini akan membuat Anda mempelajari berbagai jenis pajak yang ada di Indonesia, aturan pajak, penghitungan pajak, dan hal-hal terkait dengan pajak lainnya termasuk di dalamnya permasalahan yang sering terjadi.

    Masuk ke jurusan ini tidak hanya akan mempelajari cara menghitung saja. Ada banyak hal yang dipelajari termasuk melihat pajak dari berbagai pandangan seperti sosial, ekonomi, hingga bidang hukum. Jurusan ini cocok untuk mahasiswa yang teliti, suka melakukan analisis, dan kritis dalam hal khususnya masalah perpajakan yang terjadi di Indonesia.

    Peluang pekerjaan: konsultan pajak independen, konsultan pajak dari perusahaan swasta, akuntan, dan konsultan bisnis.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lambung Mangkurat.

  • 4

    Hubungan Internasional

    Seperti namanya, Hubungan Internasional adalah jurusan kuliah yang mempelajari relasi antara dua negara atau lebih. Relasi ini tidak hanya dalam bentuk diplomasi saja, tapi juga dalam hal konflik, kesejahteraan, dan keamanan. Apa saja yang menyangkut harkat hidup orang banyak di suatu negara dan beberapa zona negara akan dipelajari.

    Hubungan Internasional juga mempelajari hukum yang berlaku di seluruh dunia. Mempelajari karakteristik suatu negara dan petingginya juga dipelajari. Dengan mempelajari hal-hal seperti ini kemungkinan melakukan negosiasi bisa berjalan dengan lancar. Analisis dari banyak hal bisa dilakukan sebelum mengambil keputusan.

    Oh ya, jurusan ini cocok untuk mereka yang ahli sekali dalam berkomunikasi khususnya dengan orang yang berasal dari negara yang berbeda. Kemampuan bahasa asing, analisis, dan ketelitian sangat dibutuhkan kalau ingin masuk jurusan ini.

    Peluang pekerjaan: diplomat, duta besar, bekerja di kantor pemerintah khusus urusan luar negeri, konsulat jenderal di beberapa negara, wartawan, peneliti, dan bekerja di lembaga internasional baik komersial atau nirlaba.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro.

  • 5

    Hukum

    Jurusan Hukum atau Ilmu Hukum mempelajari semua hal terkait dengan hukum dan aplikasinya secara langsung. Mahasiswa akan mempelajari banyak hal terkait dengan kasus hukum, menganalisis peluang pelanggarannya, dan pengaplikasian UU dalam KUHP. Beberapa mahasiswa dari jurusan ini juga disarankan menghafal beberapa jenis pasal yang sesuai dengan bidang konsentrasinya.

    Karena jurusan hukum tidak melulu berhubungan dengan hafalan pasal saja, praktik di lapangan kerap dilakukan. Praktikum ini dilakukan dengan magang di Kejaksaan, Kantor Pengacara, atau lembaga yang mengatur masalah legal dan perizinan. Praktik langsung di lapangan ini bertujuan untuk membinasakan mahasiswa kalau kelak berhadapan langsung dengan kasus hukum.

    Peluang pekerjaan: pengacara, jaksa, ahli hukum, konsultan hukum dari perusahaan, bekerja sebagai legal di lembaga keuangan, pegawai di kantor pemerintah.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin.

  • 6

    Desain Komunikasi Visual

    Selain Ilmu Komunikasi, jurusan Desain Komunikasi Visual juga yang paling banyak peminatnya. Jurusan ini mempelajari komunikasi yang dilakukan melalui beberapa media. Informasi yang penting dibuat sedemikian sehingga bisa diaplikasikan ke gambar, video, animasi, atau bentuk digital atau cetak lainnya.

    Jurusan ini juga mempelajari tentang fotografi, videografi, hingga membuat desain 2D dan 3D. Beberapa konsentrasi jurusan ini juga menggabungkan elemen seni dan juga sastra menjadi sebuah karya atau produk.

    Desain Komunikasi Visual cocok untuk mahasiswa yang hobi sekali membuat inovasi. Selain itu kemampuan desain dan juga telaten dalam menciptakan suatu produk juga akan menjadi modal utama.

