Mengenal Jurusan Teknik Mesin Lebih Dekat

Apa sih jurusan Teknik Mesin itu? Apa saja yang dipelajari? Bagaimana prospek dan gaji lulusan Teknik Mesin? Yuk, simak selengkapnya di sini!

 

Teknik Mesin merupakan salah jurusan IPA yang cukup diminati. Meskipun jurusan Teknik Mesin tidak termasuk yang difavoritkan, tingkat persaingannya tinggi. Program studi ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki bekal pengetahuan dasar teknik kuat sehingga mampu merancang, membuat, menggunakan, dan mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan.

Gaji Lulusan Teknik Mesin

Bukan rahasia lagi kalau gaji di bidang teknik sangat menggiurkan, termasuk Teknik Mesin. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik program studi Teknik Mesin. Maklum saja, sebagian besar calon mahasiswa akan mempertimbangkan masalah gaji sebelum memutuskan jurusan yang hendak dipilih.

Rata-rata gaji yang ditawarkan perusahaan pada lulusan baru Teknik Mesin berkisar antara 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. Jika kamu memiliki kemampuan yang luar biasa dan berpengalaman, gaji yang kamu dapatkan jauh lebih tinggi. Bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Faktor yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Teknik Mesin

Kendati program studi Teknik Mesin menawarkan gaji tinggi, alangkah bijaknya jika dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya mempertimbangkan satu faktor saja. Ada sejumlah faktor lain yang tak kalah penting dijadikan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko salah jurusan yang menjadi masalah klasik mahasiswa baru.

Adapun sejumlah faktor yang wajib kamu jadikan bahan pertimbangan, di antaranya:

 

  • 1

    Passion

    Tentu kamu sudah tidak asing dengan kata passion, bukan? Passion adalah gairah, hasrat, sesuatu yang tidak pernah membuatmu merasa bosan, meskipun melakukannya berkali-kali. Jika kamu memiliki passiondalam bidang Teknik Mesin, maka kamu akan memiliki ketertarikan kuat untuk mempelajari seluk beluk permesinan tanpa paksaan. Kamu tidak akan mudah bosan atau merasa tertekan ketika menghadapi materi yang sulit. Sebaliknya, kamu justru akan tertantang.

  • 2

    Motivasi

    Motivasi artinya kamu tidak hanya memiliki keinginan kuat, melainkan juga mengetahui apa yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin menciptakan mobil ramah lingkungan, merancang pesawat tempur, atau ingin menjadi seorang mekanik kelas dunia, seperti Alex Briggs. Dengan adanya motivasi, kamu akan lebih nyaman menjalani aktivitas sebagai mahasiswa Teknik Mesin. Kamu pun tidak akan berhenti di tengah jalan saat mengalami kesulitan.

  • 3

    Potensi

    Gali potensi yang kamu miliki. Cara ini dapat membantu kamu menentukan jurusan kuliah dengan tepat. Jika potensimu mengarah ke hal-hal berbau mesin atau otomotif, kamu dapat mempertimbangkan program studi Teknik Mesin sebagai pilihan.

  • 4

    Kepribadian

    Tahukah kamu bahwa kepribadian pun dapat dijadikan tolak ukur memilih jurusan kuliah? Terdapat enam kelompok kepribadian, yakni realistis, pemikir, penolong, terorganisir, menguasai orang lain, dan berjiwa seni. Jika kamu termasuk orang yang terorganisir, program studi Teknik Mesin cocok dijadikan pilihan.

  • 5

    Peluang Masa Depan

    Tak dapat dimungkiri bahwa pemilihan jurusan kuliah pun dipengaruhi oleh peluang di masa depan. Hal yang wajar, mengingat setiap orang ingin memiliki karir sesuai dengan ilmu yang dipelajari semasa kuliah.

    Salah satu jurusan yang menawarkan banyak peluang adalah Teknik Mesin. Jurusan ini sangat menjanjikan karena banyak perusahaan yang membutuhkan ahli mesin. Dengan kualifikasi yang kamu miliki, kamu tidak akan kesulitan menapaki dunia kerja.

