Persiapkan Dirimu Untuk Kuliah Luring

Beberapa kampus melaksanakan perkuliahannya secara luring atau biasa disebut offline. Termasuk Fakultas Teknik UNPAS, kuliah sudah dilakukan secara offline dengan sistem dibagi persesi sesuai dengan angkatannya. Untuk dapat menyelenggarakan perkuliahan offline, Fakultas Teknikpun mempersiapkan berbagai hal agar dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Namun, upaya menjaga dan menerapkan protokol kesehatan bukan hanya diperlukan dari pihak Fakultas Teknik UNPAS, diperlukan juga upaya yang sama kuat dan ketatnya dari mahasiswa. Simak Tips dari sumber https://akupintar.id/ di bawah ini untuk menjalani kuliah offline kalian!

Handsanitizer adalah salah satu benda wajib yang harus dibawa ke kampus, bahkan kemanapun kalian pergi. Bawalah handsanitizer dengan ukuran yang mudah kalian bawa sehingga itu akan lebih prakttis dan tidak memakan tempat tas kalian ketika dibawa. Handsanitizer harus dibawa dan digunakan sesudah menggunakan fasilitas umum.

Masker cadangan, tidak ada salahnya kalian bawa di dalam tas agar nanti bisa menggantinya setelah beberapa jam dengan masker cadangan yang kalian bawa tersebut. Apalagi jika kuliah yang kalian jalani berlangsung seharian, jangan lupa gunakan masker yang aman dan nyaman serta hindari melepas masker di tempat yang minim ventilasi udara.

Bekal makan dan peralatan makan pribadi juga harus dibawa. Hal ini dilakukan jika kantin di kampus kalian belum buka, dan jika sudah buka kalian juga tetap bisa menerapkan hal ini untuk menghindari tempat yang ramai dan menghindari penggunaan fasilitas alat makan di tempat makan tersebut.

Zero Touch Tool adalah alat bantu untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Alat tersebut digunakan untuk menghindari kontak dengan alat yang sudah dipegang oleh orang lain. Alat tersebut pun bisa digunakan untuk memencet tombol di ATM ketika kalian ingin mengambil uang.

Face shied sebenarnya bukan hal yang wajib, namun menggunakan face shield dan juga masker memberikan perlindungan ekstra selama kalian berkuliah.

Baju lengan panjangpun bisa digunakan unutk menghindri kontak fisik dengan orang lain. Jangan lupa untuk langsung mencucinya ketika sampai di rumah atau pun di kosan.

Siapkan juga tisu basah dan tisu kering untuk membersihkan fasilitas umum yang akan kalian gunakan. Agar mudah diakses taruh tisu basah dan kering dibagian tas paling depan.

Perlengkapan kuliah pribadi dan perlengkapan ibadah bisa kalian bawa untuk menghindari penggunaan bersama. Meskipun saat kuliah tatap muka dulu kalian sering menggunakan alat kuliah dan alat ibadah bersama, mari sekarang mulai biasakan untuk tidak menggunakannya bersama-sama.

Vitamin dan obat-obatan juga bisa kalian bawa atau bisa kalian minum sebelum berangkat ke kampus. Terutama vitamin yang saat ini penting bagi sistem kekebalan tubuh. Helm juga bisa kalian bawa untuk menghindari penggunaan helm dari ojek online yang digunakan juga oleh penumpang lainnya.

Kartu debit atau E-Wallet bisa kalian gunakan untuk menghindari resiko penularan virus yang berasal dari uang tunai yang sebelumnya mungkin sudah dipegang orang lain. Teman-teman Fakultas Teknik UNPAS juga harus memastikan kosan yang kalian tempati nyaman dan juga higienis.

Selain hal-hal diatas, psikolog dari UGM Diana Setiyawati, M. HSc.Psy., Ph.D., dalam artikel yang dimuat di https://www.ugm.ac.id/ pun menyebutkan bahwa mahasiswa harus adaptif menjalani kuliah di tengah situasi pandemi Covid-19. Mahasiswa dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang mungkin masih terus akan terjadi. Misalnya, jika perkuliahan offline saat ini dilakukan kemudian diberlakukan online kembali ataupun perubahan lainnya. Untuk dapat melaksanakan perkuliahan online harus dilakukan upaya-upaya yang kuat dan baik dari berbagai pihak.