Jurusan Teknik PWK (ST)

  • Kode Program Studi : Teknik PWK
  • Jumlah SKS : 280
  • Biaya Kuliah : Rp.9,000,000,- / Semester
  • Akreditasi : "B"
  • Didirikan sejak 1995

Tentang

Pertumbuhan jumlah penduduk, pengembangan wilayah, dan pembangunan yang berkelanjutan tentunya harus diimbangi dengan perencanaan & penataan yang komprehensif. Fakultas Teknik Universitas Pasundan mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan menyelenggarakan Program Studi Perencanaan Wilayah & Tata Kota. 

Berakreditasi B dari BAN-PT, Anda berkesempatan mempelajari berbagai aspek teknik yang berkaitan dengan perpetaan & perencanaan wilayah atau kota. Termasuk juga aspek sosial lainnya, seperti ekonomi, hukum, dan politik.

Kajian ilmu yang luas, mencakup keteknikan dan ilmu sosial, membuat prospek kerja lulusan program studi ini terbuka lebar. Anda berkesempatan berkarier di instansi pemerintah atau BUMN terkait perencanaan pembangunan, menjadi akademisi atau peneliti, merambah sektor swasta seperti konsultan teknik & perencana atau kontraktor, hingga bekerja di lembaga nonteknik seperti perbankan atau manajemen perusahaan secara umum.

Kenapa Memilih Teknik PWK Unpas

 

Terakreditasi BAN-PT

Peringkat “B”

437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014

Kerjasama Luar Negeri

  • Kerjasama dengan lebih dari 50 Perusahaan Ternama
  • Kerjasama dengan Universitas dari China, Korea dan Australia

Tenaga Pengajar

  • 2 Proffesor (Guru Besar)
  • 9 Doktor (S3)
  • 16 Magister (S2)

Fasilitas

  • Semua ruang perkuliahan dilengkapi dengan AC
  • Absensi menggunakan finger print
  • Pembelajaran menggunakan U-Learning dan E-Learning teknologi Korea

Karier Lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

Setiap lulusan dari jurusan apa pun termasuk Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki peluang yang baik untuk banyak jenjang karier. Yang paling penting adalah kemampuan yang terus diasah dan didampingi dengan kemampuan lain yang cukup menjanjikan dan bisa mendukung.

1. Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota

Merencanakan pembangunan kota atau suatu wilayah tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan mulai dari melakukan analisis, mengetahui struktur tanah, memetakan wilayah dengan baik, mempertimbangkan transportasi dan pengaruhnya pada masyarakat.

Karena analisis ini sangat kompleks dan sedikit kesalahan bisa mengacaukan banyak sektor, hanya lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang bisa melakukannya. Selama masih ada pembangunan, kemampuan ini tetap dibutuhkan.

Ahli dalam Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dibutuhkan di kantor pemerintahan dan swasta khususnya yang bergerak dalam bidang pembangunan. Lembaga non profit dan profit dunia juga membutuhkan orang dengan keahlian ini.

2. Ahli Pembuatan Peta Wilayah

Membangun sebuah wilayah tidak bisa dilakukan dengan grusa-grusu. Selain melakukan analisis terkait banyak hal, pembuatan peta wilayah ini juga harus dilakukan untuk panduan transportasi hingga pemetaan jalur bencana dan sebagainya.

Ahli pembuat peta ini juga dibutuhkan oleh lembaga pemerintah dan swasta yang bergerak dalam pembangunan sepertinya PU atau kontraktor yang membangun proyek infrastruktur dan bangunan.

3. Arsitek

Materi yang dipelajari pada Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga mencakup dunia arsitektur. Jadi, kalau lulusan bisa mempelajari sendiri apa saja tentang dunia desain bangunan hingga interior, mereka bisa menjadi seorang arsitek yang andal.

Kemampuan ini akan semakin baik karena Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota juga mempertimbangkan cukup banyak aspek termasuk sosial, ekonomi, hingga politik. Jadi, saat akan membangun sesuatu, mereka akan memikirkan hal ini sehingga dampak negatif yang ditimbulkannya bisa diminimalkan.

Arsitek dengan kemampuan ini akan cocok bekerja di kantor arsitek atau lembaga negara dan swasta yang bergerak dalam bidang pembangunan.

Mata kuliah