 

Bagaimana Prospek Kerja Program Studi Teknik Mesin?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan Teknik Mesin memiliki peluang kerja yang sangat luas. Kamu tak perlu khawatir mencari pekerjaan selepas lulus kuliah. Bahkan, tak sedikit jebolan Teknik Mesin yang langsung bekerja setelah lulus. Umumnya, tawaran pekerjaan ini datang pada mahasiswa yang dianggap berprestasi semasa kuliah.

Agar lebih jelas, simak prospek kerja program studi Teknik Mesin berikut ini.

 

  • 1

    Perusahaan dan Industri

    Sebagian besar perusahaan membutuhkan seorang engineer teknik mesin yang bertugas untuk mengendalikan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi sekaligus memantau jalannya mesin.

    Perusahaan yang membuka peluang bagi engineer teknik mesin untuk berkarir, meliputi perusahaan alat dapur, perusahaan energi, perusahaan alat dapur, industri proses, industri transportasi, dan industri otomotif.

  • 2

    Pertambangan

    Industri pertambangan membutuhkan ahli mesin yang bertugas mengendalikan seluruh proses, mulai dari pengambilan hingga pengolahan bahan tambang. Terdapat cukup banyak perusahaan tambang baik nasional maupun internasional yang membuka peluang karir bagi lulusan Teknik Mesin.

  • 3

    Perminyakan

    Ahli mesin dibutuhkan perusahaan perminyakan untuk menganalisa pipa dan komponennya. Seorang insiyur pemipaan harus bisa menyusun spesifikasi material pipa yang hendak digunakan serta memastikan pipa tersebut aman dan kuat.

  • 4

    Dosen

    Lulusan Teknik Mesin pun dapat bekerja sebagai pengajar di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Peluang untuk menjadi dosen pun terbuka luas. Syaratnya, kamu harus menempuh dan menyelesaikan pendidikan S2 lebih dulu.

  • 5

    Wirausaha

    Jika kamu termasuk orang yang tidak mau bekerja di bawah perintah orang lain, kamu dapat mendirikan usaha sendiri. Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat membuka industri perhotelan, jasa perbaikan mesin, membuka hotel, atau desainer mekanik.

  • 6

    Instansi Pemerintah

    Peluang kerja di pemerintahan pun terbuka bagi lulusan Teknik Mesin. Departemen Pemerintahan Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi milik pemerintah, seperti IPTN dan BPPT seringkali membuka lowongan untuk Sarjana Teknik Mesin.

  • 7

    Developer

    Lulusan Teknik Mesin pun berpeluang untuk bekerja di perusahaan pengembang alias developer, seperti perusahaan pengembang robot rumah tangga, pengembang mobil listrik, hingga produk futuristik lainnya.

  • 8

    Kontraktor

    Tenaga ahli mesin sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan kontraktor menangani  konstruksi bangunan, terutama gedung bertingkat tinggi. Seorang ahli mesin akan memikul tanggung jawab proses instalasi AC, sirkulasi udara, hingga pemipaan. Tanpa bantuan lulusan Teknik Mesin, sebuah gedung tidak dapat ditempati.

 

Karir Lulusan Teknik mesin

Berkat prospek kerja yang luas, terdapat banyak karir yang dapat kamu pilih, mulai dari teknisi, mekanik, peneliti, konsultan, insinyur pemipaan, insinyur pengelasan, petugas pemeliharaan, sales produk teknik, tenaga pengajar, hingga abdi negara. Selain itu, kamu pun dapat bekerja di sektor lain, seperti finansial, perbankan, pertanian, dan lainnya yang tidak terkait permesinan.

Teknik Pemesinan

Apa bedanya Teknik Mesin dengan Teknik Pemesinan? Teknik Pemesinan merupakan cabang keilmuan yang mempelajari cara memproduksi barang teknik menggunakan mesin. Umumnya, jurusan ini dapat ditemukan di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan di berbagai daerah.

Siswa akan mempelajari bagaimana cara mengoperasikan mesin, membuat pengaturan, hingga menentukan ukuran mesin produksi. Selain ilmu mesin, siswa pun dibekali dengan pelajaran keahlian, yakni las dan gerinda. Tujuannya, agar siswa didik memiliki pemikiran inovatif dan kreatif. Kelak, ketika lulus, siswa dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun terjun langsung ke dunia kerja.

