Persiapan Idul Adha di tengah Pandemi

Akhir Juli nanti tepatnya tanggal 31 Juli 2020 Umat Islam akan merayakan hari istimewanya yang kedua setelah Idul Fitri yaitu Idul Adha dimana hari tersebut merupakan hari Qurban yang nantinya akan ramai masjid-masjid menyuarakan takbir dan adanya acara-acara penyembelihan hewan Qurban, namun saat ini kita semua masih di bayang-bayangi dengan adanya Virus Corona sama halnya dengan saat Idul Fitri beberapa bulan yang lalu bedanya disini kita merayakan Idul Adha di era New Normal, masjid-masjid yang sudah di buka untuk umum membuat nya lebih mudah di akses dan di kunjungi jika di bandingkan dengan Idul Fitri yang masjidnya bersifat private atau hanya warga sekitar saja yang di perbolehkan sholat di situ.

Sebelum memasuki hari Qurban sebenarnya banyak hal yang harus di persiapkan, seperti tata cara-cara sholat Idul Adha di era new normal bahkan sampai persiapan hewan Qurban yang tentunya harus sehat dan terhindar dari Virus ini bagi yang ingin berqurban. Tapi yang jelas semua itu masih kita jalankan asalkan kita mengikuti prosedure new normal, banyak hal yang cukup berubah di Idul Adha saat ini, seperti takbiran tahun lalu yang dari anak-anak hingga dewasa berkunjung ke masjid untuk melakukan takbiran keliling atau hanya sekedar berdiam diri di masjid untuk menyuarakan takbir namun karena saat ini kita sedang pandemi akhirnya takbiran tersebut di adakan secara online. Percaya tidak percaya ada beberapa ustad dan ulama yang membuat dan menyebar link Zoom untuk mengundang umat muslim siapapun dan dimana pun ia berada untuk bergabung bersama-sama menyuarakan takbir di media Online. Perlunya inovasi-inovasi baru saat ini sangatlah penting asalkan tidak menghilangkan esensi dari Idul Adha itu sendiri.

Walaupun banyak yang melakukan takbir Online ini tapi masjid-masjid tetap ramai tentunya dengan akses terbatas untuk guna mencegah penularan virus ini, terhitung dari mulai sehabis magrib hingga diadakannya sholat Idul Ied, masjid di daerah sekitar bandung menyuarakan takbir sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Semoga di hari Perayaan Muslim kedua ini kita semua masih di jaga kesehatannya oleh Allah SWT dan semoga saja di lancarkan acara sholat Ied tanggal 31 Juli besok.