literasi digital

Pelaksanaan Literasi Digital Pada Program Desa Digital

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp. M.Si., M. Kom., IPU selaku Ketua APTIKOM JABAR Periode 2014-2018 dan Periode 2018-2022 sekaligus Rektor Universitas Pasundan menandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Literasi Digital pada Program Desa Digital, Dr. Ika Mardiah, M.Si sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat pun turut menandatangani perjanjian tersebut. Kegiatan penandatanganan dilakukan di Ruang Rapat Jabar Command Center, Lantai II Gedung Setda B pada tanggal 11 Maret 2022. Ketua Program Studi Teknik Informatika UNPAS sekaligus Sekretaris Umum APTIKOM Jawa Barat ibu Dr. Ayi Purbasari, ST., MT pun turut hadir dalam kegiatan penandatangan naskah perjanjian kerjasama, beliau juga lah yang menginisiasikan kerjasama tersebut.

Desa Digital sendiri merupakan program dari Pemerintah Jawa Barat yang hadir sebagai upaya untuk mempersempit kesenjangan digital di Jawa Barat. Awal mula pengembangannya pun dimulai dari infrastruktur digital pada desa-desa yang ada, pelatihan literasi digital, dan ada pula untuk membangkitkan daya saing para pelaku usaha menggunakan digital marketplace sampai dengan memanfaatkan IOT (Internet of Things), serta menggunakan e-commerce untuk meningkatkan produktifitas masyarakat, seperti apa yang dikutip dari https://digitalservice.jabarprov.go.id/program/.

Adapun pelaksanaan Literasi Digital pada Program Desa Digital ini sudah bisa berkolaborasi dengan Universitas yang juga berkerjasama dengan APTIKOM. Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp. M.Si., M. Kom., IPU selaku Rektor Universitas Pasundan mendukung penuh kolaborasi tersebut, mengingat di Universitas Pasundan pun terdapat jurusan Teknik Informatika yang diharapkan bisa mengcover untuk membantu program digitalnya. Pelaksanaan Literasi Digital pada Program Desa Digital pun dapat dijadikan KKN ataupun Kerja Praktek oleh Mahasiswa, selain itu juga dapat menjadi program di MBKM yang juga dapat diikuti oleh Mahasiswa. Konsep dari kegiatannya pun nantinya akan berupa program kerja sama, ujar Kang Rizi yang juga menghadiri Penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Literasi Digital pada Program Desa Digital.

Diharapkan teman-teman Fakultas Teknik UNPAS pun dapat memanfaatkan kesempatan yang ada tersebut dengan baik, sehingga seperti apa yang Kang Rizi katakan bahwa diharapkan dengan adanya Kerjasama dengan Universitas-Universitas berserta Fakultas dan Prodi yang ada di dalamnya yang menjadikan adanya kolaborasi dengan Mahasiswa pun

dapat memberikan pengalaman terbaik untuk dapat belajar langsung di lapangan. Sehingga diharapkan juga dapat membuka pikiran mahasiswa untuk sadar setiap permasalahan yang ada di desa dan dapat menemukan solusinya. Peran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bukan hanya dimiliki oleh dosen, dan dimiliki juga oleh mahasiswa pun dapat terlaksana