Penerapan Teknik Belajar Pomodoro ala Mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS

Atur waktu agar lebih fokus dalam Belajar

Fakultas Teknik UNPAS – Salah satu tantangan terbesar mahasiswa teknik adalah mengatur waktu antara kapan belajar dan kapan mengerjakan tugas, seringkali mahasiswa teknik merasa kewalahan untuk mengatur agenda kuliah yang super padat.

Saat ingin menyelesaikan salah satu tugas, kamu selalu kehilangan fokus karena banyak hal yang membuyarkan konsentrasimu, bahkan saat kamu sedang di rumah dan bisa menyelesaikan tugas yang menumpuk, kamu masih saja kekurangan waktu hingga tugasmu masih saja tidak terselesaikan.

Kamu berpikir bahwa semua hal ini hanya perihal mengatur skala prioritas dan manajemen waktu saja, pas banget. Pernahkah kamu mendengar teknik pomodoro ?, teknik ini sangat cocok bagi kamu yang mudah kehilangan fokus dan memiliki daftar tugas yang menumpuk lho, khas banget anak teknik.

Apa itu Teknik Pomodoro

Dalam bahasa Italia pomodoro berarti tomat, istilah ini dipilih untuk mengembangkan sebuah teknik belajar oleh mahasiswa perguruan tinggi bernama Francesco Cirillo di tahun 1980-an. Cirillo menggunakan pengatur waktu yang ada di dapurnya yang berbentuk tomat saat ingin mengerjakan sesuatu.

Teknik Pomodoro menjadi solusi manajemen waktu dan teknik fokus bagi kamu yang memiliki tugas banyak namun selalu merasa kekurangan waktu untuk menyelesaikannya, Teknik ini menggunakan interval waktu dalam menyelesaikan sebuah tugas.

Teknik ini cukup sederhana, kamu hanya perlu bekerja selama 25 menit, kemudian beristirahat selama 5 menit. Siklus ini diulang sebanyak 4 kali, setelah 4 siklus terlewati kamu bisa beristirahat lebih lama, yakni sekitar 15-20 menit. Jika tugas yang kamu kerjakan masih belum selesai kamu bisa mengulangi teknik ini lagi dengan interval waktu yang sama.

Teknik ini dirancang agar mudah diimplementasikan dan memberi hasil yang maksimal dari segi produktivitas, untuk menerapkan teknik pomodoro kamu hanya membutuhkan timer atau pengatur waktu dan daftar tugas yang ingin diselesaikan.

Kamu juga bisa mengatur ruang tempatmu belajar senyaman mungkin agar kamu dapat memberikan konsentrasi penuh atas tugas yang ingin kamu selesaikan, mulai dengan mengerjakan tugas yang paling mudah hingga yang paling sulit, hal ini bertujuan untuk mengeliminasi tugasmu yang menumpuk. Teknik ini sangat mudah diterapkan asalkan kamu mau bertanggung jawab dan konsisten dalam menerapkannya.

Teknik Pomodoro untuk Belajar di Rumah

Semenjak pandemi Covid-19, mahasiswa dibiasakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, namun dalam pelaksanaan belajar dari rumah banyak permasalahan terjadi dimana salah satunya adalah banyaknya tugas yang dibebankan oleh pihak kampus kepada mahasiswa.

Selain itu gangguan di rumah turut andil dalam kegiatan belajar mengajar di rumah, seringkali mahasiswa sudah merasa lelah bahkan sebelum belajar di mulai, hilangnya motivasi karena pikiran terlalu banyak distraksi membuat banyak tugas akhirnya menumpuk.

Teknik Pomodoro sangat cocok digunakan di situasimu saat belajar di rumah, bahkan kamu bisa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bangun pagi, bangun semangatmu dengan bangun lebih pagi dari biasanya, kamu tidak bisa memulai teknik ini dalam keadaan tubuh lelah karena hasil begadang.

Sekarang waktunya untuk mulai mengerjakan tugasmu satu per satu, lihat daftar tugasmu hari ini dan mulailah dari tugas yang paling ringan, dengan mengalokasikan tugas dengan porsi kecil dan waktu istirahat yang singkat, kamu bisa menjaga konsentrasimu dalam keadaan stabil.

Teknik Pomodoro bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan pada kamu yang ingin mencapai beberapa target berskala kecil seperti menyelesaikan beberapa tugas yang menumpuk karena belajar dari rumah.

Agar teknik Pomodoro berjalan lebih efektif dan efisien kamu harus mengeliminasi kemungkinan distraksi yang berasal dari luar dirimu, salah satunya adalah mematikan smartphonemu, selain itu kamu juga bisa meminta keluargamu untuk tidak mengganggu mu sama sekali saat sedang menerapkan teknik ini.

Teknik Pomodoro untuk Belajar di Kampus

Setelah mengetahui Teknik Pomodoro untuk Belajar di Rumah, ternyata Teknik Pomodoro juga dapat diterapkan untuk belajar di kampus juga. Belajar di kampus bisa berupa tugas kelompok, belajar mandiri di perpustakaan, hingga mengerjakan tugas organisasi lho.

Begitu kamu terbiasa dengan teknik Pomodoro, kamu dapat dengan mudah menghitung aktivitasmu dalam sehari di masa depan, berapa banyak tugas yang dapat kamu selesaikan dalam sehari.

Saat kamu sedang tidak ada kelas, cobalah untuk menuliskan daftar tugas yang akan kamu kerjakan nantinya, urutkan sesuai yang ingin kamu kerjakan terlebih dahulu tentu dengan tingkat skala prioritas yang berbeda-beda.

Meski teknik Pomodoro tidak bisa digunakan dan diterapkan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang sudah cukup efektif menjalankan manajemen waktu, teknik ini sangat ampuh jika kamu termasuk mahasiswa yang merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang menumpuk.

Dengan meminimalkan waktu tetapi memaksimalkan efisiensi, kamu tidak akan merasa bosan dengan tugas yang kamu kerjakan, kamu juga tidak perlu terpatok dengan aturan 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat, kamu dapat memodifikasinya agar sesuai dan cocok denganmu. Namun jagalah untuk tetap singkat dan mudah.

Source :

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-teknik-pomodoro-lebih-fokus/ https://www.ruangguru.com/blog/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-dapat-bantu-tingkatkan-konsentrasimu https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/09/163200123/teknik-pomodoro-cara-berteman-dengan-waktu-dan-pekerjaan?page=1 https://experience.dropbox.com/id-id/resources/pomodoro-technique https://glints.com/id/lowongan/teknik-pomodoro/#.YaN_aypBzIU