Sosialisasi MBKM Teknik Informatika Tahun Akademik 2021/2022

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Saat ini Kemdikbud sedang gencar-gencarnya dengan salah satu programnya yaitu MBKM yang memiliki kepanjangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Fakultas Teknik bersama dengan keenam program studi tentu menyambut baik program kemdikbud tersebut. Salah satunya adalah melalui kegiatan Sosialisasi MBKM Tahun Akademik 2021/2022 yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika pada 10 Februari 2022 secara online melalui zoom meeting. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh mahasiswa calon peserta MBKM Tahun Akademik 2021/2022 yang akan memulai kegiatan MBKM-nya, kemudian dihadiri juga oleh dosen pembimbing beserta ibu Dr. Ayi Purbasari, ST., MT. Dr. Ayi Purbasari, ST., MT.

Pada sosialisasi tersebut dijelaskan bahwasanya Bentuk Kegiatan pembelejaran MBKM ada 8 kegiatan salah satunya yang paling sering diikuti oleh prodi Teknik Informatika adalah pertukaran pelajar. Memang daari kedelapan kegiatan tersebut tidak semua harus diikuti. Fakultas Teknik bersama dengan prodi juga bekerja sama dalam pembuatan form rekognisi yang bertujuan menjadi dokumen yang dibuat untuk pengakuan mengikuti kegiatan MBKM. Salah sattu yang diisi adalah mengenai kegiatan yang dijalani selama mengikuti MBKM, ada juga jenis MBKM yang diikuti. Form rekognisi tersebut juga biasa dikenal sebagai konversi, dimana pengakuan kegiatan MBKM yang diisi akan menjadi bekal untuk mengkonversi.

Program Studi Teknik Informatika mengupayakan pemahaman, penyampaian informasi, dan proses MBKM yang kegiatannya sangat menarik banyak minat mahasiswa dijalani dengan baik. Namun karena kegiatan belajar mengajar selama perkuliahan ini tetap harus dijalani dengan baik dengan berbagai skenario online maupun offline maka program studi Teknik Informatika pun mengharapkan pemakluman dari para mahasiswa terkait perubahan ataupun kekurangan yang dirasakan. Seperti yang sudah disebutkan di atas minat mahasiswa Teknik Informatika dalam mengikuti kegiatan MBKM ini sangatlah besar, sehingga pada Tahun Akademik 2021/2022 ada 33 mahasiswa program studi Teknik Informatika yang menjadi bagian dari peserta MBKM.

Kegiatan MBKM yang memiliki kalender kegiatan berbeda dengan kalender akademik perkuliahan pun perlu disesuaikan agar fleksibel dan kegiatan bisa tetap berjalan dengan baik. Upaya lainnya yang diusahakan oleh program studi Teknik Informatika adalah salah satunya mengenai pembuatan web yang dikhususkan untuk kegiatan MBM, sehingga akan lebih terpusat informasi dan pengumpulan datanya. Program Studi Teknik Informatika, bersama dengaan prodi lainnya terus berkolaborasi dan mengupayakan yang terbaik untuk mendukung

kegiatan MBKM yang banyak memberi manfaat dan keuntungan bagi mahasiswa. Melihat antusiasme mahasiswa, khususnya mahasiswaa Teknik Informatika yang besar membuat prodi dan Fakultas Teknik menjadi selalu semangat untuk dapat mendorong mahasiswa agar dapat mencapai tujuan yang cemerlang.