Siapkah Indonesia Menjalankan New Normal..?

Normal Baru (New Normal) sedang rame di bicarakan di media sosial saat ini semenjak pemerintah memperkenalkan konsep tersebut. Sebelum membahas hal tersebut kita akan melakukan kilas balik kebelakang dimana Musibah Covid19 yang seiring bertambahnya waktu korban pun semakin bertambah walaupun terdapat beberapa daerah yang sudah mengalami penurunan pasien terjangkit virus COVID19 ini. Bahkan beberapa daerah juga berstatus KLB dan daerah dengan tingkat kasus COVID19 yang tinggi sudah menerapkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar guna mencegah memerangi Virus tersebut.

Tentu penerapan solusi tersebut mengakibatkan dampak yang cukup merugikan bagi pihak tertentu secara ekonomi, banyak masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan dan banyak juga pengurangan gaji bagi pegawai di saat kebutuhkan makanan pokok sedang sangat di butuhkan saat ini. Oleh karena itu New Normal di perkenalkan oleh pemerintah agar masyarakat dapat bekerja kembali seperti biasa dimana sebelumnya harus Bekerja di Rumah (Work from Home). Tapi jangan salah menanggapi New Normal ini karena faktanya New Normal bukan hal baru lagi hanya saja dengan penamaan yang memang baru saja kita dengar. New Normal pada dasarnya merupakan tata cara hidup yang mengedepankan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Yang perlu kita tahu bahwa New Normal ini bukan berarti sebuah pelonggaran PSBB. Pemerintah menegaskan bahwa masyarakat perlu untuk menjalani hidup yang sesuai dengan protokol kesehatan yang nantinya berujung pada pencegahan COVID19, masyarakat di perbolehkan untuk pergi bekerja keluar rumah lagi dengan syarat tersebut. New Normal sendiri dapat menyesuaikan dengan pola hidup karena seperti yang di bahas sebelumnya bahwa kita tetap dapat menjalankan aktifitas normal sama seperti biasanya namun di tambah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga kebersihan tubuh, menjaga jarak, dsbnya. Secara sosial pun ikut berpengaruh seperti saat kita bekerja kita harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain dan menghindari kerumunan.

Siap atau tidak New Normal dirasa oleh pemerintah harus di jalankan demi menjaga kestabilitas ekonomi dan tentu kehidupan New Normal ini akan terus di jalankan hingga di temukannya vaksin dan vaksin tersebut dapat di gunakan untuk menangkal Virus Corona tersebut. Walaupun penangkal Virus tersebut masih belum di temukan tapi kehidupan New Normal baik bagi masyarakat dan beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia telah memastikan bahwa kemungkinan paling cepat vaksin tersebut akan di temukan pada tahun 2021 artinya kehidupan New Normal memang harus di biasakan dari sekarang.

Semoga dengan adanya penerapan New Normal, masyarakat Indonesia sadar bahwa sedari dulu kita harus selalu menerapkan pola hidup sehat dan semoga juga dengan rasa optimis yang tinggi dari masyarakat kita semua mampu melewati musibah ini bersama-sama.