Ragu masuk organisasi?? Coba baca manfaat masuk organisasi saat kuliah

Menjadi mahasiswa itu berbeda dengan menjadi siswa. Saat menjadi mahasiswa kita dituntut untuk mandiri dalam segala hal. Harus berani explore diri sendiri, menggali bakat yang dipunya dan juga mengasahnya. 

Begitu pula dengan memilih untuk masuk organisasi yang ada di kampus atau tidak. Banyak organisasi dikampus yang dapat diikuti dan ada juga Unit Kegiatan Mahasiswa yang memang khusus mewadahi bakat-bakat dari mahasiswa untuk dikembangkan. 

Banyak mahasiswa yang ragu saat akan masuk organisasi. Mereka berpikir apakah kegiatan di organisasi yang mereka ikuti nantinya akan mengganggu perkuliahannya. Keraguan itu bisa teratasi jika kita memiliki manajemen waktu yang baik sehingga dapat membagi waktu untuk organisasi dan untuk kuliah. 

Karena sesuai pengalaman penulis, sangat rugi bagi mahasiswa jika saat kuliah tidak aktif berorganisasi atau tidak mengikuti UKM yang ada di kampus. Karena banyak yang hal yang bisa dipelajari saat berorganisasi dan juga banyak manfaat yang bisa diperoleh. 

Berikut ini beberpa manfaat masuk organisasi : 

  1. Melatih Leadership (Kepemimpinan) 

Melalui organisasi kita dapat melatih jiwa kepemimpinan yang ada di diri kita. Dengan menjadi ketua dalam organisasi atau hanya menjadi ketua divisi pada program kerja yang sedang dijalankan itu juga dapat melatih leadership. 

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi 

Bagi mahasiswa yang cenderung pendiam, sebaiknya mengikuti organisasi karena di dalam organisasi melalui program kerjanya kita dituntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang secara tidak langsung itu melatih kemampuan kita dalam berkomunikasi. 

  1. Belajar untuk mengatur waktu dengan baik 

Di dalam organisasi kita diharuskan untuk mengatur waktu kita dengan baik. Mengatur waktu untuk berorganisasi dan mengatur waktu untuk kuliah. 

  1. Belajar untuk menghadapi tekanan 

Saat berorganisasi, biasanya ada tekanan-tekanan dari beberapa pihak dan kita harus tetap bisa menghadapi tekanan-tekanan yang ada. 

  1. Memperluas pertemanan serta jaringan 

Tanpa kita sadari, saat masuk organisasi teman dan jaringan kita akan terus bertambah setiap harinya. Karena, saat berorganisasi kita sering dipertemukan dengan orang-orang baru di setiap kegiatan yang ada di organisasi. 

  1. Menambah pengetahuan dan pengalaman 

Pengetahuan tidak hanya bisa didapat di ruang kelas perkuliahan saja, banyak pengetahuan baru yang tidak kita dapat di bangku kuliah dan menjadikan pengalaman baru bagi kita. 

  1. Sebagai latihan untuk merasakan dunia kerja 

Saat masuk dunia kerja nanti, bagi mahasiswa yang pernah masuk organisasi pasti sudah tidak asing dengan tekanan-tekanan yang ada karena mereka sudah terlatih sejak di bangku perkuliahan saat mengikuti organisasi. 

Jadi, organisasi sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa. Jangan biarkan diri kalian menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang), asahlah soft skill kalian dengan mengikuti organisasi atau UKM di kampus.