Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi membutuhkan mahasiswa yang ketelitian dan analisis tinggi untuk menghasilkan desain yang hebat.

 

Salah satu jurusan yang lulusannya memiliki banyak pengaruh untuk pembangunan adalah Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi. Jurusan ini cukup banyak diminati meski tidak semua orang mampu melakukannya. Planologi juga termasuk jurusan yang cukup bergengsi di luar negeri karena bisa bekerja di proyek negara berkembang.

Kalau Anda menyukai hal-hal berbau desain kota seperti memainkan game penataan wilayah jurusan ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu Anda yang suka dengan perpetaan dan relasi masyarakat dengan fasilitas publik juga cocok masuk ke Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

Apa Itu Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)?

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Teknik Planologi adalah sebuah program studi yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penataan dari suatu kota atau wilayah tertentu. Mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan ini akan mempelajari dasar-dasar dari suatu perencanaan.

Lebih lanjut masalah morfologi dari suatu kota, jalur transportasi, hingga struktur tanah wilayah, dan perpetaan dipelajari semuanya dengan detail. Singkatnya, masuk jurusan ini akan membuat Anda menjadi arsitek untuk wilayah dengan skala yang besar. Tidak hanya bangunan saja, tapi kota atau wilayah yang luas.

Seperti nama jurusannya, Planologi, keahlian dalam bidang ini adalah membuat rencana atau plan. Perencanaan tidak hanya bermodal estetika saja, tapi juga fungsi dan relasinya dengan masyarakat. Aspek sosial, ekonomi, dan politik juga harus dipertimbangkan.

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota tidak hanya mengatur bagaimana mendesain kota dan peta saja. Aspek masyarakat yang ada di dalamnya juga harus diperhitungkan. Misal ada tidaknya fasilitas umum, jalan yang lancar, sistem transportasi, hingga kawasan industri. Singkatnya segala hal yang akan dialami masyarakat harus dipikirkan dengan mendetail.

Karena cakupan apa yang dipelajari sangat luas, mahasiswa jurusan Planologi ini harus mengenal dan menguasai semua aspek yang ada. Kalau sudah mengenal dan memahaminya, desain bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi ini baru ada di Indonesia pada tahun 1959. Institusi Teknologi Bandung menjadi pionir sehingga saat ini banyak sekali kampus negeri dan swasta terbaik membuka jurusan ini juga dengan harapan bisa menghasilkan sarjana Planologi yang berkelas dan mampu mengabdi untuk perencanaan wilayah di Indonesia.

Alasan Memilih Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi memang tidak sementereng Pendidikan Dokter atau Hukum. Namun, jurusan ini juga memiliki kelebihan yang membuat Anda harus masuk ke sana.

 

  • 1

    Peluang Mendapatkan Gaji Besar

    Salah satu alasan mengapa Anda harus masuk ke jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota adalah peluang mendapatkan gaji besar. Pasalnya jurusan ini termasuk diterima di mana saja. Selain itu posisi yang diisi juga termasuk penting dan vital.

    Misal masuk ke perusahaan konstruksi atau kontraktor. Seorang lulusan Planologi akan ditempatkan di bagian analis, surveyor, atau orang yang merencanakan proyek termasuk transportasi dan pembuatan peta. Dengan posisi ini gaji puluhan juta rupiah per bulan bukanlah sesuatu yang mustahil.

  • 2

    Bisa Masuk ke Banyak Perusahaan

    Lulusan ini bisa masuk ke banyak perusahaan dan juga kantor pemerintah yang masih terkait dengan jurusan. Selain itu posisi yang diisi juga termasuk strategis.

    Kalaupun tidak masuk ke perusahaan atau posisi sesuai kemampuan, lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota masih diterima di banyak tempat. Jadi, mau bekerja di mana saja bisa.

  • 3

    Bisa Memiliki Pekerjaan Ganda

    Seorang lulusan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota bisa bekerja di mana saja dan memiliki pekerjaan ganda. Misal Anda bekerja di kantor pemerintahan. Setelah pulang kerja membuka jasa konsultan pembangunan di rumah. Pemasukan bisa lebih banyak.

    Selain itu pekerjaan yang dilakoni tidak hanya dalam hal analisis saja. Membuat peta pun juga bisa dilakukan dan mendesain bangunan layaknya arsitek. Jadi, selama masih berhubungan Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan.

  • 4

    Peluang Berkarier di Luar Negeri

    Lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota tidak hanya akan berkarier di dalam negeri saja. Peluang pekerjaan juga ada di luar negeri. Banyak lembaga profit dan non profit yang bisa dimasuki asal memiliki kemampuan yang mumpuni.

    Beberapa lembaga yang akan dijelaskan selengkap di sub bab selanjutnya bisa menerima Anda dan berani menggaji tinggi.

