Skripsi dan Tugas Akhir

Setiap orang yang mengikuti jenjang pendidikan tinggi atau kuliah pasti diwajibkan untuk membuat suatu karya ilmiah, baik itu berupa Skripsi maupun Tugas Akhir (TA) sebagai salah satu syarat kelulusannya. Lalu apakah perbedaan antara Skripsi dan TA?

Skripsi adalah karangan ilmiah yang memaparkan suatu pokok soal yang cukup penting dalam suatu cabang ilmu sebagai cabang penelitian pustaka dan/atau lapangan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa berdasarkan penugasan akademik dari perguruan tingginya untuk menjadi salah satu syarat kelulusannya sebagai sarjana (The Liang Gie: 1995).

Tugas Akhir (TA) adalah hasil tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat untuk pemecahan masalah tertentu dengan menggunkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut.

Skripsi dan TA memiliki beberapa kesamaan yaitu :

  1. Skripsi dan TA merupakan tugas akhir (final assigment) dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
  2. Penelitian yang mendasari penulisan Skripsi dan TA dapat berupa penelitian dasar (basic research) atau penelitian terapan (applied research) yang didasari oleh minat intlektual mahasiswa.

Lalu, apa perbedaan antara Skripsi dan TA? Perbedaan Skripsi dan TA terletak pada jenjang pendidikan tinggi yang ditempuh, apakah program pendidikan Strata 1 (S1) ataukah Diploma. Skripsi merupakan syarat kelulusan dari program pendidikan S1, sedangkan TA merupakan syarat kelulusan dari program pendidikan diploma.

Berbicara soal jenjang pendidikan tinggi atau kuliah, kita tentu ingin lulus apabila berniat untuk mengikuti jenjang pendidikan tersebut dan setelah lulus kita pun akan mendapatkan gelar yang sesuai dengan bidang yang telah kita ambil, namun jangan jadikan tujuan kita kuliah adalah hanya untuk mendapatkan gelar semata saja karena ada begitu banyak tujuan dan manfaat sesungguhnya yang dapat kita peroleh. Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat dari jenjang pendidikan tinggi atau kuliah, yaitu :

  1. Menambah ilmu pengetahuan

Tentu sebenarnya tanpa kuliah pun kita masih bisa menambah ilmu pengetahuan kita melalui berbagai cara lain, seperti membaca dan mempelajari buku sendiri, atau menonton video pembelajaran dari youtube, atau lainnya. Namun ketika membaca dan mempelajari buku sendiri tentunya akan ada bagian yang sulit untuk dipahami bukan? Dan tentu akan sulit untuk mencari orang yang ahli dalam bidang tersebut agar kita bisa menanyakan bagian yang sulit dipahami itu. Nah, dengan kuliah kita dapat dengan mudah menanyakannya kepada dosen yang ahli dalam bidang tersebut.

Selain itu, beberapa ilmu pengetahuan yang didapatkan dari kuliah tidak akan kita peroleh dari media lain, bahkan media internet sekalipun.

Dengan kuliah juga kita dapat mempelajari suatu bidang keilmuan secara bertahap dan berurutan, berbeda apabila kita mempelajarinya sendiri, tentu pasti kita akan kebingungan harus memulainya darimana, bagaimana langkah selanjutnya, dan lainnya.

  1. Menambah relasi pertemanan

Perguruan tinggi merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan untuk mencari ilmu, maka tentu kita akan menambah relasi pertemanan kita dengan kuliah.

  1. Memiliki peluang yang lebih besar dalam pekerjaan

Ilmu dan keterampilan praktis yang kita peroleh dari kuliah dapat memberikan kita peluang yang lebih besar dalam mendapatkan kesempatan kerja asalkan kita bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya saat kuliah.

  1. Meningkatkan kemampuan problem solving

Dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari kuliah, kita akan terbiasa dalam menganalisa permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita dan mampu memberikan solusi bagi permasalahan tersebut. Dengan meningkatnya kemampuan problem solving yang kita miliki maka kita dapat menjadi orang berilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Sumber :

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/12/jalur-dan-jenjang-pendidikan-menurut-uu.html

https://www.kumpulandefinisi.com/2015/07/pengertian-dan-definisi-skripsi-menurut-para-ahli.html

https://playersharing.blogspot.com/2017/04/perbedaan-tugas-akhir-dan-skripsi.html

http://kti-akbid.blogspot.com/2012/06/pengertian-tugas-akhir-dan-skripsi.html

https://manfaat.co.id/13-manfaat-kuliah-bagi-masa-depan