Selama proses pembelajaran, ada beberapa mesin yang dipelajari, di antaranya:

 

  • 1

    Mesin Bubut

    Mesin bubut merupakan mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda yang diputar. Siswa akan mempelajari cara kerja mesin dan pengoperasian. Untuk menghasilkan ulir dengan ukuran kisar yang berbeda dibutuhkan perbandingan kecepatan rotasi yang tepat.

  • 2

    Mesin Sekrup

    Mesin sekrup atau shaping machine merupakan mesin yang digunakan untuk mengerjakan bidang rata, cekung, cembung, beralur, dan lainnya dalam posisi tegak, mendatar, ataupun miring. Siswa akan mempelajari prinsip kerja mesin sekrup beserta dengan komponen dan cara pengoperasian.

  • 3

    Mesin Frais

    Mesin Frais merupakan mesin perkakas yang menggunakan pisau milling untuk menyelesaikan benda kerja. Siswa akan belajar mengenai prinsip kerja dasar dan pengoperasian mesin ini.

  • 4

    Mesin CNC

    Mesin CNC (Computer Numerical Control) atau disebut juga dengan mesin control numerik merupakan mesin perkakas yang dioperasikan secara otomatis menggunakan bahasa pemograman. Mesin ini terdiri dari beberapa bagian utama, yakni program, unit kontrol, motor listrik servo sebagai penggerak kontrol pahat, motor listrik sebagai pemutar pahat, pahat, dan dudukan. Siswa akan diarahkan untuk mampu memahami dan menguasai konsep dasar mesin CNC, termasuk komponen dan cara pengoperasiannya.

 

Tujuan dari jurusan Teknik Pemesinan adalah untuk memahami dasar komponen mesin, teknik mesin, prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi serta mengoperasikan dan menangani material mesin, perkakas tangan, dan program mesin.

Pengertian Teknik Mesin

Sementara Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Pada abad ke-18, setelah terjadinya revolusi industri di Eropa, Teknik Mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu dan semakin berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika pada abad ke-19.

Ilmu ini terdiri dari sejumlah cabang ilmu, yakni mekanika, teknik material, kinematika, termodinamika, dan energi. Secara umum, Teknik Mesin terdiri dari Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi Energi, dan Metalurgi.

Program studi Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang paling banyak ditawarkan oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Selama kuliah, kemampuanmu dalam merancang mesin diasah sehingga mampu menghasilkan mesin yang efektif dan efisien. Tak hanya itu saja, kamu pun akan belajar bagaimana cara menggambar teknik, membuat modeling, simulasi, hingga membuat prototipe mesin. Ilmu ini akan menjadi bekalmu untuk bersaing di dunia kerja.

Rata-rata, seorang mahasiswa membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 tahun untuk menyelesaikan pendidikannya. Jika kamu berhasil lulus, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Teknik.

Kendati prospek jurusan ini sangat cerah, masih banyak pelajar yang enggan memilih Teknik Mesin karena tingkat kesulitannya tinggi. Adapun alasan mengapa jurusan ini kurang diminati, antara lain:

 

  • 1

    Materi Sulit

    Program studi Teknik Mesin dianggap sebagai salah satu jurusan tersulit. Maklum saja, sebagian besar mata kuliah Teknik Mesin berhubungan dengan rumus dan perhitungan. Hal ini pula yang menjadi penyebab sulitnya meraih indeks prestasi (IP) tinggi.

  • 2

    Banyak Tugas

    Tugas merupakan hal yang lumrah, tetapi tugas seorang mahasiswa Teknik Mesin seakan tidak pernah ada habisnya. Jangan heran jika banyak mahasiswa Teknik Mesin kurang memperhatikan penampilan karena yang terpenting adalah menyelesaikan tugas dengan baik.

  • 3

    Biaya Mahal

    Sebagai seorang mahasiswa Teknik Mesin kamu akan sering melakukan praktikum dan penelitian di laboratorium. Setiap kali kegiatan ini berlangsung, kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

  • 4

    Waktu Tempuh Lama

    Hampir sebagian besar mahasiswa membutuhkan waktu selama 5 tahun untuk lulus. Tak sedikit yang menghabiskan waktu hingga 6 tahun sebelum dinyatakan lulus. Jika dibandingkan dengan jurusan lainnya, seperti jurusan Teknik Informatika, Ekonomi, Bahasa dan Sastra, maupun Hukum, waktu tempuh program studi Teknik Mesin tergolong lama.