  • 5

    Jadi Ahli dan Memiliki Pengaruh Besar

    Kalau sudah bekerja cukup lama di bidang perencanaan dan analisis, Anda bisa menjadi ahli. Kalau sudah menjadi ahli, Anda akan memiliki pengaruh besar dalam dunia pembangunan. Selain menjadi konsultan, kemungkinan dijadikan orang penting dalam pemerintahan dan kementerian bukanlah hal yang mustahil.

 

Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Planologi

Secara umum, jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota mempelajari apa saja tentang penataan kota dan wilayah dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Untuk mata kuliah yang akan dipelajari, berikut beberapa contohnya.
1. Pengantar Ekonomika Perencanaan
2. Ekonomika Wilayah dan Kota
3. Pembiayaan Pembangunan
4. Pengembangan Komunitas
5. Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota
6. Prasarana Wilayah dan Kota
7. Proses Perencanaan
8. Komputasi Perencanaan
9 Teknik Analisa Perencanaan
10. Morfologi Kota
11. Pola Lokasi dan Struktur Ruang
12. Pengantar Data Spasial
13. Aspek Kependudukan dalam Perencanaan
14. Tata Guna Lahan
15. Sistem Perumahan
16. Hukum Perencanaan
17. Perencanaan Wilayah
18. Perencanaan Perdesaan
19. Manajemen dan Administrasi Pembangunan
20. Perancangan Kota

Karakter Mahasiswa yang Sesuai

Mahasiswa yang masuk ke Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota disarankan memiliki beberapa karakter di bawah ini.

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Pandai mengamati
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Tips Kuliah Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Kuliah di jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki karakteristik di atas, simak juga beberapa tips di bawah ini.

 

  • 1

    Harus Pandai Melakukan Komunikasi

    Salah satu kemampuan terbaik yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota adalah pandai melakukan komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mengungkapkan ide yang dimiliki dengan baik.

    Dalam beberapa mata kuliah, akan ada presentasi yang dilakukan untuk mengemukakan ide dengan baik. Bahkan para pengujinya adalah beberapa dosen ahli dan juga orang dari Bappenas yang merupakan punggawa dalam bidang pembangunan.

  • 2

    Mampu Melakukan Pengamatan dan Analisis

    Dalam menjalankan proyek, seorang mahasiswa Teknik Planologi harus mampu melakukan pengamatan dengan jeli hingga ke detail terkecil sekali pun.

    Selanjutnya dari pengamatan itu analisis data dilakukan dengan saksama. Dari dua kegiatan ini sebuah hasil yang memuaskan dan benar bisa didapatkan.

  • 3

    Tidak Menunda Pekerjaan

    Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota hampir sama dengan Jurusan Arsitektur. Banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan sehingga menunda pekerjaan adalah sesuatu yang dilarang. Kalau bisa selesai sekarang tidak perlu ditunda hingga esok hari.

    Usahakan jangan menumpuk banyak pekerjaan dalam sekali waktu. Kalau hari ini atau besok bisa diselesaikan lakukan. Kalau tidak bisa melakukan hal ini dengan baik, peluang lulusan dengan cepat dan memiliki nilai sempurna susah dicapai.

  • 4

    Terus Berinovasi

    Inovasi adalah kunci kesuksesan dari Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Kalau hanya mengikuti pakem yang sudah ada semua orang juga bisa melakukannya. Oleh karena itu inovasi yang baru dan segar harus dilakukan agar tercipta karya yang besar.

    Dalam dunia pembangunan dan tata ruangan, keterbaruan adalah hal yang sangat dinantikan. Jadi selama ada ide baru yang bisa diaplikasikan untuk proyek serta memberikan banyak manfaat, kenapa tidak? Selalu catat ide yang Anda miliki seremeh apa pun itu. Siapa tahu di kemudian hari bisa berguna.

  • 5

    Mudah Bersosialisasi

    Dalam melakukan penggalian data dan analisis pengamatan mata saja tidak cukup. Bersosialisasi dengan banyak orang akan sangat membantu sehingga produk yang dihasilkan bisa menyasar sektor ekonomi, sosial, dan politik.

    Sosialisasi juga harus dilakukan dengan mereka yang menjadi stakeholder atau orang di sekelilingnya. Semakin banyak Anda melakukan ini, peluang mendapatkan pekerjaan akan terbuka lebar, apalagi Anda memiliki kemampuan yang baik.

  • 6

    Susah Memiliki Incaran Pekerjaan

    Kalau kuliah di jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota sebisa mungkin memiliki incaran pekerjaan dari awal. Dengan memiliki incaran tersebut Anda bisa lebih semangat dalam kuliah dan berusaha melakukan networking ke banyak tempat.