    Peluang pekerjaan: desainer grafis di semua perusahaan, desainer produk, desainer komik atau animasi, fotografer, dan kru di industri film.

    Kampus dengan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Institusi Seni Indonesia.

  • 7

    Psikologi

    Jurusan kuliah Psikologi mempelajari tentang pikiran dan perilaku dari manusia. Analisis tentang perilaku individu hingga masyarakat juga akan diajarkan untuk membantu penyelesaian masalah. Jurusan Psikologi juga mempelajari bagaimana suatu masalah memengaruhi seseorang hingga akhir memunculkan aksi tertentu.

    Jurusan ini biasanya memiliki beberapa jenis konsentrasi seperti Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri, dan Psikologis Pendidikan. Di beberapa kampus, jurusan Psikologi ini ada yang masuk ke jurusan Sosial Hukum dan ada juga yang Sains.

    Peluang pekerjaan: psikolog, ahli perekrutan pegawai, humas, peneliti dan negosiator atau konsultan terkait masalah psikologi.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran.

  • 8

    Akuntansi

    Jurusan Akuntansi mempelajari hal-hal terkait dengan pengelolaan uang dengan sangat mendetail. Mahasiswa akan mempelajari asal yang datang, utang, piutang, hingga pengaplikasiannya dalam bisnis kecil dan juga besar. Semua bidang usaha atau perusahaan membutuhkan lulusan Jurusan Akuntansi agar keuangan perusahaan berjalan dengan baik.

    Jurusan Akuntansi mengedepankan ketelitian. Mahasiswa yang masuk jurusan ini harus jeli dalam menghitung dan melakukan analisis terkait dengan masalah atau transaksi. Selain itu, belajar di jurusan ini juga membuat mahasiswa harus mempelajari aneka manajemen mulai dari uang hingga industri.

    Peluang pekerjaan: akuntan di semua perusahaan baik dalam dan luar negeri, konsultan keuangan, bank, dan lembaga yang melakukan audit.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Politeknik Negeri Jakarta.

  • 9

    Manajemen Perhotelan

    Manajemen Perhotelan tidak hanya menyiapkan mahasiswa agar bisa bekerja di hotel saja. Ada banyak hal yang akan dipelajari mulai dari pengelolaan hotel, perencanaan anggaran, pengadaan barang, pengaturan pegawai, hingga rencana lain kalau ingin membuat produk layanan baru di hotel.

    Meski tidak mempelajari langsung masalah makanan, jurusan ini juga harus tahu tentang tata kelola makanan di restoran hotel. Selain itu layanan kamar, layanan front office, hingga masalah komunikasi dengan pelanggan juga menjadi materi kuliah. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka berhubungan dengan banyak orang dan memberikan layanan atau jasa.

    Peluang pekerjaan: manajer hotel, konsultan layanan hotel, konsultan perjalanan wisata, dan berbagai bidang terkait pariwisata.

    Kampus dengan jurusan ini: Politeknik Negeri Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana.

  • 10

    Sastra Inggris

    Jurusan Sastra Inggris tidak hanya mempelajari masalah sastra dalam bentuk novel, puisi, atau cerpen saja. Jurusan ini juga menganalisis teks dengan acuan atau teori tertentu. Selanjutnya ada materi tentang linguistik dan tata cara menulis teks dengan benar hingga menjadi sebuah karya.

    Jurusan Sastra Inggris ini memiliki banyak peminat karena jenis bahasa yang dipelajari termasuk bahasa terpenting. Masuk ke jurusan Sastra Inggris juga memudahkan mahasiswa dalam mencari kerja karena secara komunikasi hingga tekstual mampu mengaplikasikan Bahasa Inggris dengan baik.

    Peluang pekerjaan: penerjemah tersumpah, interpreter, editor, copywriter, wartawan, dan bekerja di kantor dengan kultur Bahasa Inggri baik dalam atau luar negeri.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia.

  • 11

    Penyiaran

    Penyiaran adalah salah satu jurusan yang sebenarnya cabang dari Ilmu Komunikasi. Namun, pada beberapa kampus, jurusan ini dibuat berdiri sendiri agar lebih berfokus pada satu materi utama saja.

