Universitas Pasundan Menduduki Peringkat 8 Top 10 Universitas di Jawa Barat Versi UniRank

Universitas Pasundan berhasil menduduki peringkat ke 8 sebagai Universitas Terbaik di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Informasi ini diperoleh dari laman resmi 4icu.org yang dimana telah merilis daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia versi 4ICU (4 International Collages and Universities) versi update 20 Februari 2021 

Jika diurutkan dari ranking keseluruhan di Indonesia yang di dalamnya mencangkup universitas negeri dan universitas swasta, Universitas Pasundan menduduki peringkat 35. Dan jika diurutkan berdasarkan wilayah, Universitas Pasundan berhasil menduduki peringkat ke 8 di Provinsi Jawa Barat. Dan menurut rangking dunia Universitas Pasundan berada di peringkat 2109. 

Dikutip dari tribunnews.com, 4ICURank merupakan laman yang melakukan pemeringkatan institut perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Satu diantara kriteria yang ditetapkan adalah universitas harus dilisensikan atau mendapat akreditasi dari organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai. Misalnya, di Indonesia oleh Kementrian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Selain itu, universitas juga harus menyediakan pendidikan gelar sarjana (S1) atau pascasarjana (S2/S3). 

Dalam laman tersebut menampilkan ranking perguruan tinggi terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta dari 577 universitas. Adapun 10 urutan universitas terbaik di Indonesia terkhusus di Jawa Barat versi 4ICU yaitu : 

  1. Universitas Indonesia 
  2. Universitas Pendidikan Indonesia 
  3. Institut Pertanian Bogor 
  4. Institut Teknologi Bandung 
  5. Universitas Gunadarma 
  6. Universitas Telkom 
  7. Universitas Padjajaran 
  8. Universitas Pasundan 
  9. Universitas Islam Negeri Sunan Guning Djati 
  10. Universitas Islam Bandung 

Dalam pemeringkatan ini, bagi perguruan tinggi yang belum terakreditasi tidak akan masuk kriteria penilaian 4ICU. Begitu juga dengan lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU. 

 

Sumber :
https://www.tribunnews.com/
https://www.4icu.org/id/west-java/