Penerapan Teknik Belajar Feynman ala Mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS

Sederhanakan cara belajarmu agar makin cepat Jago

Fakultas Teknik UNPAS – setelah mempelajari metode belajar Pomodoro pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang salah satu teknik belajar lain yang cukup populer juga, yaknik teknik Feynman.

Bagi kamu yang kurang cocok untuk menerapkan teknik Pomodoro bisa jadi Teknik Feynman dapat menjadi solusi untuk kamu yang masih susah paham untuk memahami pelajaran baik di rumah maupun di kampus.

Apa itu Teknik Feynman

Teknik belajar Feynman adalah teknik belajar yang menitikberatkan tentang bagaimana kamu menyampaikan materi secara sederhana, teknik belajar Feynman dikembangkan oleh saintis penerima nobel di bidang fisika tentang Elektrodinamika Kuantum pada thaun 1965 yaitu Richard Feynman.

Selain saintis Richard Feynman juga merupakan seorang guru yang hebat, beliau dapat menjelaskan teori atau ide yang sangat kompleks dalam bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh orang awam sekalipun.

Sebagai mahasiswa jurusan teknik tentu banyak materi rumit yang membuat mu enggan untuk mempelajarinya, bahkan dengan penjelasan dosen yang sudah disederhanakan sekalipun materi tersebut masih susah untuk kamu pahami.

“Prinsip pertama adalah kamu tidak boleh membodohi diri sendiri, dan kamu adalah orang yang paling mudah untuk dibodohi” Richard Feynman

Dengan menggunakan teknik Feynman kamu akan diajak untuk berpura-pura melihat materi belajar dari sudut pandang pengajar, dimana kamu harus menyederhanakan sebuah materi yang rumit dan mengajarkannya kepada orang lain atau paling tidak berpura-puralah sedang menjadi pengajar.

Sudah siap untuk menerapkan teknik Feynman saat belajar, Berikut langkah-langkah teknik belajar Feynman.

1. Tentukan materi yang akan kamu pelajari, tulis semua yang kamu ketahui terkait materi tersebut

2. Jelaskan materi tersebut dalam bahasa sederhana

3. Identifikasi bagian yang tidak kamu ketahui dan review kembali lewat sumber belajar

4. Perhatikan istilah-istilah yang kompleks dan uji kemampuanmu dengan menjelaskannya secara simpel

Saat menerapkan teknik belajar Feynman kamu tidak perlu terburu-buru untuk paham tentang materi saat ini juga, biarkan otakmu bekerja secara perlahan karena untuk mempelajari materi komplek memerlukan waktu dan tenaga.

Teknik Feynman untuk Belajar di Rumah

Berbeda dengan teknik Pomodoro yang membutuhkan konsentrasi tinggi, teknik Feynman cenderung lebih mudah dan santai untuk diterapkan karena kamu tidak diburu-buru oleh waktu, sepulang kuliah kamu bisa mereview kembali materi yang sudah kamu catat dalam, karena kamu tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencerna materi maka manfaatkan waktu tersebut untuk fokus mencatat apapun yang diterangkan oleh dosen.

Teknik Feynman dapat berjalan efektif dan efisien jika kamu memiliki informasi yang cukup untuk menjelaskan setiap detail dari materi yang akan kamu pelajari. Setelah itu coba kamu sederhanakan materi yang telah kamu catat, fokuslah pada bagian yang tidak kamu pahami dan coba cari referensi baik melalui buku atau internet.

Untuk memudahkan kamu dalam menyederhanakan materi, kamu bisa menggunakan tool mindmap untuk memetakan bagian materi. Jika kamu sudah selesai menyederhanakan, minta salah satu anggota keluargamu untuk mendengarkan penjelasan dari materi yang sudah kamu rangkum tadi.

Jika kamu terlalu malu untuk meminta anggota keluarga, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk bertindak seolah-olah kamu sedang menjelaskan pada dirimu sendiri tentang materi tadi. Kunci keberhasilan teknik Feynman terletak tidak hanya pada pemahamanmu tentang materi, tapi juga bagaimana kamu bisa menjelaskan dan membuat orang paham tentang materi yang kamu pelajari.

Teknik Feynman untuk Belajar di Kampus

Menerapkan Teknik Feynman untuk belajar di kampus ibarat sambil menyelam minum air, kamu bisa memperdalam pemahaman materi dengan dukungan dari teman-temanmu, waktu untuk mencari tambahan referensi materi akan terpangkas saat kamu dapat bertanya dengan orang yang lebih paham darimu.

Selain itu kamu juga dapat meminta temanmu untuk menjelaskan dengan rinci tentang bagian yang tidak kamu pahami. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk kerja kelompok karena kamu bisa saling bertukar informasi terkait materi yang akan dipelajari.

Teknik ini juga terbukti lebih seru dan asik saat di praktekkan bersama-sama, kamu bisa menggunakan waktu luangmu di kampus untuk mereview materi seusai kegiatan belajar mengajar.

Dengan menyederhanakan materi komplek dan mengajarkan ke orang awam, kamu tidak hanya akan paham tentang materi tapi kamu bisa membantu teman-temanmu untuk dapat memahami materi rumit tersebut.

Source : https://rencanamu.id/post/how-to/metode-feynman-empat-langkah-praktis-untuk-belajar-segala-hal https://hermonteguh.web.ugm.ac.id/2017/03/24/metode-belajar-feynman-technique/ https://campuspedia.id/news/feynman-technique/ https://lifestyle.kontan.co.id/news/ini-4-cara-belajar-dengan-metode-feynman-mudah-dicoba-banyak-kalangan?page=all https://medium.com/taking-note/learning-from-the-feynman-technique-5373014ad230