Mengenal Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program pemerintah yang menjadi bagian penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Melalui Kartu Indonesia Pintar atau disingkat KIP kini telah menjadi program pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (Usia 6 – 21 Tahun) yang berasal dari keluarga Miskin atau Rentan Miskin, dimana hal tersebut mencangkup pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS), Peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, dan Korban Bencana Alam.

Tujuan dari PIP ini sendiri seperti yang telah di sebutkan tadi tentu saja untuk membantu anak-anak usia sekoah dari keluarga miskin dimana anak tersebut dapat mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Semoga dengan adanya kartu KIP ini pemerintah dapat mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan di harapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali bersekolah. Di harapkan juga agar dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik baik itu biaya langsung maupun tidak langsung.

Bekerja sama dengan tiga kementrian yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Sosial (Kemensos), dan Kementrian Agama (Kemenag). Program PIP mempunyai target atau sasaran yang wajib untuk menerima program tersebut, diantaranya :

  1. Peserta didik Pemegang KIP
  2. Peserta didik dari keluarga Miskin atau rentan miskin
  3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang : Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Dengan 3 target tersebut semoga saja penerima program PIP ini dapat di gunakan untuk biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah atau kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi, dll. Jika Kartu Indonesia Pintar atau KIP tersebut hilang atau Rusak maka pemilik kartu dapat segera menghubungi kontak pengaduan PIP agar nantinya dapat di gantikan dengan yang baru dengan syarat memberikan identitas diri agar dapat di cek oleh pihak yang bersangkutan.

Bagi yang ingin mencari informasi yang lebih lengkap terkait program PIP ini dapat mengunjungi situs resminya di https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/, pada web tersebut kalian akan di perkenankan untuk mendownload peraturan, surat edaran, infografis, dsb. Dan bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke jenjang Kuliah maka program PIP ini masih dapat berlaku dimana peserta didik wajib mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah, untuk informasi nya dapat di akses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ,jadi jangan khawatir dan terus semangat dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Source :

https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/