Skripsi Tak Kunjung Selesai? Yuk Simak Tipsnya Agar Skripsimu Cepat Selesai

Lebaran hanya tinggal menghitung hari, momen lebaran inilah yang biasanya dinantikan untuk berkumpul dengan keluarga. Tak jarang saat momen begini, muncul pertanyaan-pertanyaan umum seperti “Kapan lulus?” “Kapan wisuda?” dari sanak saudara. 

Sedikit menjengkelkan memang, apalagi bagi kita yang belum lulus dan belum wisuda tentu rasanya semakin kesal. Lalu terpikirlah oleh revisi yang seakan tiada akhir. Tak jarang, dalam pengerjaan skripsi kita dihadapkan oleh jalan buntu dan berakhir dengan menyerah. 

Sebelum terpikir untuk menyerah, kalian bisa coba tips di bawah ini agar skripsimu bisa cepat selesai : 

  1. Pastikan topik skripsi yang kerjakan itu sesuai dengan minat 

Topik skripsi merupakan gerbang utama dalam mengerjakan skripsi. Jika topik yang kalian sesuai dengan minat kalian, maka kalian akan tau apa saja yang harus kalian kerjakan dan kalian cari untuk referensi. 

Jangan memilih topik yang sulit bagi diri sendiri dan juga jangan karna teman banyak memilih suatu topik menjadikan kalian ikut memilihnya padahal kalian mempunyai minat lain. 

  1. Buatlah jadwal dan target pencapaian 

Membuat jadwal dan target tentunya sangat penting, karena jika sudah memiliki jadwal dan target sendiri kalian tidak akan kebingungan akan mengerjakan apa ketika membuka laptop. 

Jadwal juga dibuat agar kita tahu kapan akan bertemu dosen dan kapan akan mengerjakan skripsi. Tentunya dengan jadwal dan target yang sudah ditentukan akan membuat skripsi kita cepat selesai. 

  1. Carilah teman yang produktif mengerjakan skripsi 

Pandai-pandailah memilih teman, ini juga harus dilakukan saat awal masuk kuliah. Lingkup pertemanan dapat memengaruhi kuliah dan skripsi kita. Jika kita berteman dengan teman yang produktif maka kita juga akan tertular produktif begitu pula sebaliknya. 

  1. Kerjakan skripsimu dengan konsisten walau hanya sekedar mencari-cari referensi 

Ketika mengerjakan skripsi kalian tidak perlu setiap hari, lakukan dengan konsisten. Kerjakan skripsi satu atau dua jam, jika lelah kalian bisa menghibur diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang kalian suka. Kalian juga tidak harus mengerjakan terus menerus, gunakanlah waktu kalian untuk mencari-cari referensi. 

  1. Sharing dengan kakak tingkat yang topik skripsinya sama atau sharing dengan teman 

Biasanya dalam pengerjaan skripsi ini mengacu pada penelitian terdahulu, yang di mana penelitian terdahulu ini merupakan penelitian dari kakak tingkat. Kalian bisa langsung sharing dengan kakak tingkat yang memiliki topik yang sama, jangan sungkan karena pasti kakak tingkat akan terbuka jika ada yang mau sharing. 

Atau bisa juga sharing dengan teman satu angkatan, bisa dari satu kampus yang sama maupun kampus yang berbeda. Dengan banyaknya informasi tentunya akan memudahkan juga dalam mengerjakan skripsi. 

  1. Jika mendapat kesulitan jangan menghindar dari dosen pembimbing justru tanyakan dan sering-seringlah berkonsultasi dengan dosen pembimbing 

Kebanyakan mahasiswa tingkat akhir mengalami kendala yang sama yaitu ketika mengalami kesulitan mereka diam, tidak melakukan apa-apa dan bahkan menghindar dari dosen pembimbing. 

Sehingga skripsi terbengkalai dan tidak dikerjakan. Padahal dengan adanya dosen pembimbing itu berguna untuk kita berkonsultasi tentang kendala yang dialami saat pengerjaan skripsi. Ketika mengalami kesulitan, kalian harus menanyakan ke dosen pembimbing. 

  1. Buat perjanjian dengan diri sendiri 

Jangan terlalu fokus dengan self reward. Memberi hadiah kepada diri sendiri itu perlu agar kita termotivasi. Namun, ketika kita gagal mencapai target yang sudah ditentukan harusnya juga ada hukuman tersendiri. 

Misalnya, jika bab 1 tidak selesai dalam waktu dua minggu maka kalian tidak boleh liburan. Dan tentunya janji itu harus ditepati agar skripsi cepat selesai. 

  1. Jauhkan diri dari handphone saat mengerjakan skripsi 

Seringkali dalam mengerjakan skripsi kita terganggu dengan notifikasi dari handphone. Atau kita terlalu sering membuka sosial media saat mengerjakan skripsi sehingga kita tidak mendapat progres baru. 

Maka dari itu, saat mengerjakan skripsi jauhkan dulu diri dari handphone agar kita tidak terganggu.