    Tidak masalah kalau pekerjaan incaran berada di perusahaan besar. Selama Anda bisa berusaha keras, pasti akan tercapai.

  • 7

    Pandai Mengatur Waktu

    Pandai-pandailah mengatur waktu karena jurusan ini akan memiliki banyak tugas. Kalau Anda tidak bisa mengatur waktu tugas kuliah akan berantakan. Buatlah semacam catatan kecil agar tidak mudah lupa.

    Karena sehari hanya ada 24 jam saja, pastikan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan produktif. Kalau Anda bisa membiasakan hal ini setiap saat, masa depan akan sangat cemerlang.

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Sebagai salah satu jurusan yang cukup tua dan menjanjikan di Indonesia, prospek kerja dari Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota terbuka cukup lebar. Berikut beberapa prospek kerja yang akan didapatkan jurusan Planologi.

 

  • 1

    Instansi Pemerintahan

    Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota cukup banyak dibutuhkan di departemen pemerintah yang memiliki misi di bidang lingkungan, penataan kota, infrastruktur, dan pembangunan di daerah tertinggal. Tidak mengherankan kalau jurusan ini diserap dengan cepat oleh beberapa lembaga atau departemen seperti.

    • Departemen Pekerjaan Umum.
    • Dinas Tata Ruang Kota.
    • Kementerian Perumahan.
    • Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal.
    • Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi.

    Saat ini banyak sekali punggawa dari departemen atau lembaga di atas diisi oleh lulusan Planologi. Jadi, tidak mengherankan kalau jurusan ini termasuk salah satu yang paling penting.

  • 2

    Instansi Swasta

    Peluang kerja di bidang swasta juga cukup banyak dan terbuka lebar. Saat ini banyak sekali industri khususnya yang bergerak dalam bidang pembangunan dan properti membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi untuk mengisi posisi penting.

    Kemampuannya dalam melakukan analisis yang mendalam cukup baik dalam menyelesaikan masalah. Biasanya proyek pembangunan atau infrastruktur melibatkan banyak orang dan berdampak pada masyarakat baik secara sosial atau ekonomi.

    Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang properti baik itu pemasaran, pembangunan, hingga perencanaan membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Selama lulusan memiliki kemampuan yang mumpuni, pihak swasta dalam dan luar negeri bisa merekrutnya.

  • 3

    Lembaga Profit dan Non Profit

    Lembaga profit dan non profit dunia juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Kemampuan analisis masalah dan juga perencanaan wilayah yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga yang berlokasi di dalam dan luar negeri.

    Misal lembaga luar negeri seperti World Bank. Mereka membutuhkan analis apakah suatu negara memiliki perencanaan wilayah yang telat atau tidak. Kalau diberi pinjaman, apakah pembangunan bisa memberikan dampak secara luas atau tidak. Hal-hal seperti ini juga dilakukan oleh lulusan Planologi sehingga mereka berperan sebagai salah satu ujung tombak lembaga keuangan dan donor.

    Beberapa lembaga non profit juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Misal suatu lembaga ingin memberikan bantuan. Mereka harus tahu bagaimana perencanaan kota dari daerah yang akan dibantu sehingga semua dana yang tersalur bisa tepat sasaran.

    Lembaga yang bisa dimasuki lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota terdiri dari World Bank, ILO, UNHCR, UNCHS, UNDP, dan beberapa sekretariat organisasi lainnya.

  • 4

    Lembaga Pendidikan

    Lembaga pendidikan juga merupakan tempat yang tepat untuk lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Apalagi saat ini ada banyak sekali kampus yang membuka jurusan ini sehingga peluang kerja akan terbuka dengan lebar.

    Oh ya, peluang kerja ini tidak hanya untuk lembaga negeri saja. Lembaga swasta yang cukup bonafit juga banyak bermunculan di Indonesia.

  • 5

    Luar Bidang Keilmuan

    Secara umum bidang ilmu Planologi tidak hanya mempelajari cara membuat desain wilayah saja. Ada banyak materi kuliah dasar yang bermanfaat untuk diterapkan di banyak lembaga atau perusahaan.

    Beberapa lembaga, perusahaan, atau departemen pemerintah juga menerima lulusan Planologi untuk posisi netral. Bahkan lembaga keuangan pun juga bisa menerimanya karena lulusan dari jurusan ini memiliki keahlian dalam hal ketelitian dan ini sangat dibutuhkan dalam banyak hal.

 

Karier Lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Setiap lulusan dari jurusan apa pun termasuk Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki peluang yang baik untuk banyak jenjang karier. Yang paling penting adalah kemampuan yang terus diasah dan didampingi dengan kemampuan lain yang cukup menjanjikan dan bisa mendukung.

