Pelayanan Rumah Sakit Tarakan di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 masih menjadi persoalan besar diberbagai negara termasuk Indonesia. Banyak upaya yang sedang dilakukan oleh berbagai pihak untuk dapat mengatasi masalah pandemi Covid-19 saat ini. Tenaga kesehatan saat ini menjadi garda terdepan untuk menangani pasien-pasien Covid-19 di rumah sakit. Tentu, bukan hanya pasien Covid-19 yang mendapatkan pelayanan dari para tenaga kesehatan. Karena itu lah, Telkomstra bersama dengan ipSCAPE, Oracle dan SME menyediakan Teknologi Cloud  Contact Center dan Digital Customer Engagement. Berdasakan artikel berita yang di tulis di laman liputan6.com Teknologi tersebut digunakan sebagai implementasi telehealth di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan.  

Melalui teknologi tersebut, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasie poliklinik non-covid 19. Hal ini demi mengurangi resisko terpaparnya Covid-19. Pasien yang terinfeksi atau dicurigai terpapar virus Covid-19 dapat dimonitor dan dinilai secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan. Pantauan tersebut terkait kondisi kesehatannya sert rekam medis penyakit yang sudah ada sebelumnya. 

Mengutip dari liputan6.com, solusi ini diberikan poliklinik dengan risiko Covid-19 yang tinggi dan penyakit komorbid yaitu untuk dokter spesialis paru, spesialis THT, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan spesialis saraf. Berbekal kedua teknologi tersebut, rumah sakit dapat mengidentifikasi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat serta mengurangi interaksi fisik antara petugas medis dan pasien.  

Teknologi ini pun sebagai sarana untuk bisa melindungi para tenaga medis dari risiko virus Covid-19 , teknologi ini juga secara transparan menyimpan segala rekam medis sebagai bentuk interaksi pasien dan dokter dalam bentuk digital. Solusi Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau rujukan dari Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut. Agus F Abdilah sebagai Chie Customer Officier Telkomtelstra pun berkata setelah itu, agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi yang lain, yaitu Digital Customer Engagement yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter dirumah sakit. 

Teknologi ini juga dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di fasilitas rumah sakit, sekaligus mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh tenaga kesehatan. Teknologi kesehatan jarak jauh saat ini memang memiliki banyak manfaat. Selain menghindari terpaparnya risiko Covid-19 juga membantu pasien yang tetap harus melakukan konsultais dengan dokter.