Perangkat Komputer

Sebelum masuk ke macam, jenis dan fungsi dari perangkat komputer lebih baik kita tau definisi dari perangkat komputer itu sendiri. Perangkat Komputer adalah sebuah komponen-komponen​​ yang ada pada komputer dimana komponen tersebut sudah sering dilihat sehari-hari bagi pengguna komputer.

Fungsi dari Perangkat Komputer ini sendiri adalah untuk mengkontrol proses dari sebuah sistem komputer dimana komponen dari perangkat komputer ini sendiri dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras atau​​ Hardware​​ adalah sebuah suatu perangkat elektronik yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan dapat dipegang secara fisik. Perangkat Keras ini sendiri dibagi​​ lagi menjadi 3 bagian, yaitu:

    • Perangkat​​ Output​​ 

Perangkat​​ Output​​ atau perangkat keluaran adalah perangkat yang mengirim sebuah data dan informasi yang telah di proses di dalam komputer untuk di berikan atau di tampilkan ke pengguna, seperti:​​ Proyektor,​​ Printer, Monitor, dll.

    • Perangkat Input

Perangkat​​ Input​​ atau Perangkat Masukkan adalah perangkat yang menerima data-data yang di hasilkan dari luar lalu masuk ke dalam komputer untuk di proses, seperti:​​ Keyboard, Mouse, Microphone, dll.

    • Perangkat​​ Process​​ 

Perangkat​​ Process​​ atau perangkat pemroses adalah ​​ Perangkat keras yang berguna untuk menerima data dari perangkat input dan memproses data tersebut, seperti:​​ Processor, RAM, Northbride, dll.

  • Perangkat Lunak (Software)

Software atau perangkat lunak adalah​​ kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun ​​ perangkat lunak di klasifikasikan menjadi 5 macam, yaitu:

 

    • Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. seperti:​​ Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOs, Linux, dll.

    • Program Aplikasi​​ 

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program​​ pengolah kata, pengolah presentasi, design grafis, dll. Seperti:​​ MS Word, MS Excel, Adobe Photoshop, dll.

    • Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang di tulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur atau aturan tertentu agar diterima oleh komputer.

    • Program Bantu

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, seperti:​​ Antivirus, CC Cleaner, Winrar, dll.

 

Demikian macam dan fungsi dari perangkat komputer, kesimpulannya adalah Perangkat Komputer adalah komponen-komponen yang mengkontrol jalannya sebuah sistem pada komputer baik berupa Hardware maupun software sama-sama saling berkerja untuk menghasilkan sesuatu yang di harapkan pengguna.

 

Sumber:

http://www.pengertianku.net/2016/12/pengertian-sistem-komputer-dan-komponennya.html

http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html

http://websiteknologi.blogspot.com/2015/11/pengertian-perangkat-komputer-lengkap.html

https://jagad.id/pc-perangkat-komputer-perangkat-lunak-dan-perangkat-keras/