 

Bagaimana Cara Agar Sukses Sebagai Mahasiswa Teknik Mesin?

Kendati jurusan ini memiliki tingkat kesulitan tinggi, faktanya tak sedikit mahasiswa Teknik Mesin yang sukses meraih nilai di atas rata-rata. Sesulit apa pun ilmu Teknik Mesin masih dapat dipelajari, asalkan kamu mau berusaha dan menyikapi hal tersebut sebagai tantangan.

Ingat, sebagian besar materi kuliah Teknik Mesin tak jauh dari angka dan mesin. Setidaknya, kamu harus menyukai pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Akan lebih baik jika kamu memiliki kemampuan menggambar yang baik. Kalaupun tidak, bukan masalah besar karena yang terpenting adalah tekad dan kemauan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan.

Selain itu, diperlukan metode belajar yang tepat. Dengan cara ini, kamu tidak akan merasa terbebani, meskipun tugas selalu setia menanti. Adapun beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan selama pembelajaran, di antaranya sebagai berikut.

 

  • 1

    Mempersiapkan Materi Sebelum Kuliah

    Di awal perkuliahan, kamu akan mendapatkan rincian materi yang nantinya akan dipelajari selama kuliah atau biasa disebut dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Tak jarang SAP ini diabaikan karena dianggap tidak penting. Alhasil, banyak di antara mahasiswa yang tidak memiliki gambaran mengenai materi yang diberikan. Dampaknya, kamu akan mengalami kesulitan dalam memahami materi padahal waktu perkuliahan sangat terbatas jika dibandingkan dengan banyaknya materi yang ada.

    Lain halnya jika kamu mau membaca dan mempelajari SAP. Kamu tidak akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti, jangan segan untuk bertanya pada dosen.

  • 2

    Evaluasi Materi Setelah Kuliah

    Selepas kuliah, luangkan waktu untuk mengevaluasi materi secara keseluruhan. Catat hal-hal yang masih sulit dipahami. Ketika ada kesempatan, kamu dapat bertanya langsung pada dosen atau berdiskusi dengan mahasiswa Teknik Mesin lainnya. Dengan melakukan evaluasi setiap hari, materi yang diberikan akan melekat kuat pada ingatan. Jangan sampai kamu baru melakukan evaluasi materi ketika ada tugas ataupun menjelang ujian karena hanya akan membuatmu kesulitan di tengah jalan.

  • 3

    Buat Jadwal Belajar

    Waktu kuliah cenderung lebih longgar jika dibandingkan dengan waktu belajar semasa di bangku sekolah menengah. Hal inilah yang kerap membuat mahasiswa terlena dan menghabiskan waktu untuk bersantai. Agar waktumu lebih optimal, pastikan untuk membuat jadwal belajar. Dengan adanya jadwal belajar, kamu dapat membatasi diri, tahu kapan waktu untuk bermain dan belajar.

  • 4

    Budayakan Membaca

    Jika kamu kesulitan memahami materi, artinya kamu harus membiasakan diri untuk membaca. Bacalah berulang kali hingga kamu menguasai materi tersebut. Selain mempermudah proses penyerapan materi, membaca akan membuat pengetahuanmu semakin luas.

  • 5

    Melakukan Eksperimen di Luar Kampus

    Melakukan eksperimen di luar kampus saat waktu luang sangat bermanfaat untuk memperdalam materi kuliah secara efektif. Banyak cara eksperimen sederhana tanpa menghabiskan biaya. Misalnya materi yang sedang kamu pelajari adalah motor bakar torak, kamu dapat melakukan servis pada mesin motor sendiri. Cara ini dapat membuat kamu lebih memahami bagaimana prinsip motor bakar sesuai dengan teori yang telah dipelajari.

  • 6

    Aktif Membuat Jurnal ataupun Artikel Ilmiah

    Bisa dibilang, program studi Teknik Mesin memiliki potensi pengembangan materi yang menjanjikan. Banyak sekali hal yang dapat dikembangkan dari teori yang ada. Jika kamu ingin menambah wawasan sekaligus bereksperimen, cobalah untuk membuat jurnal atau artikel ilmiah. Tak jarang cara ini mampu menghasilkan penemuan produk baru yang layak guna dan memiliki nilai jual.

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Dipelajari?