 

  • 1

    Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota

    Merencanakan pembangunan kota atau suatu wilayah tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan mulai dari melakukan analisis, mengetahui struktur tanah, memetakan wilayah dengan baik, mempertimbangkan transportasi dan pengaruhnya pada masyarakat.

    Karena analisis ini sangat kompleks dan sedikit kesalahan bisa mengacaukan banyak sektor, hanya lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang bisa melakukannya. Selama masih ada pembangunan, kemampuan ini tetap dibutuhkan.

    Ahli dalam Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dibutuhkan di kantor pemerintahan dan swasta khususnya yang bergerak dalam bidang pembangunan. Lembaga non profit dan profit dunia juga membutuhkan orang dengan keahlian ini.

  • 2

    Ahli Pembuatan Peta Wilayah

    Membangun sebuah wilayah tidak bisa dilakukan dengan grusa-grusu. Selain melakukan analisis terkait banyak hal, pembuatan peta wilayah ini juga harus dilakukan untuk panduan transportasi hingga pemetaan jalur bencana dan sebagainya.

    Ahli pembuat peta ini juga dibutuhkan oleh lembaga pemerintah dan swasta yang bergerak dalam pembangunan sepertinya PU atau kontraktor yang membangun proyek infrastruktur dan bangunan.

  • 3

    Arsitek

    Materi yang dipelajari pada Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga mencakup dunia arsitektur. Jadi, kalau lulusan bisa mempelajari sendiri apa saja tentang dunia desain bangunan hingga interior, mereka bisa menjadi seorang arsitek yang andal.

    Kemampuan ini akan semakin baik karena Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga mempertimbangkan cukup banyak aspek termasuk sosial, ekonomi, hingga politik. Jadi, saat akan membangun sesuatu, mereka akan memikirkan hal ini sehingga dampak negatif yang ditimbulkannya bisa diminimalkan.

    Arsitek dengan kemampuan ini akan cocok bekerja di kantor arsitek atau lembaga negara dan swasta yang bergerak dalam bidang pembangunan.

  • 4

    Konsultan Bangunan dan Proyek

    Meski sudah memiliki lahan sendiri secara legal, pembangunan harus dilakukan dengan benar dan terstruktur. Kalau asal membangun bisa saja terjadi kesalahan sehingga kecelakaan kerja terjadi dan proyek bisa gagal.

    Konsultan bangunan dan proyek dibutuhkan untuk masalah ini. Lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota bisa mengatasi masalah ini sehingga proyek-proyek pembangunan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

    Konsultan pembangunan ini bisa bekerja secara independen dengan membuka kantor atau bergabung dengan perusahaan konsultan.

  • 5

    Perencana Jalur Transportasi dan Fasilitas Umum

    Karena perencanaan wilayah dan kota tidak melulu berhubungan dengan bangunan, lulusan jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga mengatur masalah jalur transportasi. Mengapa masalah transportasi ini harus diatur dengan baik? Karena berhubungan dengan harkat hidup orang banyak.

    Kalau perencanaan jalur transportasi berjalan dengan baik, dampaknya untuk masyarakat juga besar. Misal dijadikan jalur mengangkut barang produksi dan barang-barang hasil produksi dan pertanian.

    Selain transportasi, fasilitas umum juga harus dirancang dengan baik. Pembangunan harus tepat sasaran dan berada di wilayah yang membutuhkan dan ramai.

  • 6

    Manajer atau Surveyor Pembangunan

    Setelah menjalani karier sebagai junior di kantor atau lembaga pembangunan, lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga bisa menjadi seorang manajer dan surveyor. Jabatan ini cukup tinggi karena tanggung jawabnya juga besar.

    Berbagai proyek besar yang membutuhkan validasi dari surveyor ini. Kalau bangunan sudah divalidasi dan dinyatakan memenuhi aturan, proyek bisa dilanjutkan.

  • 7

    Pegawai di Berbagai Perusahaan

    Pegawai di berbagai perusahaan juga menjadi profesi yang bisa dilakoni lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Asal memiliki kemampuan yang mumpuni, bekerja di luar bidangnya pun tidak menjadi masalah.

    Sayangnya kalau bekerja tidak sesuai bidang, peluang menduduki posisi tinggi akan sulit. Meski kesempatan masih ada, alangkah baiknya kalau bekerja di bidang yang memang sudah ditekuni sejak awal.

 

Kampus yang Menyediakan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Ada cukup banyak kampus di Indonesia yang membuka jurusan Planologi. Bahkan yang tertua dibuka tahun 1959. Berikut beberapa kampus yang menyediakan jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Universitas Hasanuddin
  • UIN Alauddin

Demikian ulasan tentang Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum menentukan jurusan kuliah sesuai dengan kemampuan dan keinginan.