    Dalam jurusan penyiaran, mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara membuat ide menjadi sebuah tampilan yang mengesankan. Ide harus dibuat menjadi lebih berkesan dan memiliki nilai jual tinggi. Dalam pengemasan ide ini seseorang harus mampu memasukkan nilai tertentu agar bisa dinikmati oleh khalayak.

    Peluang pekerjaan: bekerja di stasiun TV, wartawan, memiliki usaha penyiaran, konsultan acara, director di berbagai acara, hingga manajer penyiaran.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro.

  • 12

    Ekonomi Pembangunan

    Ekonomi Pembangunan mempelajari apa saja terkait dengan pembangunan di Indonesia dan dunia. Jurusan ini juga mempelajari perencanaan, analisis, dan pembangunan dari berbagai bidang termasuk perdagangan, industri, perbankan, dan sektor lain yang memiliki peranan besar dalam menyokong ekonomi dari suatu negara.

    Jurusan Ekonomi juga mempelajari masalah ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Selanjutnya dibuat analisis agar menciptakan solusi terbaik yang bermanfaat untuk negara dan masyarakat yang ada di dalamnya.

    Peluang pekerjaan: akuntan, analisis ekonomi, konsultan perusahaan, bekerja di perusahaan swasta dalam dan luar negeri, dan bekerja di BUMN atau kantor pemerintah.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro.

  • 13

    Pendidikan Guru

    Pendidikan Guru adalah jurusan yang mempelajari cara-cara mengajarkan suatu materi pada peserta didik. Jurusan ini terbagi lagi menjadi cukup banyak cabang. Khusus untuk jurusan IPS ada pendidikan untuk Guru TK, Guru SD, Sosiologi, Sejarah, hingga guru materi olahraga dan pendidikan inklusi atau luar biasa.

    Secara materi apa yang dipelajari pada jurusan pendidikan ini hampir sama dengan jurusan murni. Yang membedakan hanyalah materi pendidikan termasuk bagaimana memberikan materi dengan baik, teknik penyampaian materi, dan metode-metode pengajaran lainnya.

    Peluang pekerjaan: guru di sekolah, guru di lembaga profit dan non profit, dan kantor pemerintahan.

    Kampus dengan jurusan ini: universitas dengan jurusan pendidikan atau bekas IKIP seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya.

  • 14

    Jurnalistik

    Jurnalistik adalah jurusan yang mempelajari bagaimana mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan suatu berita atau peristiwa kepada khalayak. Seseorang yang masuk ke dalam jurusan ini harus memiliki kemampuan dalam menganalisis, kemampuan mencari fakta, dan kemampuan menggali informasi.

    Tidak berhenti pada hal ini saja, kemampuan menulis yang baik dan mampu mengemasnya dengan sempurna. Kalau kemampuan menulis dan menyampaikan berita tidak baik, khalayak akan susah menerimanya. Oh ya, jurusan ini juga mempelajari cara melakukan framing sesuai dengan selingkung dari kantor berita.

    Peluang pekerjaan: wartawan, redaktur berita elektronik dan cetak, editor, dan produser acara televisi.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Padjadjaran, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  • 15

    Manajemen Pariwisata

    Jurusan Manajemen Pariwisata mempelajari banyak hal terkait dengan pengelolaan bisnis pariwisata mulai dari perencanaan, pengelolaan, promosi, hingga melakukan perawatan. Jurusan ini juga mempelajari dampak dari pariwisata pada pada masyarakat baik segi ekonomi hingga sosial.

    Jurusan Manajemen Pariwisata ini juga mempelajari masalah keuangan, kewirausahaan, dan manajemen dalam hal pengadaan perjalanan dan bisnis wisata. Jurusan ini juga sedikit mempelajari layanan khususnya berhubungan dengan hotel.

    Peluang pekerjaan: pemandu wisata, pemilik usaha tour, konsultan pariwisata, bekerja di perusahaan perjalanan dan perhotelan.

    Kampus dengan jurusan ini: Politeknik Negeri Bali, Akademi Pariwisata Makassar, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya.

