Jurusan Teknik Informatika (ST)

  • Kode Program Studi : Teknik Informatika
  • Jumlah SKS : 137
  • Biaya Kuliah : Rp.9,000,000,- / Semester
  • Akreditasi : "B"
  • Didirikan sejak 1993

Tentang

Kebutuhan akan praktisi IT kian berkembang seiring pesatnya pertumbuhan teknologi informasi. Berakreditasi B dari BAN-PT, Universitas Pasundan menyelenggarakan Program Studi Teknik Informatika untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga-tenaga muda profesional yang terampil dalam bidang teknologi informasi.

Kemampuan merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputansi, seperti pengembangan perangkat lunak untuk aplikasi bisnis, pengelolaan jaringan, infrastruktur teknologi informasi, dan pengembangan aplikasi multimedia, membuat peluang karier lulusan teknik informatika amat besar.

Anda bisa menjadi software engineer & developer, konsultan, analis, games engineer, atau bahkan menjadi entrepreneur dengan mengembangkan startup.

Kenapa Memilih Teknik Informatika Unpas

 

Terakreditasi BAN-PT

Peringkat “B”

029/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015

Kerjasama Luar Negeri

  • Kerjasama dengan lebih dari 50 Perusahaan Ternama
  • Kerjasama dengan Universitas dari China, Korea dan Australia

Tenaga Pengajar

  • 2 Proffesor (Guru Besar)
  • 9 Doktor (S3)
  • 16 Magister (S2)

Fasilitas

  • Semua ruang perkuliahan dilengkapi dengan AC
  • Absensi menggunakan finger print
  • Pembelajaran menggunakan U-Learning dan E-Learning teknologi Korea

Bagaimana Prospek dan Karir Lulusan Teknik Informatika

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan untuk berkarir di bidang Teknik Informatika sangatlah luas. Kebutuhan terhadap dunia digital diprediksi terus memberikan tren yang positif sehingga kalian pun tidak perlu merisaukan tentang kiprah profesi. Bila tak ingin menjadi karyawan pun, peluangmu untuk menjadi pemain bisnis dalam bidang yang masih relevan pun sama tingginya.

1. Karyawan IT

Bila dirincikan lagi, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kalian temui saat menjadi karyawan IT di sebuah perusahaan seperti berikut ini.

2. Programmer

Ini adalah pekerjaan lulusan jurusan Teknik Informatika yang paling umum. Tugasmu adalah membuat sebuah program tertentu. Seperti contoh bila berada di tim IT perbankan, kalian akan diminta untuk mengembangkan sistem core banking yang sesuai dengan SOP instansi. Pembuatan program ini pun biasanya kerap disebut proyek dan dibagi atas beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. System Analyst

Seperti namanya, profesi ini akan membutuhkanmu untuk melakukan analisis dan perancangan alias desain terhadap sebuah sistem. Tentu saja, sistem yang dimaksud di sini tidak lain merupakan sistem yang berhubungan dengan perangkat lunak, jaringan komputer, dan hal-hal yang berkaitan secara teknis lainnya. Agar dapat memberikan analisis yang kuat, kalian biasanya akan diminta untuk melakukan pengecekan dari system definition, database, sampai perangkat keras yang digunakan di dalam sistem tersebut.

4. Bisnis Sofware House dan Startup

Kalau kalian enggan untuk bergabung dalam perusahaan dan bekerja sebagai karyawan yang terikat, coba saja menjadi seorang pebisnis. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan IT yang muncul bahkan dengan kantor yang berada di rumah sendiri. Bahkan, keuntungan dari bisnis software house ini pun tidak bisa diremehkan. Paling tidak, ratusan juta rupiah bisa jadi omset yang terus mengalir ke kantongmu setiap bulannya.

Bila ingin setingkat lebih maju, kalian bisa memulai membangun startup. Mulailah bersama dengan orang-orang di inner circlemu yang berkompeten dan dapat dipercaya. Dengan bekerja seperti ini, kalian tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Mata kuliah