Sebagai mahasiswa Teknik Mesin dituntut untuk bisa merancang, memproses, dan mengkonversi energi, termasuk manufaktur, operasional, dan manajerial industri. Kamu pun wajib memperluas wawasan, khususnya perkembangan teknologi mesin.

Selama perkuliahan berlangsung, kamu akan mempelajari banyak hal baru yang tidak kamu temukan di bangku sekolah menengah. Adapun mata kuliah program studi Teknik Mesin, di antaranya sebagai berikut.

  • Fisika
  • Kimia Dasar
  • Kalkulus
  • Prinsip Rekayasa dan Ilmu Kealamiahan Dasar
  • Aljabar Linier
  • Gambar Mesin
  • Material Teknik
  • Statika Struktur
  • Matematika Teknik
  • Elemen Mesin
  • Getaran Mekanis
  • Kinematika dan Dinamika
  • Mekanika Kekuatan Bahan
  • Struktur dan Sifat Material
  • Termodinamika
  • Mekanika Fluida
  • Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas
  • Proses Produksi
  • Statistik dan Perancangan Percobaan
  • Perpindahan Panas
  • Manajemen Perawatan dan Kehandalan
  • Teknik Pembentukan Logam
  • Teknik Pengukuran
  • Mesin Fluida dan Perpindahan
  • Teknik Pengaturan
  • Perancangan Produk
  • Motor Bakar Torak
  • Perancangan Produk
  • Mekatronika
  • Refigerasi dan Pengkondisian Udara
  • Praktikum

Karakter yang Sesuai dengan Jurusan Ini

Jika kamu tertarik dengan program studi Teknik Mesin, maka kamu harus memiliki mental, tekad, dan semangat kuat. Selain itu, ada sejumlah kriteria lain yang sesuai dengan jurusan ini, di antaranya:

  • Teliti
  • Detil
  • Tekun
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Observan
  • Independen
  • Senang Berhitung
  • Senang Bekerja Sendiri
  • Senang Memecahkan Masalah
  • Senang Menganalisis
  • Senang Melakukan Riset
  • Bisa Bekerja Sama dengan Tim

Apa Sih Keunggulan Teknik Mesin?

Barangkali kamu bertanya-tanya, “Kenapa memilih Teknik Mesin? Bukan jurusan lain?” Jawabannya karena Teknik Mesin memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan jurusan lain. Nah, agar kamu lebih paham, simak sejumlah keistimewaan yang hanya dapat kamu temukan di jurusan ini.

 

  • 1

    Semboyan “Solidarity M Forever”

    “Solidarity M Forever” merupakan semboyan mahasiswa Teknik Mesin. Semboyan ini hanya digunakan untuk kepentingan bersama dan diibaratkan sebagai sebuah mesin yang hanya akan berfungsi maksimal jika ada komponen pendukung. Jika tidak, mesin tidak akan berfungsi optimal atau mati total. Inilah arti filosofi dari “Solidarity M Forever”.

  • 2

    Agenda Hari Korsa

    Mahasiswa Teknik Mesin memiliki agenda Hari Korsa, satu hari menggunakan korsa selama perkuliahan ataupun kegiatan kampus. Tujuannya adalah untuk melatih kekompakan. Uniknya, korsa anak Teknik Mesin memiliki dua ciri khas, yakni lambang “Solidarity M Forever” dan nama plus nomor mahasiswa pemilik korsa.

  • 3

    Mars “Solidarity Forever”

    Mahasiswa Teknik Mesin memiliki mars kebanggaan “Solidarity Forever” yang terinspirasi dari pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”. Mars ini diciptakan pertama kali pada tahun 1962 oleh sejumlah mahasiswa Teknik Mesin ITB saat malam inagurasi.

  • 4

    Seru dan Heboh di Setiap Kesempatan

    Mahasiswa Teknik Mesin dikenal kompak, menonjol, dan selalu membuat kehebohan di setiap kesempatan yang ada. Bahkan di acara formal sekalipun. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan solidaritas, sesuai dengan istilah “No Mesin, No Party”.

 

Demikianlah informasi mengenai program studi Teknik Mesin yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu masih ragu, yuk uji tingkat kecocokan kamu dengan program studi Teknik Mesin di sini! Dijamin kamu akan lebih yakin untuk memilih jurusan Teknik Mesin. Selamat mencoba!