  • 16

    Ilmu Politik

    Ilmu Politik mempelajari dinamika politik di Indonesia dan juga dunia. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana teori politik berdampak pada masyarakat serta mempelajari praktik-praktiknya. Berbagai masalah politik akan dipelajari dan dianalisis untuk melihat komponen penyebab, pendukung dan dampaknya.

    Jurusan ini cocok untuk mahasiswa yang suka menganalisis masalah sosial dan politik. Selain itu, mahasiswa di jurusan ini juga diharapkan mampu berpikir jeli, rasional, dan memperhatikan detail.

    Peluang pekerjaan: peneliti, perbankan, kantor pemerintahan, konsultan politik, dan wartawan.

    Kampus dengan jurusan ini: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara.

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah sama halnya dengan memilih masa depan. Salah sedikit mengambil jurusan, masa depan bisa tidak sesuai dengan keinginan. Kalau Anda masih bingung akan mengambil jurusan apa untuk kuliah, simak tips di bawah ini.

 

  • 1

    Pahami Potensi Diri

    Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, kenali potensi diri. Misal Anda memiliki potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Misal jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter.

    Sebaliknya kalau Anda memiliki potensi di bidang Bahasa Asing dan Sastra, jurusan Sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan.

    Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, alangkah lebih baik kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan.

  • 2

    Kenali Passion yang Dimiliki

    Selain kemampuan diri pada bidang tertentu, passion juga menjadi modal utama untuk melakukan kuliah dengan baik. Misal Anda memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena menyukai sastra.

    Anda masih bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi. Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan.

  • 3

    Biaya Kuliah yang Dibutuhkan

    Biaya kuliah yang dibutuhkan di setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

    Kalau Anda ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orang tua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orang tua tidak mampu membiayainya.

    Lakukan diskusi dengan orang tua dahulu terkait dengan jurusan yang akan diambil dan pertimbangan biayanya. Kalau orang tua bisa mengusahakan, Anda tidak akan kebingungan, tapi kalau sulit direalisasikan Anda bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa.

  • 4

    Peluang Pekerjaan di Masa Depan

    Semua jurusan kuliah memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Misal jurusan Manajemen Pariwisata yang akan bekerja di sektor pariwisata dan perencanaannya. Kalau mengambil jurusan Keperawatan, peluang pekerjaan bisa didapatkan di rumah sakit atau klinik di seluruh dunia.

    Ambil jurusan yang sekiranya memiliki peluang pekerjaan cukup tinggi. Percuma mengambil yang terlihat keren tapi peluang kerjanya sangat rendah. Lihat alumni dari jurusan yang akan Anda ambil agar tahu jenis pekerjaan apa saja bisa dimasuki.

  • 5

    Lakukan Riset Mendalam

    Lakukan riset terkait dengan jurusan yang akan Anda ambil. Riset ini bisa dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah per semester, hingga profil dari jurusan. Riset ini akan membuat Anda semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak.

    Buat daftar beberapa jurusan kuliah yang kemungkinan besar Anda memiliki minat dan kemampuan di sana. Bandingkan satu demi satu jurusan itu untuk mendapatkan 2-3 jurusan terbaik. Dari sini Anda bisa menaruhnya sebagai pilihan dan menunggu hasil ujian yang nantinya dilakukan.

  • 6

    Tidak Ikut Teman

    Apa pun alasannya jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih kalau mengambil jurusan kuliah. Hanya pilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuan.

    Tidak masalah kalau nantinya Anda tidak memiliki teman di awal kuliah. Seiring dengan berjalannya waktu, teman juga akan datang sendiri. Fokuslah dengan apa yang akan diperoleh. Dengan begitu, situasi sesulit apa pun bisa diatasi dengan mudah.

  • 7

    Lakukan Konsultasi dengan Orang yang Lebih Ahli

    Kalau Anda benar-benar buta dengan jurusan apa saja yang akan diambil, lakukan konsultasi. Konsultasi ini dilakukan dengan guru, orang tua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini.

    Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memiliki jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih karena kalau terlanjur masuk dan Anda tidak menikmatinya, peluang kuliah cepat lulus akan rendah.

 

Demikian ulasan lengkap tentang jurusan kuliah IPA dan IPS beserta tips memilih jurusan yang benar. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan.