Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Di Era New Normal

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2020, Senin kemarin. Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke 75 tahun. Tahun ini, peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan di tengah-tengah pandemi covid-19 yang juga melanda berbegai belahan dunia lainnya. Oleh karena itu, peringatan kemederkaan yang ke 75 tahun Senin kemarin diselenggarakan dikemas dengan protokol kesehatan.

Upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di Era New Normal tetap dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta. Namun, seniman, duta besar, kepala perwakilan negara sahabat, tamu negara, pejabat negara, kepala daerah dan masyrakat tetap menyaksikan secara virtual. Konsep yang membedakan upacara tahun ini dengan tahun kemarin, ialah tahun ini diselenggarakan secara sederhana, kegiatan seni dan budaya dipindahkan secara virtual. Biasanya pun peserta upara mencapai ratusan, namun tahun ini hanya dua puluh peserta. Protokol kesehatan pun tetap ditegakan, seperti swab test, dan memakai masker. Tentu karena perbedaan pengemasan upacara peringatakan kemerdekaan Indonesia tahun ini ada tantangan tersendiri yaitu, menarik minta masyarakat untuk tetap menyaksikan secara virtual, masyrakat yang tertarik bisa mendaftar daring, dan juga disediakan slot untuk duta besar, dan masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri. Mimbar kehormatan pun hanya disedikan untuk 14 orang. Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo beserta sang istri Ibu H. Iriana Joko Widodo, dan Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga beserta sang istri Ibu Wury Estu Handayani turut hadir dan menyaksikan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun.

Upacara peringatan kemederkaan Republik Indonesia yang diselenggarakan secara virtual ini, dibantu oleh Telkomsel sehingga tetap bisa berjalan dengan lancar, dan hikmat. Tim paduan suara pun tampil secara virtual dari rumah masing-masing.

Lain halnya dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), biasanya Paskibrakan Nasional tahun sebelumnya memiliki formasi 17 8 45, yang berisikan putra-putri kebanggan  bangsa, yang merupakan perwakilan daerah yang sebelumnya sudah diseleksi dari tahap sekolah sampai nasional. Tahun ini, hanya 8 orang Paskibraka Nasional dari 8 provinsi yang bertugas. Tiga orang pengibar sang Bendera Merah putih dan satu cadangan, serta tiga orang penurunan sang Bendera Merah putih beserta cadangannya juga. Paskibraka tahun ini pun dipilih dari Paskibrakan Nasional tahun sebelumnya, yaitu Paskibraka Nasional tahun 2019. Para Paskibraka Nasional tahun 2020 ini dikukuhkan hari Kamis, 13 Agustus 2020 di Istana Negara oleh Bapak Presiden Jokowi, sehingga resmi mencopot status Paskibraka Nasional 2019.

Meskipun berbeda dari tahun sebelumnya, upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tetap berlangsung secara tertib, lancar dan hikmat. Sang Bendera Merah Puth tetap berkibar dengan gagah berani. Semoga Indonesia tercinta, sang Ibu Pertiwi segera pulih dari covid-19 dan dampaknya, begitupun dengan belahan dunia lainnya. Indonesia layak untuk diperjuangkan, 75 tahun yang lalu para pahlawan berhasil membuat Indonesia merdeka, berhasil membuat bendera Merah Putih berkibar dengan gagah berani. Giliran kita meneruskan perjuangan para pahlawan untuk membuat Indonesia sembuh dari covid-19, dan terus maju menjadi bangsa yang benar-benar merdeka. Kita bangsa yang besar, penuh keberagaman dan keindahan perbedaan, saling gotong royong untuk membantu segala persoalan di negeri tercinta. Jangan jadikan perbedaan sebagai batas dan jarak untuk saling bahu membahu membangun Indonesia, jadikanlah perbedaan sebagai suatu nilai lebih untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda namun tetap satu juga, berbeda-beda namun tetap satu darah, berbeda-beda namun tetap satu rasa, mencintai Indonesia.

Sumber : Youtube Sekretariat Presiden, Live : Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020.

Sumber : m.liputan6.com