Tips Lancar Bimbingan Tugas Akhir meski Kuliah Daring

Fakultas Teknik UNPAS – Bagi Mahasiswa yang akan dan sedang mengambil Mata kuliah Tugas Akhir pasti tidak akan terlepas dari yang namanya bimbingan Tugas Akhir bersama Dosen Pembimbing.

Di beberapa kampus proses bimbingan masih dilakukan secara daring, hal tersebut tidak hanya menyulitkan mahasiswa namun dosen pembimbing juga, agar proses bimbingan berjalan dengan lancar hingga waktu sidang tiba, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Mahasiswa, berikut tips lancar bimbingan Tugas Akhir meski Kuliah Daring.

1. Tentukan Dosen Pembimbing yang sesuai

Jangan memilih dosen pembimbing yang tidak sesuai dengan topik tugas akhir yang akan diambil, seringkali mahasiswa merasa terbebani bahkan terhambat hanya karena salah memilih pembimbing.

Dengan mencocokkan topik Tugas Akhir serta keahlian pembimbing maka dalam proses bimbingan tidak akan terjadi gap atau jarak antara pengetahuan Dosen dan pemahaman mahasiswa.

Dosen pembimbing juga akan lebih mudah dalam mendukung dan mengarahkan Tugas Akhir yang akan dikerjakan oleh Mahasiswa.

 

2. Buat Kesepakatan dengan Dosen Pembimbing

Kesepakatan ini sangatlah penting untuk menjaga progres Tugas Akhir tetap berjalan on the track. Jika kalian ingin lulus dalam 2 bulan dan bimbingan harus berlangsung minimal 2 kali dalam seminggu maka jangan takut untuk mengungkapkan target tersebut kepada pembimbing.

Pembimbing akan menilai kesanggupan kalian dan jika dirasa memadai pembimbing sudah pasti akan menyepakatinya. Bertanggung jawablah terhadap kesepakatan yang telah dibuat, dengan begitu pembimbing juga akan lebih semangat untuk membimbing proses Tugas Akhir kalian.

 

3. Usahakan bimbingan secara rutin

Salah satu faktor mahasiswa tidak lulus tepat waktu karena malas mengerjakan Tugas Akhir, kehilangan motivasi dan semangat mengerjakan hanya karena revisi yang terlalu banyak membuat kepala mahasiswa pening.

Untuk menghindari hal tersebut usahakan lakukan bimbingan secara rutin, rutinitas mendorong progres Tugas Akhir menjadi lebih cepat.

Tanyakan semua hal yang membuat kalian bingung dan paksa diri kalian untuk mengerti dan paham akan revisi yang pembimbing berikan, jangan biarkan diri kalian kehilangan motivasi dan semangat untuk terus mengerjakan Tugas Akhir.

 

4. Jaga Komunikasi selalu baik dan sopan

Proses bimbingan adalah proses komunikasi, tantangan terbesar melakukan bimbingan secara daring adalah menyamakan pemahaman antara mahasiswa dan pembimbing. Kerapkali terjadi kesalahpahaman antar keduanya hanya karena komuikasi yang buruk.

Selain itu Mahasiswa selalu ditempatkan di posisi yang tidak enak dalam melakukan argumentasi karena kurang pemahaman dan pengetahuan.

Oleh karena itu saat melakukan bimbingan persiapkan segala sesuatu yang menjadi argumentasi kalian, jika tidak tahu bilang tidak tahu dan pastikan selalu menggunakan bahasa yang sopan dan santun, pembimbing cukup sensitif jika kalian bersikap tidak sopan dan sok tau.

 

5. Fokus pada Tujuan

Fokus pada tujuan kalian mengerjakan Tugas Akhir. LULUS !!!, proses mengerjakan Tugas Akhir tidak sesulit yang kalian bayangkan, terus motivasi diri kalian untuk terus mengerjakan Tugas Akhir sesuai dengan target yang telah disepkati di awal bersama Dosbing.

Banyak godaan yang akan mendistrak jika kalian tidak fokus untuk mengerjakan Tugas Akhir, jika tergoda maka jalan menuju kelulusan akan semakin jauh. Tugas Akhir akan terbengkalai membuat kalian kehilangan motivasi dan kedepannya kalian akan sulit untuk memulainya kembali.

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, diharapkan mahasiswa dapat lebih cepat dalam menyelesaikan Tugas Akhir, walaupun tidak tertera pada tips diatas faktor terpenting yang harus ada saat mengerjakan Tugas Akhir adalah rajin.

Jangan buat diri kalian malas hanya karena tidak tahu harus mulai dari mana, berkumpulah dengan teman-teman yang ingin cepat menyelesaikan Tugas Akhir, kurangi main dan perbanyak membaca referensi Tugas Akhir.

Source : https://edukasi.okezone.com/read/2020/01/24/65/2157660/tips-mudah-menyusun-skripsi-tepat-waktu https://edukasi.okezone.com/read/2020/04/18/65/2201308/cara-agar-bimbingan-skripsi-lancar-meski-kuliah-daring