Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informatika, dan Ilmu Komputer

Perbedaan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi Sarjana dengan jurusan yang berkaitan dengan komputer pasti sudah akrab dengan nama jurusan seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informatika atau jurusan serupa lain yang mempelajari hal yang sama yakni komputer.

Akan tetapi ketiga program studi tadi memiliki perbedaan yang faktanya tidak semua orang tau bahkan paham, sebelum melakukan kesalahan fatal dengan memilih jurusan yang salah, alangkah lebih baik jika kamu mencari tahu jurusan komputer seperti apa yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Pengertian Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer meliputi analisa matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, dan kerja komputer.

Teknik informatika identik dengan belajar bahasa pemrograman dan mengaplikasikannya dengan membuat aplikasi desktop, web, mobile, dsbnya. Mahasiswa teknik informatika akan mempelajari fungsi-fungsi dan struktur intruksi dalam bahasa pemrograman serta metodologi dalam pembuatan aplikasi.

Jika dilihat dari sisi Mata Kuliahnya, teknik informatika fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Jika sebelumnya kamu siswa SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) mapel yang kamu pelajari tidak akan jauh berbeda pada saat kamu kuliah nanti.

Ilmu Komputer merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang algoritma dan pemrograman untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak, dikutip dari duniailkom.com, Ilmu komputer dan Teknik informatika merupakan jurusan yang sama hanya berbeda penamaannya saja.

Jurusan Komputer terbilang masih relatif baru, sehingga pada beberapa universitas prodi komputer masih berdiri dibawah fakultas lain, seperti ilmu komputer yang berada di bawah fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) sedangkan teknik Informatika berada di bawah Fakultas Teknik.

Sistem Informasi merupakan bidang ilmu yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis manajemen. Dikutip dari campus.quipper.com, pada jurusan Sistem Informasi kamu akan belajar tentang identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan berdasarkan data, lalu merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika dilihat dari sisi mata kuliah, Jurusan Sistem Informasi lebih fokus pada manajemen informasi, oleh karena itu kemampuan programing tidak menjadi nilai lebih pada jurusan ini karena kamu akan dituntut untuk memiliki keahlian manajerial data, meneliti, hingga analisis yang baik.

Perbedaan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi

Jurusan Teknik Informatika lebih condong kearah implementasi atau praktek daripada teori, karena Teknik Informatika berdiri dibawah Fakultas Teknik maka proses perancangan, pembangunan, hingga testing perangkat lunak menjadi fokus utama jurusan Teknik Informatika.

Oleh karena itu pada jurusan Teknik Informatika dalam membuat skripsi, mahasiswa diwajibkan membangun sebuah aplikasi, namun bukan berarti teori tentang ilmu komputer tidak dibahas, hanya saja pemahaman tersebut tidak dibahas sedalam jurusan Ilmu Komputer.

Jurusan Ilmu Komputer lebih condong kearah Sains komputer, pembahasan seperti algoritma pemrograman, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, teori komputasi, dll akan menjadi topik mata kuliah yang sering kamu temui nanti.

Tidak banyak perbedaan antara jurusan Ilmu Komputer dan Teknik informatika, sederhananya, jika kamu lebih suka praktek ketimbang teori maka pilihan Teknik Informatika akan sangat cocok untukmu, jika kamu lebih suka teori Ilmu Komputer akan lebih cocok.

Jurusan Sistem Informasi sangat berbeda dengan 2 jurusan sebelumnya karena jurusan ini menggabungkan konsep dengan bisnis dan manajemen, tujuan dari jurusan ini sebagai jembatan antara kebutuhan bisnis dan kesesuaian teknologi atau aplikasi yang akan digunakan.

Hal tersebut tentunya perlu adanya perancangan yang baik melihat dari kebutuhan bisnis dengan teknologi yang ada, contohnya ada perusahaan yang membutuhkan aplikasi perkantoran dan bingung memilih aplikasi yang cocok untuk diterapkan pada proses bisnis, kamu sebagai mahasiswa sistem informasi akan menilai da merancang kebutuhan aplikasi tersebut berdasarkan skala bisnis, dst.

Banyaknya cabang ilmu tentang komputer membuat jurusan komputer begitu banyak jenisnya, seperti yang dijelaskan diatas 2 jurusan dengan karakteristik yang sama hanya berbeda pada penamaannya saja.

Bijak-bijaklah dalam memilih jurusan kuliahmu, karena jurusan tersebut akan menentukan bagaimana karirmu di masa depan.

Source :

duniailkom.com/apa-perbedaan-jurusan-ilmu-komputer-teknik-informatika-sistem-informasi-dan-teknik-komputer/

campus.quipper.com/majors/id-sistem-informasi

teknik.unpas.ac.id/jurusan/jurusan-teknik-informatika/